Mubadalah.id – Perkembangan pesat media sosial saat ini, tentunya berpengaruh besar terhadap karakter anak. Media televisi, koran, bahkan internet yang mudah terakses dan tanpa adanya filter penyaring dengan cepat mampu mempengaruhi kebiasaan anak. Sehingga peran orang tua harus tanggap dan sadar dalam menjalankan pola asuh anak yang baik.
Karena bagaimanapun juga orang tua mempunyai tanggung jawab pola asuh anak yang besar dalam mendidik putra putrinya. Salah satu aspek perkembangan anak yang di dalamnya perlu melibatkan bimbingan orang tua adalah terkait pengembangan perilaku sosial-emosional.
Dalam proses sosial-emosional tersebut, biasanya seorang anak belum memiliki kemampuan untuk bergaul dengan orang lain. Maka, perlunya orang tua dalam mengasuh anak harus memperhatinkan pendidikan karakter supaya anak dapat tumbuh sesuai dengan keinginan.
Menanggapi adanya peran orang tua dalam mengasuh anak di atas, bagaimana al-Qur’an menjawab terkait pola asuh anak? Apa yang menjadi pendidikan utama pola asuh anak perspektif al-Qur’an? Berikut penulis akan menguraikan point penting yang harus orang tua perhatikan dalam mendidik anaknya, sehingga menjadi keterbiasaan yang anak lakukan.
Al Qur’an Menjawab Pola Pengasuhan Anak
Tetapi yang harus kita ketahui al-Qur’an ketika membicarakan pola asuh anak penjelasannya tidak hanya pada satu atau dua ayat, melainkan banyak yang secara tersirat maupun tersurat. Antara lain dalam QS. Al-Baqarah [2] :233, QS.Al-Nisa’ [4]:9. Terdapat juga kisah-kisah al-Qur’an yang menjelaskan terkait bagaimana para Nabi dan orang-orang saleh dalam mendidik anaknya yakni QS.Luqman [31]: 13-19 dan QS.Al-Shaffat [37]: 102.
Ayat-ayat di atas, secara jelas memberikan informasi kepada pembaca dalam mengaplikasikan pola asuh anak dengan baik. Tetapi dalam hal ini, penulis menggunakan perspektif dari QS.Al-Tahrim [66] : 6 yang sebenarnya ayat tersebut telah menjadi momok utama dalam mendidik anak dan inti dari pendidikan terkait pola asuh anak. Adapun bunyi ayatnya sebagai berikut :
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ ٦
Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”
Penafsiran Ayat
Penjelasan ayat di atas, Ath-Thabari dalam tafsirnya Jami’ Li Bayan Fi Ta’wil Al-Qur’an memaparkan bahwa mengajari keluarga tentang cara taat kepada Allah SWT supaya dapat terhindar dari neraka.
Dalam tafsir Ath-Thabari terdapat beberapa riwayat di antaranya adalah dari Ibnu Abbas tentang firman Allah SWT, “periharalah diri kamu dan keluargamu dari api neraka.” Maksudnya adalah perintah untuk beramal dengan senantiasa taat kepada Allah SWT. Lalu menghindari adanya maksiat, selalu mengingat perintah Allah SWT, sehingga bisa terhindar dari api neraka.
Apabila QS.Al-Tahrim [66]:6 dibedah, maka terdapat point penting yang harus dilakukan seorang hamba di dunia yakni menjaga dirinya maupun keluarganya dari api neraka dengan mentaati perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. Karena lafadz ayat selanjutnya menginformasikan keadaan di akhirat nanti tidak bisa untuk bernegoisasi. Yakni terkait siksaan akibat perbuatan buruk yang kita lakukan di dunia.
Senada dengan Ath-Thabari, dalam tafsir Al-Qurthubi Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an yang tergolong mufasir klasik menafsirkan bahwa di dalam QS.Al-Tahrim [66]:6 mengandung maksud juga anak termasuk seseorang yang harus diperhatikan dalam ayat tersebut, sebab anak adalah bagian darinya.
Dengan demikian, seseorang harus mengajari anaknya terkait sesuatu yang halal dan haram, sekaligus menjauhkan dari perbuatan maksiat dan dosa. Salah satu contoh yang Al-Qurthubi cantumkan dalam tafsirnya adalah Rasulullah SAW memberitahu waktu salat, dan kewajiban puasa kepada keluarganya.
Pendidikan Bermula dari Rumah
Selain penjelasan dari ulama tafsir klasik di atas, Quraish Shihab dalam tafsirnya Al-Misbah menjelaskan secara gamblang lagi, maksud adanya “peliharalah diri kamu” adalah meneladani Nabi SAW, sedangkan “pelihara keluarga” menyangkut istri, anak-anak dan seluruh yang berada dalam tanggung jawab untuk membimbing maupun mendidik supaya terhindar dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia-manusia kafir dan yang dijadikan batu-batu antara lain yakni berhala.
Pemberian siksaan sesuai dengan takaran tidak kurang atau lebih sesuai dengan perbuatan yang kita lakukan di dunia. Dengan ini, Quraish Shihab juga menjelaskan bahwa QS.Al-Tahrim [66]:6 tersebut membicarakan terkait dakwah dan pendidikan harus bermula dari rumah. Walaupun secara redaksional ayat tersebut tertuju kepada Suami (Ayah), akan tetapi sebenarnya tertuju juga kepada keduanya baik suami maupun istri guna bertanggungjawab kepada anak-anaknya.
Maka, dapat disimpulkan bahwa QS.Al-Tahrim [66]:6 sejatinya mengandung pokok tersirat bahwa pendidikan utama dalam pola asuh anak adalah mengenai ajaran untuk memerintahkan ketaqwaan. Adanya terbiasa menjalankan amar ma’ruf nahi munkar, seorang anak akan terbiasa mengamalkan hablum minallah wa hablum minannas.
Sebagai umat Islam indikator dalam menjalani rumah tangga adalah berdasarkan nilai-nilai Islam. Yakni menciptakan kesejahteraan, keharmonisan, kebahagiaan, dan kedamaian dari ajaran Rasulullah SAW. Sehingga tidak hanya mampu mendefiniskan keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Akan tetapi, dapat merasakannya dengan iringan hati yang tentram. Wallahu A’lam. []