Mubadalah.id – ISNU mencatat pada tahun 2019 NU memiliki kurang lebih 714 profesor doktor, 15.000-an doktor dan puluhan ribuan lainnya menempuh jenjang pendidikan S1-S2. Menilik jumlah yang banyak itu pada tahun 2020 tentu saja juga menelurkan lagi beberapa kali lipat jumlah lulusan walaupun dalam kondisi pandemi covid-19. Mereka pada diwisuda online, Men.
Sekian jumlah yang ada itu tentunya juga terdapat sarjana perempuan NU yang sudah malang melintang di dalam berbagai bidang kerja, tenaga profesional, ibu rumah tangga hingga mereka pegiat literasi perempuan yang berbasis pesantren. Untuk definisi yang terakhir ini bisa bermakna mereka yang menulis dengan latar pesantren dalam ceritanya atau mereka yang notabenenya berasal dari pesantren baik keluarga pesantren, santri di pesantren atau alumnus pesantren.
Menilik kacamata emak-emak pegiat literasi, seyogyanya para perempuan NU pegiat literasi ini tentunya menyumbang wajah baru perempuan NU sekaligus perempuan pesantren yang akhirnya berani speak up lewat karya-karya mereka. Bukan itu saja, pegiat perempuan pesantren juga menjadi pionir melek media dalam lingkungan yang katanya terkenal sebagai kaum tradisional ini. See, mereka perempuan dan meskipun stay at home tapi mereka berdaya.
Zaman dulu, Gaes. Tidak dipungkiri bahwa sikap anti penjajah yang ditunjukkan oleh para kyai-kyai membuat mereka juga anti dengan cara berpikir dan berdaya ala Belanda (sebagai penjajah paling lama di Nusantara) ya bahasanya, agamanya, kebudayaannya bahkan beberapa anti ilmu pengetahuannya. Pokok mambu londo iku anti (Semua berbau Belanda, anti).
Sangat beralasan sekali kalau para kyai berpikir dan bersikap demikian. Mereka sebagai tokoh pemuka masyarakat tentu saja paling sering bersinggungan dengan penjajah, paling sering disakiti bahkan dibunuh karena menolak untuk mendukung penjajah saat itu (Keheroikan mereka bisa dilihat di film Sang Kiai yang mengharubiru).
Namun, seiring berubahnya zaman tentu saja pola pikir beberapa kyai sudah berubah. Pun secara de facto dan de jure penjajahan sudah dihapuskan di atas dunia. Seyogyanya paradigma berpikir baru juga mulai terbuka, perempuan di pesantren juga mulai mendapatkan pendidikan literasi yang setara dengan para gus-gus yang ada.
Semua lini di pesantren seolah bangun dari tidur panjang, melakukan akulturasi di bidang ilmu pengetahuan, sadar diri dan potensi, meskipun beberapa lebih fokus pada kegiatan berupa riyadloh dan laku tirakat yang mengakar sejak dulu tapi denyut modernisasi juga merambah lini pesantren dan NU secara lambat tapi pasti.
Era pandemi ini boleh lah ditilik, bahwa para Kyai kita sudah ramah media, paham gesture di depan kamera dan action mereka berupa ngaji online menjadi eksistensi baru mewujudkan sorogan kitab yang berevolusi sesuai zaman. Sebuah hal yang sejatinya sudah dipakai oleh kaum sebelah untuk berdakwah. Kenapa NU tidak? Yup, sepakat, kan. Mamen?
Tahun ini NU memasuki 95 tahun usianya. Saat manusia saja yang berusia hampir 100 tahun itu langka maka apalagi organisasi? NU yang sudah bergerilya mewujudkan kemerdekaan sejak dulu tentunya bukan organisasi cepete yang hidup underground kemudian berniat naik ke permukaan, kan? Men.
Tentu tidak. Karena itu, munculnya penulis, pegiat literasi perempuan di tengah kian tua usia NU patut disyukuri. Mereka kembali mengenalkan bahwa NU tidaklah kolot yang membatasi gerak langkah para perempuannya. Mereka masif dalam menyumbang wajah dinamis dalam tubuh organisasi Islam paling besar di Indonesia ini.
Harapan ke depannya adalah NU bisa lebih mewadahi kemampuan perempuan di dalam kalangannya untuk diberdayakan bukan sekedar sebagai seksi konsumsi saja. Dialektika keilmuan mereka harus diakui, diwadahi dan disayangi. Jika tidak, maka seperti yang sudah-sudah para kadernya akan dirayu oleh pihak asing, dibawa keluar dan akhirnya mengepakkan sayap untuk membesarkan rumah yang lain.
Tahun ini NU semakin tua, harapan semakin bijak dan mengayomi tentu menjadi harapan kami para emak-emak pegiat literasi. Maka, angin segar ini selayaknya kami syukuri sebagai sebuah nikmat karena telah memberikan kami sebuah organisasi, sebuah Jam’iyyah yang barokah yang insyaallah benar-benar dikabulkan olah Sang Khaliq. Semoga. Selamat ulang tahun Jam’iyahku, selamat ulang tahun organisasi keagamaanku. NKRI harga mati. Literasi Perempuan Pesantren never dies. Amin. []