Mubadalah.id – Ada banyak teori yang coba memformulasikan tiang keutuhan sebuah rumah tangga. Suatu kali salah seorang guru saya mendefenisikan bahwa rumah tangga terbangun atas dua komponen utama yaitu uang dan seks. Saya menilai ini ada benarnya juga, jika melihat lebih dekat memang beberapa gejolak dalam rumah tanggga sering muncul karena dua faktor itu. Sebagaimana yang nampak dalam film Noktah Merah Perkawinan, berdasarkan pendapat Buya Hamka tentang relasi pernikahan.
Menurut Buya Hamka, uang yang tidak mencukupi menimbulkan kekurangan hidup, akan berdampak kepada kurangnya pemenuhan kebutuhan keluarga teruma anak, yang ujung-ujunnya seringkali menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga. Sampai-sampai Buya Hamka dalam Merantau Ke Deli menyebut bahwa uang adalah nafas dalam rumah tangga. Barangkali karena krusialnya keuangan dalam keberlanjutan kehidupan berkeluarga.
Ini bukan berarti bahwa buya Hamka yang seorang sastrawan, filsuf, maupun seorang sufi, justru menjadikan hal materialistis sebagai basis keutuhan rumah tangga. Karena dalam kehidupannya berkeluarga pun, ia tidak dapat juga kita bilang bergelimang harta. Hal ini dapat kita lihat dari cerita anaknya Irfan Hamka dalam Kisah Kisah Abadi Bersama Ayahku Hamka. Ia mengakui bahwa dalam perjalanan sang ayah menjadi anggota Muhammadiyah, dalam masa pemerintahan orde lama di mana buku-bukunya sempat tercekal. Sehingga komisi dari buku-buku itu tidak dapat lagi mengasapi dapur mereka.
Menilik Kehidupan Keluarga Buya Hamka
Kehidupan keluarga buya Hamka pun sempat kesulitan untuk sekedar yang akan mereka makan. Namun pernikahan Hamka dan istrinya yang pertama tampak baik-baik saja, langgeng dan harmonis. Jadi dengan demikian uang memang krusial tapi bukanlah yang utama.
Dalam bukunya yang lain, Hamka lebih jauh menyebutkan bahwa pergumulan hubungan suami dan istri adalah bagaikan hubungan dua bersahabat. Menurut Hamka di dalam pernikahan itu terdapat dua perkawinan yaitu perkawinan badan layaknya suami dan istri dan satu hal lagi yang melebihi hubungan jasmaniah yaitu perkawinan pemikiran layaknya orang berkawan.
Jika perkawinan jasmaniah adalah hal yang lumrah dalam berumah tangga, karena ia dianggap sebagai kebutuhan berkeluarga itu sendiri. Tapi sebaliknya kebanyakan pasangan sering abai pada perkawinan yang kedua. Yaitu perkawinan pemikiran dalam pernikahan. Cukup pun uang, terpenuhi kebutuhan jasmaniyah, tapi konflik-konflik di dalam kepala tidak penah tersampaikan. Atau impian-impian bersama tidak pernah suami istri perbincangkan. Sehingga permasalahan bersama tidak pernah terselesaikan, rumah tangga hanya akan menjadi bagaikan bara dalam sekam.
Seperti kisah Ambar dan Gilang dalam Noktah Merah Perkawinan. Ambar dan Gilang belum sampai pada tahap yang kedua, yaitu kesejalanan dalam pikiran. Ambar yang ketika menemukan suatu hal yang salah dari pernikahannya merasa berusaha sendiri untuk menyelesaikan permasalahan itu. Gilang sendiri selalu tidak mampu menyelesaikan masalah secara radikal atau mendalam ketika istrinya memulai pembicaraan. Mereka sibuk dengan pikiran masing-masing. Hanya berasumsi tentang pasangan tanpa mencari tahu hal mendasar apa sebenarnya yang harus mereka bicarakan dan harus mereka selesaikan.
Pentingnya Pillow Talk bagi Suami Istri
Perkawinan pemikiran dalam pernikahan hanya akan tercapai dengan dialog yang terbuka dan setara antara suami dan istri. Itulah pentingnya pillow talk dalam rumah tangga, bincang-bincang kecil sebelum tidur bersama pasangan. Berdialog tidak melulu mesti menceritakan tentang rutinitas yang melelahkan, dialog juga bisa mengarah kepada hal-hal yang mungkin lebih fundamental untuk keberlanjutan hubungan. Misalnya mendialogkan tentang bagaimana seharusnya bersikap jika menghadapi situasi tertentu. Apa hal yang kita harapkan dari pasangan dan apa juga hal yang tidak kita sukai. Dialog kecil seperti inilah yang akan menjadi jembatan kesearahan dalam pemikiran itu tadi.
Saya teringat suatu kali Marshanda yang menerima vonis bipolar, pernah mengatakan bahwa itu adalah kesalahan diri kita sendiri. Yakni ketika orang-orang terdekat kita tidak dapat memahami kita. Penyebabnya adalah karena kita tidak pernah memberi tahu mereka bahwa kita tidak suka mendapat perlakuan begini. Kita tidak pernah menyampaikan kepada mereka bahwa kita lebih nyaman jika menerima perlakukan begitu, dan seterusnya. Sehingga orang-orang terdekat seperti pasangan mampu mengenal apa yang akan melukai. Dan apa yang bisa membuat kita merasa lebih baik. Saya kemudian berpikir bahwa, keterbukaan seperti itulah yang barangkali Hamka maksud sebagai perkawinan pemikiran.
Dan ini pula lah yang ingin tersuguhkan oleh kisah rumah tangga Ambar dan Gilang dalam Noktah Merah Perkawinan. Ambar yang selalu dengan wajah cemberut dan kesal ketika akan memulai pembicaraan dengan suaminya, selalu dibalas dengan pertengakran baru yang berakhir dengan larinya Gilang dari masalah yang sedang mereka bicarakan. Ini kondisi yang lumrah terjadi dalam pernikahan. Suami sering memilih pergi untuk menenangkan pikiran di saat istrinya mulai mengeluarkan unek-uneknya. Sehingga suami tidak pernah tahu akar permasalahan yang harus mereka pecahkan.
Pelajarannya adalah penting untuk menemukan akar persoalan agar dapat sama-sama kita pahami apa yang harus kita perbaiki bukan malah lari. Pelajaran lainnya juga adalah jangan diamkan masalah, selesaikan saat itu juga. Jika pasangan seperti Gilang memiliki pola setiap ada masalah selalu kabur, berarti Ambar sebagai istri mesti berusaha mencegat suami untuk duduk, dan menyelesaikan masalah terlebih dahulu. Jangan selalu memberi kesempatan atau kita biarkan untuk lari.
Pelajaran dari Film Noktah Perkawinan
Kisah Ambar dan Gilang dalam film Noktah Merah Perkawinan juga mengajarkan bahwa keluhan-keluhan kita terhadap pasangan jangan malah kita sampaikan kepada orang lain. Ambar misalnya malah menceritakan keluhan tentang suaminya kepada sahabatnya yang berujung bocornya pembicaraan itu kepada sang suami melalui ibunya, dan akhirnya masalah baru pun muncul. Di sinilah pentingnya komunikasi asertif dengan pasangan, yaitu komunikasi yang lugas dan objektif.
Ambar semestinya menyampaikan langsung kepada suaminya tentang hal-hal yang tidak dia sukai dari sang suami. Tanpa membuat pasangan tidak nyaman, tujuannya agar tercapai kesepemahaman tadi. Gilang pun semestinya mendengarkan dulu, membiarkan dulu semua keluhan sang istri keluar, baru merespon. Mengeluarkan dan mendengar, baik suami maupun istri itulah kunci terbangunnya persahabatan dalam pernikahan.
Wajar sebenarnya jika Ambar yang mewakili banyak perempuan di luar sana merasa tidak dianggap sebagai pasangan oleh suaminya karena banyak juga suami-suami seperti Gilang yang tidak mau mendengarkan keluhan istri. Karena dalam banyak hubungan pernikahan, relasi suami dan istri seringkali seperti relasi atasan dan bawahan. Istri dituntut nrimo, tidak boleh mengeluh, terima saja apa yang diberikan, tidap perlu banyak tanya, lakukan saja yang diperintahkan. Sehingga sering suami tidak menganggap penting apa yang dirasakan oleh istri.
Inilah yang harus kita perbaiki, relasi suami dan istri bukanlah seperti itu, relasi yang baik seperti Buya Hamka katakan adalah seperti dua orang bersahabat. Orang yang bersahabat akan selalu menganggap perasaan, impian, dan keluhan sahabatnya itu penting. Karena relasi persahabatan adalah relasi yang setara. Relasi persahabatan yang setara itu hanya dapat kita wujudkan dengan kesalingan dalam pemikiran dan dialog yang sama-sama mencari penyelesaian. []