Minggu, 9 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Eco-Waqaf

    Eco-Waqaf dan Masa Depan Hijau: Sinergi Iman, Ekonomi, dan Lingkungan

    Soeharto Pahlawan

    Menolak Soeharto Jadi Pahlawan: Sejarah Kelam Tak Boleh Dilupakan

    Pesta Pernikahan

    Tadarus Subuh: Merayakan Pesta Pernikahan Tanpa Membebani

    Presiden Meksiko Dilecehkan

    Ketika Presiden Meksiko Dilecehkan: Membaca Kekerasan Seksual dari Perspektif Mubadalah

    ASI yang

    Pentingnya Peran Ayah dalam Mendukung Pemberian ASI

    Budaya Bullying

    Budaya Bullying dan Hilangnya Rasa Aman Pelajar

    Menyusui

    Menyusui dan Politik Tubuh Perempuan

    Kesetaraan Disabilitas

    Gen Z Membangun Kesetaraan Disabilitas Di Era Digital

    Menyusui

    Menyusui dan Rekonstruksi Fikih Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Eco-Waqaf

    Eco-Waqaf dan Masa Depan Hijau: Sinergi Iman, Ekonomi, dan Lingkungan

    Soeharto Pahlawan

    Menolak Soeharto Jadi Pahlawan: Sejarah Kelam Tak Boleh Dilupakan

    Pesta Pernikahan

    Tadarus Subuh: Merayakan Pesta Pernikahan Tanpa Membebani

    Presiden Meksiko Dilecehkan

    Ketika Presiden Meksiko Dilecehkan: Membaca Kekerasan Seksual dari Perspektif Mubadalah

    ASI yang

    Pentingnya Peran Ayah dalam Mendukung Pemberian ASI

    Budaya Bullying

    Budaya Bullying dan Hilangnya Rasa Aman Pelajar

    Menyusui

    Menyusui dan Politik Tubuh Perempuan

    Kesetaraan Disabilitas

    Gen Z Membangun Kesetaraan Disabilitas Di Era Digital

    Menyusui

    Menyusui dan Rekonstruksi Fikih Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Teater Pendidikan Karakter yang Efektif bagi Anak

Sesungguhnya berlatih teater selain untuk pendidikan karakter anak yang efektif, adalah agar kami kelak bisa menjadi aktor-aktor handal di panggung kehidupan

wiwin wihermawati wiwin wihermawati
28 September 2022
in Pernak-pernik
0
Teater

Teater

387
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dikenalkan dengan dunia seni peran sejak kelas tiga SD, penulis mempelajari banyak hal yang manfaatnya sangat berasa sampai saat ini. Waktu itu kami berlatih keras untuk pementasan tahunan di sekolah. Namun satu hal yang tertanam di dalam memori saya adalah kata-kata guru kami waktu itu bahwa meskipun kami berlatih untuk sebuah hasil final berupa pementasan, sesungguhnya berlatih teater selain untuk pendidikan karakter anak yang efektif, adalah agar kami kelak bisa menjadi aktor-aktor handal di panggung kehidupan.

Dan proses latihan pun dimulai. Selama tiga sampai dua bulan menjelang pementasan, kami melakukan banyak latihan dasar : olah nafas, konsentrasi, olah vokal, dan olah tubuh. Termasuk dalam sesi latihan dasar adalah ketika kami diminta untuk melakukan penggalian mendalam terhadap berbagai ekspresi emosi baik positif (gembira, semangat, dan sebagainya) maupun negatif (sedih, marah, dan sebagainya).

Untuk dapat mengeluarkan ekspresi yang total, kami diberi waktu untuk menggali memori-memori dalam kepala kami masing-masing, tentang hal-hal yang bisa memancing ekspresi-ekspresi itu keluar. Misalnya untuk mengeluarkan ekspresi sedih, kami diberi waktu untuk mengingat kejadian-kejadian yang membuat masing-masing kami merasa sedih. Tentu setiap orang punya pengalaman yang berbeda tentang hal-hal yang membuatnya sedih.

Berbagai ekspresi baik positif maupun negatif menjadi syarat seorang pemain teater untuk bisa melakukan akting di atas panggung. Secara psikologis hal ini memberikan kesempatan bagi seseorang untuk bisa menyalurkan ekspresi emosionalnya secara seimbang. Hal ini sejalan dengan konsep healing atau terapi psikologis, dimana seseorang dilatih untuk bisa melakukan proses penerimaan terhadap hal-hal yang membuat dia kecewa, marah, benci, takut, dan sebagainya, untuk kemudian bisa dikendalikan.

Ini sangat membantu untuk menjaga kewarasan seseorang, sebab dunia di luar sana seringkali melarang kita untuk memiliki emosi-emosi negatif yang sangat manusiawi itu. Kita hanya diizinkan untuk memiliki emosi-emosi positif seperti semangat, kegembiraan, keberanian, dsb. Ketidakseimbangan ini akhirnya membuat banyak orang merasa tertekan dan depresi.

Berlanjut ke sesi  latihan seni peran, ekspresi-ekspresi tidak bisa seenaknya saja dikeluarkan sekehendak hati, tetapi harus disesuaikan dengan instruksi pelatih. Seringkali pelatih memberi jeda waktu yang sebentar-sebentar untuk beralih dari satu ekspresi ke ekspresi berikutnya. Misalnya kami diinstruksikan untuk mengeluarkan ekspresi gembira selama satu menit, kemudian tiba-tiba kami diinstruksikan untuk beralih ke ekspresi sedih.

Pelatih akan terus melakukan pengulangan sampai ekspresi yang didapat betul-betul alami berasal dari penghayatan terhadap emosi, bukan ekspresi yang terlihat dibuat-buat. Lompatan-lompatan emosi yang terus menerus dilatih ini  tentu saja sangat berguna bagi anak-anak untuk bisa melakukan kontrol emosinya, kini dan kelak ketika dewasa.

Setelah melalui proses panjang latihan dasar, akhirnya kami mendapat naskah. Senangnya bukan main. Bayangan akan sebuah pementasan yang lebih nyata mulai kelihatan bentuknya. Namun sebelum proses casting atau pembagian peran, sutradara bersama penulis naskah mengajak kami untuk melakukan bedah naskah, untuk memahami latar belakang dan maksud serta tujuan naskah, agar kami para pemain mampu menyampaikan pesan-pesan tersurat dan tersirat sesuai “keinginan” naskah. Di sini, kami yang masih anak-anak diajak untuk melakukan proses mendengar dan membaca maksud yang diinginkan penulis naskah.

Sampai di titik ini, kami dilatih untuk masuk pada pintu gerbang wilayah “ketaatan” terhadap teks. Jika diartikan lebih jauh, sederhananya proses ini sangat berguna untuk membentuk karakter dasar seorang muslim, yakni ketundukan dan kepatuhan terhadap larangan dan perintah Tuhan yang termaktub dalam teks-teks kitab suci.

Selanjutnya untuk masuk pada tahap casting, kami diharuskan melakukan reading (membaca dialog) sesuai peran-peran yang terdapat dalam naskah. Proses ini memakan waktu beberapa hari sampai semua peran dalam naskah “menemukan” orang yang tepat. Setelah pembagian peran mencapai final, kami dimotivasi untuk belajar mendalami peran-peran tersebut (baik antagonis maupun protagonis) di luar jam latihan, yakni dengan melakukan proses observasi.

Model-model karakter yang didapatkan di lapangan tersebut kemudian menjadi referensi dan contoh nyata bagi si pemeran untuk melakukan aktingnya di atas panggung. Proses observasi peran ini melatih anak-anak untuk bisa melihat dan mendengar lebih dekat realitas di lapangan. Karakter ini tidak saja dibutuhkan manusia dewasa untuk bisa mengasah empatinya (memahami menjadi atau dalam posisi orang lain), tetapi juga sekaligus sebagai skill dasar yang dibutuhkan para peneliti sosial.

Dengan mengambil beberapa contoh proses latihan teater dan seni peran tersebut telah terlihat bagaimana proses-proses tersebut menjadi sangat penting bahkan dibutuhkan bagi anak-anak untuk menuju proses usia dewasanya.

Selanjutnya, bagaimana halnya dengan fenomena game-game online yang sekarang ini dipermasalahkan sebagai penyumbang bagi terpaparnya anak-anak oleh unsur kekerasan? Tentu sangat jauh berbeda pendidikan karakter yang ditanamkan proses berteater dengan “pendidikan karakter” yang diperoleh dari “seni peran” dalam “panggung” di layar hp atau monitor PC.

Teater menyajikan peran-peran yang diringkas dari berbagai peran di kehidupan nyata, tentu saja termasuk tokoh-tokoh antagonis lengkap dengan adegan-adegan kekerasannya. Namun ketika anak-anak berteater, mereka dituntut untuk menghayati peran secara maksimal sekaligus mengontrol kesadaran bahwa dirinya adalah sebatas pemain yang sedang berpura-pura.

Tentu saja meski terdapat adegan perkelahian misalnya, teater melatih anak-anak agar melakukan “perkelahian yang indah” yang layak menjadi tontonan sekaligus tuntunan sesuai dengan pesan-pesan sosial yang ingin disampaikan naskah.

Sementara di atas panggung game online, anak-anak memilih berbagai karakter untuk satu tujuan : memenangkan pertarungan. Sampai sini sudah dapat dibayangkan karakter semacam apa yang tertanam pada seorang anak yang dididik dengan seni peran panggung teater dengan anak-anak yang “dididik” dengan “seni peran” karakter game online.

Meskipun game online yang bermuatan adegan perang diklaim juga sebagai salah satu media yang mengasah kecerdasan anak seperti melatih skill mengatur strategi, ketangkasan, kecepatan berpikir, dan sebagainya, namun dampak negatifnya lebih banyak dirasakan dan meresahkan banyak orang tua dan guru.

Dengan demikian, belajar berteater yang melibatkan keseluruhan potensi rasa, pikir, dan fisik, menjadi pilihan yang sangat masuk akal untuk mengembalikan anak-anak kita ke “jalan yang benar”. []

 

 

Tags: anakEkstrakulikulerLembaga PendidikanparentingPendidikan KaraktersekolahSeni PeranTeater
wiwin wihermawati

wiwin wihermawati

Wiwin Wihermawati, ibu rumah tangga, suka kopi dan puisi, tinggal di Cirebon.

Terkait Posts

Budaya Bullying
Publik

Budaya Bullying dan Hilangnya Rasa Aman Pelajar

8 November 2025
Pesantren Inklusif
Publik

Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

7 November 2025
Digital Parent
Keluarga

Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

6 November 2025
Hak Anak
Keluarga

Hak Anak atas Tubuhnya: Belajar Menghargai Batasan Sejak Dini

5 November 2025
Pendidikan Inklusif
Publik

Pendidikan Inklusif: Membuka Ruang Keadilan Bagi Penyandang Disabilitas

29 Oktober 2025
Kesalingan dalam Pendidikan
Publik

Merawat Akhlak Dan Menyemai Kesalingan Dalam Pendidikan

28 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Soeharto Pahlawan

    Menolak Soeharto Jadi Pahlawan: Sejarah Kelam Tak Boleh Dilupakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memaknai Kebahagiaan Lewat Filosofi Mulur Mungkret Ki Ageng Suryomentaram

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah Ibadah Belum Memberikan Ruang Aman untuk Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Eco-Waqaf dan Masa Depan Hijau: Sinergi Iman, Ekonomi, dan Lingkungan
  • Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • Film Pangku: Menangkap Realita Kehidupan Di Pantura
  • Menolak Soeharto Jadi Pahlawan: Sejarah Kelam Tak Boleh Dilupakan
  • Tadarus Subuh: Merayakan Pesta Pernikahan Tanpa Membebani

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID