Mubadalah.id – Salah satu hal yang pasti semua makhluk hidup alami tanpa terkecuali adalah kematian. Allah sebagai sang pencipta seluruh alam semesta telah memberitahu akan hal itu di dalam firmannya guna menjadi pengingat bagi manusia, bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara. Termasuk kehidupan suami istri. Di mana ketika suami wafat terlebih dulu, istri menjalani masa berkabung atau ihdad.
Kematian, cepat atau lambat yang akan menghampiri kita itu, perlu ada persiapan bagaimana kehidupan kita selama ini di dunia. Langkah ini sebagai bekal yang akan kita bawa ke akhirat kelak. Tujuannya agar mendapatkan tempat atau balasan yang indah dari Allah yaitu berupa surga. Allah berfirman:
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُور
Artinya: “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya”. (QS. Ali ‘Imran [3]: 185).
Ketika seorang muslim telah meninggal dunia, maka terdapat hukum yang dibebankan kepada muslim lainnya berupa fardu kifayah. Hal tersebut guna memberikan penghormatan terakhir kepada saudara sesama muslim yang telah pergi untuk selama-lamanya.
Ritual penghormatan tersebut kita mulai dengan memandikan jenazah. Setelah itu berlanjut dengan memakaikan kain kafan yang menutupi sekujur tubuhnya. Kemudian jenazah tersebut kita salatkan dan dimakamkan. Ritual itu menjadi salah satu bukti perhatian Islam terhadap sistem kehidupan manusia.
Dilema Istri
Namun dalam hal pemakaman jenazah, menjadi dilema bagi seorang istri ketika suaminya meninggal dunia. Terutama masyarakat Indonesia yang mayoritas bermazhab Syafi’iyah. Hal tersebut karena kesedihannya sebab ditinggal sang suami serta keinginannya untuk ikut mengantarkan sang suami ke tempat peristirahatan terakhirnya. Sayangnya keinginan itu tidak bisa ia lakukan sebab sang istri harus melakukan kewajiban yang telah Islam tetapkan bagi seorang istri yang ditinggal wafat oleh suaminya, yaitu berupa kewajiban ‘iddah
‘Iddah merupakan kewajiban yang harus seorang istri jalani ketika bercerai dengan suaminya. Baik itu cerai karena adanya perselisihan seperti talak satu dan seterusnya, fasakh nikah maupun karena ditinggal wafat oleh suaminya. Dalam literatur fikih klasik, ‘iddah artinya sebagai masa tunggu yang harus seorang istri jalani agar bisa menikah lagi.
Batasan waktu ‘iddah bisa berbeda-beda berdasarkan jenis perceraian. Dan di masa tersebut pula seorang suami bisa merujuk tanpa harus mengadakan akad ulang dengan istri yang telah ia ceraikan dengan talak satu ataupun dua.
Masa ‘iddah bagi perempuan yang ditinggal wafat oleh suaminya adalah selama empat bulan sepuluh hari berdasarkan ayat:
وَالَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَيَذَرُوْنَ اَزْوَاجًا يَّتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَّعَشْرًا ۚ فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا فَعَلْنَ فِيْٓ اَنْفُسِهِنَّ بِالْمَعْرُوْفِۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
“Dan orang-orang yang mati di antara kamu serta meninggalkan istri-istri hendaklah mereka (istri-istri) menunggu empat bulan sepuluh hari. Kemudian apabila telah sampai (akhir) idah mereka, maka tidak ada dosa bagimu mengenai apa yang mereka lakukan terhadap diri mereka menurut cara yang patut. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”(QS. Al-Baqarah [2]: 234).
Ihdad
Salah satu kewajiban seorang istri lakukan ketika sedang menjalani masa ‘iddah adalah ihdād. Yakni Berkabung/ tidak bersolek dan tidak berhias karena kematian suami atau meninggalkan berhias karena duka cita, dan tetap berada di dalam rumah. Dalam artian dia tidak boleh keluar rumahnya kecuali karena ada kebutuhan yang sangat mendesak. Seperti bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Selama menjalani masa ‘iddah tersebut, menurut kalangan ulama Syafi’iyah, sebagaimana keterangan yang terdapat pada kitab Tuhfat al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib bahwa seorang istri yang ditinggal wafat suaminya tidak diperkenankan untuk ikut mengantar jenazah suaminya ke pemakaman. Karena hal itu termasuk larangan bagi seorang istri yang sedang menjalani masa ‘iddah, yaitu keluar rumah.
Namun solusi alternatif yang bisa sang istri pakai jika masih ingin ikut untuk mengiring jenazah suaminya sampai ke pemakamannya, adalah dengan bertaqlid (mengikuti) mazhab malikiyyah. Di mana hukum ini membolehkan seorang istri yang ditinggal wafat suaminya keluar rumah di siang hari (jika memang pemakamannya dilakukan saat siang hari). Sebagaimana keterangan yang saya kutip dari kitab al-Muntaqa Syarh al-Muwattha’. []