Baru-baru ini atau bahkan sampai sekarang sedang viral lagu “Aisyah”. Lagu yang berisi kisah romantisme Sayyidah Aisyah dengan Nabi ini sedang digandrungi masyarakat Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Lagu ini dinyanyikan di mana-mana, dicover oleh penyanyi religi Indonesia dan penyanyi ternama lainnnya seperti Siti Nur Halizah, Nisa Sabyan, Syakir Daulay, RizkyRidho. Tak ketinggalan pula anak-anak seperti Arsy dan Aisha Nahlah.
Tak hanya itu, lagu ini juga diterjemahkan bebas oleh penyanyi religi Mohamed Tarik dan Muhamed Yusuf dalam Bahasa Arab. Hampir semua orang menyenandungkannya, menjadikannya status dan memutarnya di setiap kesempatan. Tidak pandang usia dan jenis kelamin, laki-laki atau perempuan, besar atau kecil, muda ataupun tua. Menakjubkan. Pengcover dan pelantun pertama lagu Aisha, yaitu Annisha bahkan bisa tembus sampai 33 juta viewers.
Romantis! Kurang lebih itu pertama kali respon perempuan yang mendengar lagu ini. Pingin kayak Sayyidah Aisyah yang selalu dimanja Nabi. Duh… seru kali ya nikah selalu sayang-sayangan kayak kanjeng Nabi dan Sayyidah ‘Aisyah.
Ada yang salah? Tentu tidak. Di anatara kisah rumah tangga Nabi dengan istri-istri beliau, kisah romantisnya Nabi dan Sayyidah Aisyah banyak diabadikan dalam hadis-hadis Nabi yang diriwayatkan langsung oleh beliau.
Sayyidah Aisyah yang mandi satu ember bersama Nabi, meminum gelas persis di tempat Sayyidah Aisyah meletakkan bibirnya, dan salah satu keiistimewaan Sayyidah Aisyah adalah permintaan Nabi untuk tinggal di rumah Sayyidah Aisyah sampai beliau kembali ke pangkuan Allah (ila rafiqil ‘ala).
Tapi etapi, gambaran romantisnya Nabi dan Sayyidah Aisyah tidak boleh dilihat secara parsial dan hanya dibayangkan “enak-enaknya” saja. Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, tentu problematika itu tentu pasti ada, termasuk yang dialami Nabi dan Sayyidah ‘Aisyah.
Prahara rumah tangga nabi dan Sayyidah ‘Aisyah yang perlu sekali untuk diketahui oleh siapapun yang akan dan sudah berkeluarga, yakni peristiwa besar tentang fitnah menduanya Sayyidah ‘Aisyah dengan seorang sahabat bernama Shafwan.
Kejadian ini dalam literatur hadis dikenal dengan haditsul ifki (cerita hoax) dan diabadikan dalam Al-Quran Surah An-Nur ayat 11-19. Konflik ini begitu dahsyat dan mengguncang psikis baik Nabi Muhammad ataupun Sayyidah Aisyah. Selama kurang lebih 3 bulan beliau “didiamkan” oleh Rasulullah karena fitnah yang disebarkan oleh Abdullah bin Ubay bin Salul tentang ketidaksetiaan Sayyidah Aisyah dengan Shafwan sepulang dari perang Muraisi’.
Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Sayyidah Aisyah sangat terpukul dengan kejadian fitnah yang sebenarnya ia tidak mengetahui ataupun menyadarinya. Nabi Muhammad enggan berbicara bahkan tidak “menyentuhnya”.
Sayyidah Aisyah pun menangis, enggan makan dan minum dan membuat kondisi fisiknya menurun. Beliau memutuskan untuk tinggal di rumah ibundanya bernama Ummu Rumman, sampai kemudian Nabi Muhammad menjemputnya setelah mendapatkan petunjuk dari Allah melalui Al-Quran.
Mungkin saja lagu Aisyah bermaksud ingin memberikan gambaran betapa harmonis dan bahagianya kondisi rumah tangga nabi. Namun mengesampingkan adanya prahara bahkan dalam rumah tangga seorang utusan Allah adalah hal yeng perlu diperbaiki.
Dengan begitu, ketika mendengarkan lagu Aisyah dan terinspirasi untuk menikah, yakinlah bahwa keputusanmu untuk menikah bukan karena nafsu asmara dan romantisme belaka. Ada banyak persoalan di depan yang telah kita sadari bersama sebagai bumbu dan dinamika berrumah tangga. []