Siti Hajar adalah kritik terhadap budaya yang masih meminggirkan perempuan. Sekaligus mengajak kita untuk membangun peradaban yang lebih adil.
Mubadalah.id – Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Iduladha. Perayaan ini bertepatan dengan puncak pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, di mana jutaan jemaah dari berbagai penjuru dunia berkumpul.
Bagi para jemaah haji, Iduladha bukan sekadar hari raya, melainkan puncak kebahagiaan spiritual. Ia menjadi simbol keberhasilan dalam menunaikan ibadah fisik dan mental yang berat serta penuh tantangan.
Salah satu tantangan cukup berat saat melaksanakan ibadah haji adalah Sa’i, yaitu berjalan kaki (kadang berlari kecil) sebanyak tujuh kali antara Bukit Shafa dan Marwah. Di balik ritual ini, tersimpan kisah perjuangan seorang perempuan luar biasa, yaitu Siti Hajar.
Perjuangan Siti Hajar kemudian diabadikan oleh Allah Swt dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 158:
اِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَاۤىِٕرِ اللّٰهِ ۚ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ اَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ اَنْ يَّطَّوَّفَ بِهِمَا ۗ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًاۙ فَاِنَّ اللّٰهَ شَاكِرٌ عَلِيْمٌ
Artinya: “Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syiar Allah. Maka barang siapa yang beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tidak ada dosa baginya mengerjakan Sa’i antara keduanya. Dan barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah: 158)
Meskipun ayat ini tidak menyebutkan nama Siti Hajar secara eksplisit, para ahli tafsir sepakat bahwa ritual ini merujuk pada perjuangan beliau.
Siti Hajar: Simbol Perjuangan Perempuan
Kisah Siti Hajar bukan sekadar catatan sejarah, tetapi juga kritik atas sistem sosial yang sering kali menempatkan perempuan di pinggiran. Ia adalah perempuan kulit hitam asal Ethiopia, seorang hamba sahaya, dan ibu tunggal. Di mana status yang di zamannya menjadikan Siti Hajar rentan terhadap diskriminasi.
Namun justru dari ketidakberdayaan itulah, lahir keteguhan, kasih sayang, dan pengorbanan Siti Hajar. Apalagi setelah melahirkan Ismail, Siti Hajar ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim di sebuah lembah tandus dekat Ka’bah.
Di dalam al-Qur’an, hal ini disebut sebagai “biwādin ghairi dzī zar‘in ‘inda baitikal muḥarram” (lembah yang tidak subur di dekat rumah-Mu yang Engkau berkahi).
Perjuangan Siti Hajar begitu terlihat saat Ismail menangis kehausan, Siti Hajar berlari dari Shafa ke Marwah dan kembali, sebanyak tujuh kali, dengan cemas dan penuh harap memohon pertolongan dari Allah.
Atas izin Allah, muncullah air dari dalam tanah yang kemudian dikenal sebagai air Zamzam. Ibnu Katsir menyebut air ini sebagai tha‘ām tha‘ām (makanan bagi yang lapar) dan syifā’ saqam (penyembuh penyakit).
Atas perjuangannya, Siti Hajar kini menjadi simbol keberanian seorang ibu yang berjuang demi kehidupan anaknya. Usahanya mencari air kini menjadi teladan bagi miliaran umat manusia, dan air yang ia perjuangkan kini mengalir sebagai berkah bagi para jemaah haji dan umrah.
Bahkan, air bagi saya, bukan hanya soal fisik, tetapi juga simbol dari kehidupan, harapan, dan cinta. Perjuangan Siti Hajar menjadi semangat bagi para perempuan masa kini dalam menjaga kehidupan dan menyiapkan masa depan.
Kritik Siti Hajar
Pada masa lalu, perempuan terutama dari kalangan budak atau masyarakat bawah sering kali dianggap tidak penting dalam sejarah. Mereka menjadi korban dari sistem kekuasaan yang didominasi laki-laki.
Namun, kisah Siti Hajar mengkritik itu semua. Ia membuktikan bahwa perempuan, dengan segala pengorbanan dan keterbatasannya, ia bisa menjadi bagian penting dari sejarah kemanusiaan. Pengorbanan perempuan seperti Siti Hajar seharusnya tidak hanya untuk kita kenang, tetapi juga menjadi inspirasi untuk kita semua.
Bahkan dari kisah Siti Hajar, mengajak kepada kita untuk lebih menghargai perempuan, apa pun status dan latar belakangnya.
Lebih dari itu, Siti Hajar adalah kritik terhadap budaya yang masih meminggirkan perempuan. Sekaligus mengajak kita untuk membangun peradaban yang lebih adil dan beradab dengan mengakui bahwa perjuangan perempuan adalah fondasi penting dalam kehidupan umat manusia. []