Mubadalah.id – Sebelum saya mengulas tentang siapa SK Trimurti, sedikit saya menceritakan tentang femonena era media sosial saat ini. Di mana aktualisasi diri individu dengan mudah tertorehkan dan dikabarkan lewat postingan dalam berbagai kanal. Di satu sisi, hal tersebut berkontribusi dalam mendorong munculnya aktivisme digital yang terkadang lebih cepat menuai pro kontra daripada menghadirkan solusi.
Seperti yang baru-baru ini mengemuka ketika seorang penulis ditengarai memiliki akun ganda dengan kepribadian yang berkebalikan 180 derajat. Terlepas dari kontroversi yang ada, kiprah penulisan di era media sosial kini tak hanya menekankan pada konten artikel yang kita hasilkan, tapi juga menyorot penuh profil pribadi penulis.
Hal ini berbeda sekali jika dibandingkan dengan situasi para penulis di era pergerakan masa lalu yang serba terbatas, baik dari segi platform hingga sumber daya. Meski terhalangi oleh banyak rintangan, namun kondisi tersebut tetap melahirkan banyak aktivis yang tidak hanya bergerak memperjuangkan isu sosial lewat tulisan di media cetak tapi juga berjuang melalui partai politik. Salah satu pejuang tersebut bahkan berasal dari kaum hawa yang kerap dianaktirikan ketika bersuara, yakni SK Trimurti.
Siapa SK Trimurti?
S.K. Trimurti bernama asli Surastri. Ia lahir pada tanggal 11 Mei 1912 di Desa Sawahan Boyolali Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Ibunya bernama R.A. Saparinten dan ayahnya adalah seorang asisten wedana bernama R.Ng. Salim Banjaransari Mangunkusumo. Trimurti sendiri masih memiliki hubungan saudara dengan Keraton Kasunanan Surakarta.
Lahir dari keluarga kelas menengah atas, Trimurti selalu mendapatkan akses pendidikan secara layak semenjak kecil. Pada awal pendidikan, ia bahkan ikut menghadiri Sekolah Guru Putri. Ia juga tercatat pernah menempuh pendidikan di Normaal School dan AMS di Surakarta. Kemudian melanjutkan studinya di Jurusan Ekonomi, Universitas Indonesia (UI). Meskipun ia telah meraih gelar Doktoranda dari Universitas Indonesia (UI), ia tetap aktif di bidang jurnalistik.
Tulisan S.K. Trimurti banyak pihak menilai waktu itu sangatlah tajam dan cenderung berani. Bahkan apa yang ia tulis sempat menimbulkan kecurigaan pemerintah Belanda. Namun demikian S.K. Trimurti tak pernah merasa gentar atau menyerah. Semangat perjuangannya tak pernah padam. Semangat itu ia peroleh karena melihat sendiri bagaimana tindakan diskriminatif yang pihak penjajah lakukan terhadap rakyat.
Berjuang Melalui Tulisan
Bagi SK Trimurti, perjuangan tidaklah terbatas hanya mengangkat senjata, tapi pers juga senjata ampuh untuk mengobarkan semangat kemerdekaan di tengah tekanan Belanda. Walaupun usaha surat kabarnya harus berulangkali gulung tikar, Trimurti tak sekalipun pernah berniat mundur. Berbagai hambatan yang ia terima justru kian melecut dirinya untuk terus bergerak dengan goresan pena (Jazimah, 2016).
Padahal dulu perempuan masih dianggap tabu jika mengikuti aktivitas politik maupun organisasi, seperti yang Trimurti lakukan saat ia aktif dalam komunitas jurnalisme yang berulang kali melayangkan kritik kepada pihak penjajah. Apalagi kelompok wartawan pada waktu itu lebih terdominasi oleh laki-laki, sehingga apa yang Trimurti lakukan dianggap aneh dan menyalahi kodrat.
Namun, bukan S.K. Trimurti jika gentar menerima cemoohan seperti itu. Menyadari bahwa stigamatisasi sosial berdampak buruk bagi kaum perempuan, ia secara terang-terangan menyatakan tidak setuju dengan model aturan seperti itu dan ia menolak semua tata aturan patriarki baik dalam komunitas yang ia ikuti, maupun dalam lingkungan keluarganya.
Perempuan Punya Hak yang Sama dengan Laki-laki
Bagi aktivis berdarah Jawa ini, seorang perempuan mempunyai hak yang sama dengan laki-laki untuk memajukan diri baik dalam hal akademis maupun sosial. Karena itu, selain aktif dalam kepenulisan, SK Trimurti menurut rujukan sejarah juga sempat mengajar dan aktif menjadi anggota Rukun Wanita, yang kerap mengikuti berbagai rapat-rapat yang BU (Budi Utomo) cabang Banyumas adakan.
Salah satu jasa besar lain Trimurti untuk bangsa ini terjadi ketika ia turut menggelorakan semangat kemerdekaan kepada publik melalui penyebaran pamflet-pamflet gelap. Meski misinya berhasil, pergerakannya tersingkap oleh pihak penjajah yang kemudian menjebloskannya ke sel tahanan. Keluar dari penjara, S.K. Trimurti masih tidak menyerah.
Tidak kapok dengan urusan politik, ia selanjutnya memilih bergabung menjadi anggota Gerindo. Tokoh-tokoh Gerindo antara lain Sartono, Amir Sjarifoeddin, Mohammad Yamin, dan A.K. Gani. Lewat diskusi inilah, Trimurti menemukan jodohnya, Sayuti Melik. Meski pada perkembangan selanjutnya, mereka berafiliasi dengan partai politik berbeda, namun keduanya tetap saling mendukung dan mengapresiasi pilihan politik masing-masing.
Hingga Indonesia akhirnya merdeka dari penjajahan, Trimurti tak lantas meninggalkan dunia penulisan. Melalui Api Kartini dan Harian Rakyat SK Trimurti tetap melanjutkan perjuangannya dalam menyampaikan nasib perempuan agar sejajar dengan laki-laki.
Ia tak segan mengkritik budaya masyarakat yang masih menganggap perempuan sebagai pelengkap atau hanya embel-embel laki-laki semata. Bagi Trimurti, memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tidaklah sebatas melepaskan diri dari tangan penjajah, tapi bagaimana membantu memerdekakan seluruh rakyat Indonesia, termasuk perempuan yang masih belum sepenuhnya merdeka dari tradisi patriarki. []