Mubadalah.id – Qasim Amin dilahirkan di daerah Mesir dari seorang ayah keturunan Turki Utsmani dan ibu berdarah asli Mesir. Qasim lahir pada awal bulan Desember tahun 1863 M.
Setelah menamatkan Sekolah Dasar di Alexandria, keluarganya hijrah ke Kairo. Pada tahun 1881, ia mencapai gelar licance dari Fakultas Hukum dan Administrasi dari sebuah akademi.
Pada masa kuliahnya, ia mula kenal dengan sosok Jamaluddin al-Afghani dan gagasan-gagasan pemikirannya yang berkembang di Mesir.
Dari kebersamaannya dengan teman perempuan Prancis, maka mulai tumbuh benih-benih kepeduliannya terhadap kaum perempuan. Yang nantinya membidani perjuangannya di Mesir yang penuh dengan bentuk interaksi sosial yang diskriminatif.
Kekasihnya menjadi sumber inspirasi dan memberikan kesadaran bahwa kaum perempuan sebetulnya memiliki kemampuan yang selama ini tidak pernah ia asah.
Dalam menyusun gagasan-gagasan pemikirannya, Qasim Amin lebih cenderung menyimpulkan suatu permasalahan menggunakan piranti-piranti analisis sosial dan data empirik dari interaksi dengan masyarakat luas.
Bagi Qasim, teoriteori sosial, dan hipotesa-hipotesa yang hanya lahir dari atas meja akan melahirkan teori dan kesimpulan yang cenderung mengira-ngira, tidak realistis, dan bahkan jauh dari nilai kebenaran.
Bisa kita lihat ketika Qasim Amin memberikan kritik pedas terhadap tulisan D’harcouri tentang kondisi sosial masyarakat Mesir sebagai masyarakat muslim yang terpuruk.
Menurutnya, tesa-tesa dalam tulisan D’harcouri itu sama sekali tidak mendekati kebenaran, karena ia (D’harcouri) tidak berinteraksi langsung dengan masyarakat Mesir sehingga tidak tahu persis keadaan masyarakat Mesir sebenarnya.
Jika realitasnya demikian, bagaimana mungkin tesa-tesa D’harcouri bisa objektif. Jadi, bisa kita katakan bahwa pemikiran-pemikiran seseorang bermula dari analisis sosial yang tajam dan kritis dengan tetap melihat fenomena-fenomena sosial yang tampak.
Selanjutnya, ia boleh berijtihad untuk menyusun tesa-tesa demi memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan sosial yang wajib kita perbarui.*
*Sumber: tulisan karya M. Nuruzzaman dalam buku Kiai Husein Membela Perempuan.