• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Para Filsuf Barat Klasik dan Imam al-Ghazali Membuktikan Adanya Tuhan

Filsafat mempunyai peran penting dalam agama, bahkan dalam hal apa saja. Karena, filsafat adalah ilmu yang berupaya untuk memahami hakikat alam dan realitas yang ada dengan menggunakan akal budi

Syukron Hafid Syukron Hafid
22/09/2022
in Hikmah
0
Membuktikan Adanya Tuhan

Membuktikan Adanya Tuhan

686
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Terkadang seseorang merasa tertarik untuk bertanya hal-hal yang sifatnya abstrak dan transendental, semisal apakah hakikat alam semesta ini? Siapakah manusia itu? Bahkan pertanyaan dimanakah Tuhan berada? Bagaimana membuktikan adanya Tuhan?

Hal ini tergolong wajar, karena manusia adalah hewan yang berpikir, sehingga dia akan memikirkan segala entitas yang ada dalam rangka mencari pengetahuan. Sementara manusia yang sudah beranjak dewasa, pada biasanya akan memikirkan kembali hal-hal yang menurut anggapannya benar dengan tujuan menguji kebenaran yang telah ia dapat.

Pembahasan mengenai manusia, Tuhan, alam, dan hal-hal yang sifatnya transenden atau metafisik sudah ada pada masa awal, yakni di zaman filsuf Yunani. Pembuktian terhadap adanya Tuhan adalah tidak sama dengan pembuktian terhadap hal-hal yang sifatnya empiris dan real.

Oleh karena pembuktian tersebut bisa kita lakukan dengan argumen-argumen yang rasional dan dikuatkan oleh fakta-fakta yang ada. Sehingga filsafat mempunyai peran yang penting dalam hal ini. Yakni tentang membuktikan adanya Tuhan.

Peran Filsafat

Filsafat mempunyai peran penting dalam agama, bahkan dalam hal apa saja. Karena, filsafat adalah ilmu yang berupaya untuk memahami hakikat alam dan realitas yang ada dengan menggunakan akal budi. Tak heran al-Qur’an dalam surah al-Mulk, ayat 10, menegaskan tentang betapa pentingnya seseorang untuk menggunakan akalnya. Bunyi dari ayat tersebut sebagai berikut:

Baca Juga:

Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

Kemanusiaan sebelum Aksesibilitas: Kita—Difabel

وَقالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحابِ السَّعِيرِ.

“Dan mereka berkata: Seandainya kita mendengarkan dan memikirkan. Tak mungkin kita akan menjadi penghuni neraka”. (QS. Al-Mulk, ayat 10).

Memikirkan keagamaan merupakan sesuatu yang urgen, hal ini lantaran melihat banyaknya aliran, paham, dan ideologi yang beredar di zaman sekarang. Sehingga, konsekuensinya nanti adalah kebingungan bagi mereka yang tidak mempunyai dasar keagamaan yang kuat. Berhubung agama adalah kepercayaan, maka yang perlu kita perkuat adalah dasar dari kepercayaan tersebut, yaitu bukti-buktinya.

Pembuktian Adanya Tuhan Oleh Para Filsuf Barat 

Biasanya pendirian orang atheis dianggap tidak baik oleh sebagian kalangan. Namun sebenarnya anggapan seperti itu adalah tidak benar. Karena, Seorang atheis adalah seseorang yang telah menyelidiki alam dunia dan mengambil suatu kesimpulan, bahwa tidak ada bukti-bukti yang cukup untuk menyatakan adanya Tuhan. Atau ia mempunyai bukti-bukti yang cukup untuk menyatakan bahwa Tuhan itu tidak ada. Seorang atheis berhati-hati dalam mengambil sikap yang ia pillih.

Oleh karena itu, pembuktian dalam hal ini perannya sangat penting untuk menentukan kepercayaan seseorang. Bahkan, bukti juga bisa merubah kepercayaan seseorang. Sekitar tiga macam bukti untuk membuktikan adanya Tuhan yang telah para filsuf barat klasik lakukan, klasifikasinya sebagai berikut:

Pertama, bukti ontologikal. Adapun maksud dari bukti ontologikal ini adalah ide ketuhanan yang universal dan tak terbatas tidak mungkin timbul dari sesuatu yang terbatas. Sehingga, ide tentang ketuhanan telah ditimbulkan oleh Tuhan itu sendiri. Dengan kata lain, hanya Tuhan itulah yang tak terbatas, sementara yang lainnya, termasuk akal manusia, bersifat terbatas dan tak sempurna. Konsekuensinya, tuhan itulah yang sempurna dan tak terbatas  yang telah memunculkan ide ketuhanan tersebut.

Bukti ontologikal ini tersusun oleh Anselm (1033-1109) dan Descartes sederhanakan pada permulaan abad modern. Biasanya pokok-pokok ide ketuhanan yang ada pada seseorang berupa: Tuhan adalah suatu wujud sempurna yang kita tidak dapat menggambarkan wujud lain yang lebih besar dan agung dari padanya.

Sementara kalau seorang muslim mendapatkan ide ketuhanannya melalui pelajaran sifat-sifat asma’ul husna yang kita peroleh dalam kitab akidah. Tuhan juga merupakan wujud tersendiri, tidak hanya ada dalam pikiran manusia.

Hukum Kausalitas

Kedua, bukti kosmologikal. Istilah ini juga sering kali kita sebut dengan kausalitas, yaitu suatu ide yang mengupas tentang sebab-akibat dalam alam semesta. Plato termasuk dari salah seorang tokoh yang menyusun bukti ini, dalam bukunya timeus dia mengatakan bahwa tiap-tiap hal yang terjadi di dunia ini pasti ada yang menjadi penyebabnya. Semisal kejadian pohon yang mati sebab terkena penyakit dan penyakit itu juga mempunyai sebab, hukum sebab akibat akan terus berlaku sampai tiada ujungnya.

Namun dalam logika, berlakunya hukum kausalitas yang tanpa ada ujungnya itu dianggap tidak rasional, sehingga dalam rangkaian sebab-akibat tersebut harus ada yang menjadi penyebab pertama yang bukan merupakan akibat oleh sesuatu yang lain. Penyebab pertama inilah yang kerapkali kita pahami sebagai Tuhan. Bukti kosmologikal ini sering terpakai oleh banyak orang.

Ketiga, bukti teologikal. Bukti ini juga lumayan populer di kalangan banyak orang. Bukti jenis ini bisa kita pahami dengan kenyataan tentang adanya keseragaman, keteraturan, dan kejadian-kejadian yang terjadi secara mekanistik dalam alam semesta. Dengan demikian, menunjukkan terhadap adanya sumber dari kenyataan alam yang berlaku seolah-olah sedemikian terencana tersebut. Karena, peristiwa alam yang terjadi secara mekanistik tersebut menunjukkan tentang adanya rencana, sumber rencana tersebut kita pahami sebagai aktivitas Tuhan.

Eksistensi Tuhan Melalui Keteraturan Alam Semesta

Pembuktian dengan jenis yang ketiga ini sampai di zaman modern, masih tetap terpakai oleh kebanyakan ahli pikir dan ilmuwan. Namun, jangkauan dari bobotnya lebih luas dan dalam. Karena, ilmu pengetahuan berkembang cepat dan pesat lantaran adanya spesifikasi di antara berbagai disiplin keilmuan.

William Paley (1743 – 1805 M), seorang teolog Inggris, menyatakan bahwa alam ini penuh dengan keteraturan. Hal ini menandakan akan eksistensi Tuhan di balik itu semua, sehingga alam sedemikian teratur, tersistem, maupun seragam. Hal ini juga menjadi tanda akan adanya tujuan tertentu di akhir perjalanan alam semesta ini. Tujuan tersebut teruraikan dalam pembelajaran agama.

Dari masing-masing argumen yang telah menjadi bukti akan eksistensi tuhan tersebut, banyak di antara para filsuf muslim yang kadang-kadang menggunakan salah satunya. Semisal Al-Farabi, Ibnu Sina, bahkan Imam al-Ghazali yang mempunyai kitab Tahafut al-Falasifah (kerancuan para filosof).         

Pembuktian Adanya Tuhan Oleh Imam al-Ghazali

Tokoh ini sudah tidak asing lagi di kalangan banyak orang, yaitu seorang tokoh yang mempunyai banyak karangan monumental dalam banyak bidang keilmuan. Semisal fikih, ushul fikih, tasawuf, mantik, bahkan filsafat. Oleh karenanya ia bisa kita sebut sebagai faqih, ushuliy, sufi, dan filosof. Memang tidak salah orang menyebutnya sebagai multi talenta.

Imam Abu Hamid bin Muhammad al-Ghazali menceritakan dalam kitabnya al-Munqidz min adh-Dhalal, suatu kitab tentang autobiografinya beliau, bahwa ia pernah mendalami ilmu filsafat selama dua tahun di Madrasah Nidzamiyah Baghdad secara otodidak. Di tengah-tengah kesibukannya memberikan pelajaran kepada murid-muridnya, beliau menyempatkan diri untuk belajar filsafat. Sehingga kemudian, lahirlah sebuah kitab Maqashid al-Falasifah (ide pemikiran para filsuf) dari filsafat yang ia sudah pelajari selama dua tahun.

Pembuktian adanya Tuhan oleh Imam al-Ghazali sebenarnya cukup simple kalau kita lihat dari silogismenya. Namun kalau kita renungkan kembali secara radikal dan komprehensif ternyata argumennya lumayan rumit. Sehingga menimbulkan perdebatan-perdebatan di antara beberapa kalangan.

Silogisme tersebut di jelaskan dalam kitabnya Al-iqtishad fil-I’tiqad, juga menjadi perumpamaan dalam kitab-kitabnya yang lain, semisal Al-Mustasfa min Ilmil Ushul. Bunyi silogisme tersebut sebagai berikut:

إن كان العالم حادثا فله محدث, فهذه مقدمة, ومعلوم أنه حادث وهي المقدمة الثانية,  فيلزم منه أن له محدثا.

Jika alam adalah hal yang baru, maka pasti ada penyebabnya. Ini adalah premis yang pertama. Dan telah dimaklumi bahwa alam ini merupakan hal yang baru. Ini adalah premis yang kedua.  Maka alam semesta pasti ada penyebabya (kesimpulan).

Jikalau kita lihat dari silogismenya, maka tampak bahwa Imam al-Ghazali termasuk orang yang membuktikan adanya Tuhan dengan argumen kosmologis. Sebagaimana telah saya jelaskan sebelumnya. Argumen kosmologis ini akan bermasalah bagi orang-orang yang menganut paham keazalian dan kekadiman alam.

Kritik Al Ghazali

Namun Imam al-Ghazali mengkritik orang yang menganut paham tersebut sebagai orang yang tidak bepikir secara rasional. Bahkan, banyak kalangan dari ahli fisika dan kosmologi setuju akan argumen kosmologis ini dengan penjelasan teori Big Bangnya.

Penutup, sering kali kadang seseorang bertanya mengenai suatu kebenaran yang menimbulkan pertentangan dalam diri sendiri. Semisal pertanyaan dimanakah Tuhan berada? dan apakah tuhan bisa menciptakan dzat yang lebih besar dan agung dari pada dirinya sendiri? Sepintas pertanyaan demikian kelihatan logis, namun sebenarnya tidak kalau kita renungkan kembali.

Mengenai ide ketuhanan sebelumnya sudah disepakati bahwa Tuhan pencipta alam semesta dan pencipta tidak sama dengan apa yang Dia ciptakan. Pokok dari pada ide ini adalah Tuhan adalah maha agung, maha pengasih, dan maha-maha yang lain.

Karena, Tuhan memang harus sempurna dan terbebas dari segala cacat atau aib yang membuat Dia tidak sempurna. Kalau ada pertanyaan dimanakah Tuhan berada? Maka pertanyaannya itulah yang salah. Karena, tidak konsisten dengan kesepakatan sebelumnya.

Begitupun pada pertanyaan apakah Tuhan bisa menciptakan dzat yang lebih besar dan agung dari pada Dia sendiri? Pertanyaannya yang salah. Karena telah menyalahi kesimpulan sebelumnya yang telah disepakati. Suatu kesimpulan tidak akan mungkin disepakati tanpa adanya penjelasan yang logis, argumentatif, dan metodis. Pertanyaan-pertanyaan semisal ini tidak dibenarkan dalam ilmu logika. Karena kalau seumpamanya kita biarkan akan menyebabkan tasalsul (mutar-mutar). Dimanakah Tuhan berada? Wallahua’lam.    

Tags: Alam SemestafilsafatHikmahimam al-ghazalikehidupankemanusiaantasawufteologiTuhan
Syukron Hafid

Syukron Hafid

Lahir di Sumenep, Madura. selain tulisan ilmiah, ia juga menyukai tulisan fiksi. Kuliah di Ma'had Aly Situbondo. Untuk bertegur sapa, bisa melalui IG @syukron.hafid dan FB: S Hafidz

Terkait Posts

Bersyukur

Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

19 Mei 2025
Pemukulan

Menghindari Pemukulan saat Nusyuz

18 Mei 2025
Gizi Ibu Hamil

Memperhatikan Gizi Ibu Hamil

17 Mei 2025
Pola Relasi Suami Istri

Pola Relasi Suami-Istri Ideal Menurut Al-Qur’an

17 Mei 2025
Peluang Ulama Perempuan

Peluang Ulama Perempuan Indonesia dalam Menanamkan Islam Moderat

16 Mei 2025
Nusyuz

Membaca Ulang Ayat Nusyuz dalam Perspektif Mubadalah

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan

    KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version