Jumat, 7 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    istihadhah yang

    Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan

    Rumah Ibadah

    Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    Nostra Aetate

    Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    istihadhah yang

    Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan

    Rumah Ibadah

    Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    Nostra Aetate

    Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Mengurai Kesetaraan dalam Salat Jamaah: Mengapa Laki-laki dan Perempuan Punya Peran yang Sama Pentingnya?

Kesetaraan dalam pelaksanaan salat jamaah bukan hanya sebuah konsep modern, tetapi juga memiliki akar yang kuat dalam Al-Qur’an dan Hadis

Yayat Hidayat Yayat Hidayat
5 Juli 2024
in Hikmah
0
Salat Jamaah

Salat Jamaah

841
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Salat jamaah bukan hanya sekadar ritual ibadah, tetapi juga merupakan salah satu pilar utama dalam kehidupan spiritual umat Islam. Selain sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, salat jamaah juga memiliki dimensi sosial yang kuat, yang berperan sebagai perekat komunitas Muslim. Namun, sering kali peran penting perempuan dalam konteks salat jamaah sering tidak mendapatkan pengakuan yang seharusnya.

Al-Qur’an dan Hadis memberikan panduan yang jelas mengenai pelaksanaan salat jamaah, tanpa membedakan antara laki-laki dan perempuan dalam kewajibannya untuk melaksanakannya. Ini mencerminkan prinsip kesetaraan gender dalam Islam, di mana baik laki-laki maupun perempuan memiliki tanggung jawab yang sama untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah bersama.

Makna dan Signifikansi Salat Jamaah

Salat jamaah merupakan salah satu praktik ibadah utama dalam Islam yang dilakukan secara bersama-sama di masjid, dipimpin oleh seorang imam. Praktik ini tidak hanya memiliki nilai ibadah yang tinggi tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan bagi umat Islam secara sosial dan spiritual.

Salah satu manfaat utama dari salat jamaah adalah mempererat ikatan sosial dan persatuan di antara umat Islam. Ketika umat Muslim berkumpul secara rutin untuk melaksanakan salat bersama-sama, hal ini membangun rasa solidaritas dan kebersamaan di antara mereka. Ini juga menciptakan suasana yang mendukung kolaborasi dan saling mendukung dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaksanaan salat jamaah melibatkan aspek disiplin dan ketertiban yang tinggi. Salat kita lakukan pada waktu-waktu yang telah ditentukan secara ketat. Setiap langkah dalam salat mengikuti tata cara yang terstruktur dan tertib.

Hal ini mengajarkan umat Islam untuk menghormati waktu dan menghargai nilai-nilai disiplin dalam kehidupan mereka. Secara spiritual, salat berjamaah memiliki nilai pahala yang lebih besar daripada salat sendirian.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Salat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat dibandingkan salat sendirian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kesetaraan Gender dalam Salat Jamaah

Al-Qur’an menekankan pentingnya kesetaraan dan kerja sama antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ibadah.

Allah berfirman:

“Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan Salat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya…” (QS. At-Taubah: 71)

Ayat ini menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki tanggung jawab yang sama dalam melaksanakan ibadah dan menegakkan nilai-nilai Islam. Tanggung jawab ini mencakup berbagai aspek kehidupan. Termasuk salat, puasa, sedekah, dan tindakan kebaikan lainnya.

Kesetaraan dalam tanggung jawab ibadah menggarisbawahi pentingnya partisipasi aktif dari kedua gender dalam membangun masyarakat yang adil dan berkeadilan. Dalam konteks ini, perempuan tidak hanya kita pandang sebagai pendukung, tetapi juga sebagai pemimpin dalam menegakkan ajaran Islam dan menjalankan amal kebaikan.

Bukti-bukti dari Al-Qur’an dan hadits-hadis menegaskan bahwa partisipasi aktif laki-laki dan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan Islam adalah suatu keharusan. Ayat Al-qur’an dalam surah At-Taubah di atas menggarisbawahi bahwa baik laki-laki maupun perempuan memiliki peran yang sama dalam membangun masyarakat yang berkeadilan dan taat kepada Allah Ta’ala.

Sejarah Partisipasi Perempuan dalam Salat Jamaah

Sejak masa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, perempuan telah berperan aktif dalam salat jamaah. Banyak kisah yang mencatat partisipasi perempuan dalam kegiatan ibadah bersama.

Aisyah radhiallahuanha., istri Nabi, terkenal sebagai seorang ulama yang memberikan pendidikan agama kepada banyak sahabat. Peran Aisyah dalam mengajar dan membimbing umat Islam menunjukkan bahwa perempuan telah memiliki posisi penting dalam menyebarkan ilmu dan menjalankan ibadah sejak awal sejarah Islam.

Perempuan telah diberi ruang untuk berpartisipasi dalam salat jamaah jauh sejak 14 abad yang lalu, sebuah praktik yang terus berlanjut hingga saat ini. Dalam Islam, kehadiran perempuan dalam ibadah bersama tidak hanya diterima, tetapi juga mendapat dukungan sebagai wujud kesetaraan dan kebersamaan dalam menjalankan kewajiban agama.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Janganlah kalian melarang istri kalian pergi ke masjid. Namun, rumah mereka itu lebih baik bagi mereka.” (HR. Abu Dawud No. 567)

Hadis ini menegaskan pentingnya memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam ibadah secara kolektif, sebagaimana yang kaum pria lakukan.

Peran aktif perempuan dalam salat jamaah juga tercermin dalam kehidupan Aisyah radhiallahuanha. yang tidak hanya menjadi teladan dalam ibadah, tetapi juga sebagai ulama yang memberikan pengajaran agama kepada banyak sahabat.

Aisyah r.a. terkenal karena keuletannya dalam menyampaikan pengetahuan agama. Hal ini menunjukkan bahwa dalam Islam, perempuan memiliki kapasitas untuk menjadi pemimpin spiritual dan intelektual. Dengan demikian, partisipasi perempuan dalam salat jamaah bukan hanya sebuah tradisi sejarah, tetapi juga sebuah nilai yang mendorong inklusi dan penghargaan terhadap peran perempuan dalam memperkuat komunitas Muslim secara keseluruhan.

Peran Perempuan dalam Salat Jamaah Saat Ini

Di banyak komunitas Muslim kontemporer, peran perempuan dalam salat jamaah masih menghadapi berbagai tantangan. Namun, ada juga perubahan positif yang semakin mengakui pentingnya partisipasi perempuan.

Beberapa masjid kini mulai menyediakan ruang khusus bagi perempuan untuk salat jamaah, dan ada juga masjid yang mempromosikan partisipasi perempuan dalam kegiatan ibadah bersama secara lebih inklusif. Perubahan ini mencerminkan kesadaran yang semakin berkembang akan pentingnya kesetaraan dalam beribadah dan peran aktif perempuan dalam memperkuat komunitas Muslim.

Namun demikian, perubahan ini tidak terjadi tanpa kontroversi. Beberapa argumen yang sering muncul menyangkut interpretasi hadits atau ayat yang mengatur tentang tata cara salat jamaah.

“Sesungguhnya wanita adalah saudara kandung laki-laki.” (HR. Abu Daud no. 236)

Ibnu Atsir rahimahullah mengatakan,

“Maksudnya, wanita itu mirip dan semisal dengan laki-laki.” (An-Nihayah, 2: 492)

Sehingga, dapat kita ambil makna bahwa adanya pengakuan atas kesetaraan gender dalam Islam. Selain itu, Islam mendukung partisipasi perempuan dalam ibadah jamaah dengan mengakui peran dan hak mereka.

Allah Ta’ala berfirman

“Dan barang siapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga dan mereka tidak dizalimi sedikit pun.” (QS. An-Nisa: 124)

Ini merupakan dalil menunjukkan bahwa pahala ibadah dan amal saleh tidak dibedakan berdasarkan jenis kelamin, tetapi berdasarkan iman dan ketakwaan. Oleh karena itu, peran perempuan dalam salat jamaah harus kita lihat sebagai bagian integral dari praktik ibadah yang meraih ridha Allah Ta’ala.

Kesetaraan ini bukan hanya tentang hak untuk beribadah di masjid, tetapi juga tentang penghargaan terhadap kontribusi perempuan dalam memperkaya dan memperkuat kehidupan beragama dan spiritual komunitas Muslim.

Epilog

Kesetaraan dalam pelaksanaan salat jamaah bukan hanya sebuah konsep modern, tetapi juga memiliki akar yang kuat dalam Al-Qur’an dan Hadis. Pentingnya peran perempuan dalam ibadah bersama telah terakui sejak masa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan terus relevan hingga saat ini.

Ummat Islam dapat memperkuat nilai-nilai kesetaraan dan kerja sama antara laki-laki dan perempuan melalui salat berjamaah, serta membangun komunitas yang lebih harmonis dan inklusif. Mari kita renungkan dan terapkan nilai-nilai kesetaraan ini dalam ibadah sehari-hari demi kemaslahatan bersama.

Kesetaraan dalam salat jamaah tidak hanya menunjukkan rasa hormat terhadap perempuan, tetapi juga merupakan bagian dari ajaran Islam yang mendasar. Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah engkau menghalangi para wanita untuk pergi ke masjid walaupun rumah mereka lebih baik baginya.”

Hadis ini menegaskan bahwa kehadiran perempuan dalam salat jamaah adalah dianjurkan dan diberi ruang yang sama dengan laki-laki. Terutama dalam mencari ilmu dan memperdalam ibadah. Hal ini mencerminkan prinsip inklusi dalam agama Islam yang tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan dalam hal keutamaan ibadah.

Umat Islam dapat memperkuat persatuan dan kebersamaan dalam mencapai kemaslahatan bersama di dalam maupun di luar masjid melalui pemahaman dan pengejawantahan nilai-nilai kesetaraan ini dalam ibadah, Insha Allah. []

 

 

Tags: GenderislamkeadilanKesetaraanMuslimahSalat Jamaahsejarah
Yayat Hidayat

Yayat Hidayat

Perantau-Santri-Abdi Negara

Terkait Posts

Disabilitas
Publik

Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’

6 November 2025
Perempuan Haid yang
Keluarga

Saatnya Umat Islam Mengakhiri Stigma terhadap Perempuan Haid

5 November 2025
Perempuan Haid bukan
Keluarga

Islam Memuliakan Perempuan Haid, Bukan Mengasingkannya

4 November 2025
Maskulin Toksik
Personal

Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

4 November 2025
Haid dalam
Keluarga

Islam Menghapus Stigma Haid Perempuan: Dari Mata Iblis ke Martabat Kemanusiaan

4 November 2025
Haidh
Keluarga

Membaca Ulang Makna Haidh dalam Islam

3 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • istihadhah

    Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perempuan dalam Luka Sejarah: Membaca Novel Dendam Karya Gunawan Budi Susanto
  • Istihadhah: Saat Fiqh Perlu Lebih Empatik pada Perempuan
  • Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan
  • Ketika Fiqh Tak Ramah Perempuan: Meninjau Ulang Hukum Istihadhah
  • Nostra Aetate: Refleksi Hubungan Katolik dan Agama Lain

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID