Gamang menikah bagi perempuan adalah fenomena yang selalu ada sesuai jaman dan situasinya. Zaman Siti Nurbaya dulu, kegamangan perempuan lebih karena perempuan tidak kenal dan tidak cinta pada calon yang akan dijodohkan denganya.
Zaman sekarang lain lagi. Ada yang gamang karena khawatir suami berbeda atau berubah drastis dari yang dikenalnya. Ada yang gamang jika berkeluarga nanti karir dan aktualisasi diri terhenti.
Ada yang gamang apakah bisa beradaptasi dengan keluarga suami. Ada pula yang gamang apakah nanti bisa melakoni hidup multitasking sesuai tuntunan zaman yang kian kompleks. Dan sebagainya.
Gamang menikah bisa dimaklumi karena menikah adalah keputusan penting yang berdampak panjang bagi kehidupan seseorang. Meski demikian, tidak semestinya kegamangan berlangsung lama dan berlebihan, karena toh sejak dulu tak terhitung pasangan yang sukses dan bahagia perkawinannya walau ada kegamangan sebelumnya.
Bisa Khauf Bisa Waswas
Dalam bahasa agama kegamangan bisa berupa “khauf” bisa juga berupa “waswas”. Khauf dalam bentuk kekhawatiran akan masa depan memang merupakan salah satu ujian kehidupan bagi manusia.
Dalam Al-Qur’an, QS al-Bararah/2 ayat 155, Alloh berfirman:
ولنبلونكم بشيء من الخوف والجوع ونقص من الاْموال والاْنفس والثمرات وبشر الصا برين
“Dan sungguh Kami menguji kamu dengan sedikit rasa takut, lapar dan berkurangnya sebagian harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikalah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar.”
Adapun waswas dalam bentuk kecemasan, ketidakyakinan akan kesalihan ibadah, dan tidak percaya diri, sebagaimana disyaratkan dalam Al-Qur’an surah an-Nas/114 ayat 4-6, pada hakikatnya merupakan bisikan setan yang mempengaruhi hati manusia.
Khauf atas pernikahan merupakan ujian atas kehidupan yang meski bisa dilalui, sedangkan waswas pada pernikahan meskinya tidak terjadi. Gamang menikah masih dapat dimengerti sebatas kegamangan itu berupa khauf, dan tidak sampai pada tingkat waswas.
Agama telah memberikan beberapa resepnya untuk menghalau kegamangan ini. Ta’aruf (pengenalan calon), Khithbah (peminangan), istitha’ah (kemampuan), kafaah (kesetaraan suami- istri), wali, perjanjian perkawinan, salat istikharah, doa dan tawakkal merupakan beberapa konsep dan langkah yang dapat membantu menghilangkan waswas dan meminimalisir khauf jika dilakukan secara tepat.
Ta’aruf dan Peran Wali
Ta’aruf meniscayakan adanya perkenalan dan pengenalan calon dalam koridor syari’ah. Ta’aruf dalam tradisi Islam tidak hanya menjadi urusan calon suami isteri, tetapi melibatkan pihak ketiga yang jujur dan terpercaya sehingga bisa mengenal secara objektif kelebihan dan kekurangan pasangan yang hendak menikah.
Pacaran bukanlah ta’aruf yang Islami, karena sering sekali didomonasi kehendak subjektif dan nafsu. Tak heran jika ada orang yang menikah sesudah pacaran 5 tahun, ternyata pernikahannya hanya seumur jagung. Itu karena pacaran tidak membuat seseorang mengenal calonnya apa adanya.
Kegamangan sering terjadi karena calom merasa belum cukup tahu pasangannya hingga “ke dalam”. Dengan ta’aruf yang melibatkan pihak ketiga yang jujur dan objektif, calon pasangan bisa diketahui lebih jauh tentang sifat dan karakter aslinya, niat dan orentasinya menikah dan berkeluarga, bagaimana ia akan memperlakukan isteri dan anak-anakanya, termasuk jika isterinya ingin memiliki karier sendiri, dan hal-hal penting lainya.
Dengan ta’aruf yang objektif calon suami bisa diketahui sejauh mana istitha’ahnya (kemampuannya). Bukan hanya kemampuan memberi nafkah, namun lebih dari itu, kemampuan menjadi imam serta kesanggupan mengendalikan diri untuk tidak melakukan KDRT dalam bentuk apapun. Ta’aruf dengan melibatkan pihak ketiga akan memberikan tanggung jawab moral yang lebih bagi calon suami.
Pihak ketiga dalam ta’aruf ini idealnya adalah wali dan orang yang adil dan bijak. Tentu semua proses mesti dilakukan secara santun dan penuh kearifan. Dengan peran yang tepat dari wali dalam ta’aruf ini, pernikahan diharapkan menjadi sarana ibadah yang melindungi dan membahagiakan.
Khithbah dan Perjanjian Perkawinan
Khithbah dan peminangna adalah tahap berikutnya yang diperlakukan untuk memantapkan pilihan. Dalam hadits riwayat al-Bukhori dan Muslim dari Ibnu Umar, bahwa beliau berkata:
نهى النبي صلى الله وسلم اْن يبيع بعضكم على بيع بعض ولا يخطب الرجل على خطبة اْ خيه حتى يترك الخا طب قبله اْو ياْدْن له الخا طب
“Nabi melarang seseorang dari kamu menjual sesuatu yang sudah dijual saudaranya. Dan janganlah seseorang meminang perempuan yang sudah dipinang saudaranya, hingga saudara yang sebelumnya meminang itu membatalkan pinangannya atau memberikan izin kepadanya”.
Dengan khithbah, calon suami dan isteri diharapkan lebih memantapkan hati agar tidak ragu lagi dan memagari diri agar tidak menengok sana-sini. Setelah khithbah, calon suami-isteri bisa semakin mendekatkan pola pikir dan cara pandang, termasuk dalam hal-hal yang krusial namun sering dianggap tabu.
Tentang keuangan, misalnya. Masalah ini perlu dibicarakan bukan dalam kerangka membangun matearilisme, tetapi lebih pada kejujuran dan keterbuakan agar calon suami-isteri memiliki gambaran dan kesiapan menatap masa depan sesuai dengan keadaan yang ada.
Perjanjian perkawinan juga bisa menjadi instrument efektif untuk menepis kegamangan. Tak hanya berisi pengaturan harta dalam perkawinan, perjanjian perkawinan juga bisa mencantumkan hal-hal yang dirasa perlu clear di depan. Misalnya, isteri tetap berkarir setelah menikah tanpa mengorbankan keluarga, atau suami-isteri akan saling setia dalam perkawinan monogami, atau isteri bebas bersilaturahim dengan orang tua dan keluarga.
Niat, Do’a dan Tawakkal
Akhirnya, niat nillahi ta’aala, doa dan tawakkal adalah senjata pemungkas yang semestinya dimiliki setiap orang beriman yang hendak menikah. Manusia tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Hari ini semua tampak baik, sepuluh tahun lagi belum tentu.
Begitu pula sebaliknya. Menjadikan Allah sebagai as-Shamad (tempat bergantung segala sesuatu) adalah penepis kegamangan yang paling sempurna. Shalat istikharah menjadi media penghubung manusia dengan Allah agar mendapat petunjuk mana yang terbaik.
Doa menjadi senjata penguat batin agar mampu menghadapi segala keadaan. Doa juga menjadi sarana memohon diberikannya takdir baik sekaligus dihindarkan takdir buruk pada kita, saat ini dan saat-saat mendatang.
Jika semua ihktiar sudah dijalankan, maka tinggal tawakkal kepada Allah. Dan biarlah Allah yang menghalau kegamangan dari hati dan pikiran kita yang terbatas ini. Dalam AL-Quran surah Ali Imran/3:159 ALloh berfirman:
فإدْا عزمت فتوكل على الله إن الله يحب المتو كلين
“…. Kemudian jika kamu sudah membulatkan tekad maka bertaqwalah kepada Alloh. Sesungguhnya Alloh menyukai orang-orang yang bertawakkal.” []
*)Tulisan yang sama pernah dimuat di Majalah Noor