• Login
  • Register
Sabtu, 7 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Mengenal Qasim Amin: Tokoh Feminis Islam

Dalam menyusun gagasan-gagasan pemikirannya, Qasim Amin lebih cenderung menyimpulkan suatu permasalahan menggunakan piranti-piranti analisis sosial dan data empirik dari interaksi dengan masyarakat luas

Redaksi Redaksi
09/11/2022
in Hikmah, Pernak-pernik
0
Qasim Amin

Qasim Amin

529
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Qasim Amin dilahirkan di daerah Mesir dari seorang ayah keturunan Turki Utsmani dan ibu berdarah asli Mesir. Qasim lahir pada awal bulan Desember tahun 1863 M.

Setelah menamatkan Sekolah Dasar di Alexandria, keluarganya hijrah ke Kairo. Pada tahun 1881, ia mencapai gelar licance dari Fakultas Hukum dan Administrasi dari sebuah akademi.

Pada masa kuliahnya, ia mula kenal dengan sosok Jamaluddin al-Afghani dan gagasan-gagasan pemikirannya yang berkembang di Mesir.

Dari kebersamaannya dengan teman perempuan Prancis, maka mulai tumbuh benih-benih kepeduliannya terhadap kaum perempuan. Yang nantinya membidani perjuangannya di Mesir yang penuh dengan bentuk interaksi sosial yang diskriminatif.

Kekasihnya menjadi sumber inspirasi dan memberikan kesadaran bahwa kaum perempuan sebetulnya memiliki kemampuan yang selama ini tidak pernah ia asah.

Baca Juga:

Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha

Ibadah Kurban dan Hakikat Ketaatan dalam Islam

Mitos Israel di Atas Penderitaan Warga Palestina

Pesan Mubadalah dari Keluarga Ibrahim As

Dalam menyusun gagasan-gagasan pemikirannya, Qasim Amin lebih cenderung menyimpulkan suatu permasalahan menggunakan piranti-piranti analisis sosial dan data empirik dari interaksi dengan masyarakat luas.

Bagi Qasim, teoriteori sosial, dan hipotesa-hipotesa yang hanya lahir dari atas meja akan melahirkan teori dan kesimpulan yang cenderung mengira-ngira, tidak realistis, dan bahkan jauh dari nilai kebenaran.

Bisa kita lihat ketika Qasim Amin memberikan kritik pedas terhadap tulisan D’harcouri tentang kondisi sosial masyarakat Mesir sebagai masyarakat muslim yang terpuruk.

Menurutnya, tesa-tesa dalam tulisan D’harcouri itu sama sekali tidak mendekati kebenaran, karena ia (D’harcouri) tidak berinteraksi langsung dengan masyarakat Mesir sehingga tidak tahu persis keadaan masyarakat Mesir sebenarnya.

Jika realitasnya demikian, bagaimana mungkin tesa-tesa D’harcouri bisa objektif. Jadi, bisa kita katakan bahwa pemikiran-pemikiran seseorang bermula dari analisis sosial yang tajam dan kritis dengan tetap melihat fenomena-fenomena sosial yang tampak.

Selanjutnya, ia boleh berijtihad untuk menyusun tesa-tesa demi memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan sosial yang wajib kita perbarui.*

*Sumber: tulisan karya M. Nuruzzaman dalam buku Kiai Husein Membela Perempuan.

Tags: FeminisislammengenalQasim Amintokoh
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

Wuquf Arafah

Makna Wuquf di Arafah

5 Juni 2025
Kritik Asma Barlas

Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

5 Juni 2025
Aurat

Aurat Perempuan: Antara Teks Syara’ dan Konstruksi Sosial

5 Juni 2025
Batas Aurat

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Fikih Ramah Difabel

Menggali Fikih Ramah Difabel: Warisan Ulama Klasik yang Terlupakan

5 Juni 2025
Batas Aurat Perempuan

Dalil Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Berkurban

    Berkurban: Latihan Kenosis Menuju Diri yang Lapang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Solusi Ramah Lingkungan untuk Pembagian Daging Kurban

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memaknai Istilah “Kurban Perasaan” Pada Hari Raya Iduladha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Hari Raya dalam Puisi Ulama Sufi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 3 Solusi Ramah Lingkungan untuk Pembagian Daging Kurban
  • Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha
  • Berkurban: Latihan Kenosis Menuju Diri yang Lapang
  • Makna Wuquf di Arafah
  • Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID