Mubadalah.id – Dalam pertemuan bertajuk Dialog Budaya Keagamaan Nusantara yang diadakan atas kerjasama Puslitbang Jakarta dan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya, tanggal 28-30 Agustus 2019 di Hotel Papilio Surabaya, ada ungkapan dihari pertama yang menarik –menurut penulis– penting untuk terus disuarakan, yaitu soal bagaimana cinta sebagai modal dialog dalam menyikapi perbedaan.
Kekerasan yang masih mudah terjadi di beberapa tempat beberapa hari belakangan dengan beragam pemantik –terkhusus kepentingan politik– merupakan problem sosial akut, sekaligus menggambarkan bagaimana teologi cinta belum maksimal menjadi pandu bagi kehidupan kita.
Bagaimana bisa terjadi, hanya karena perbedaan pilihan politik, dunia maya kita masih rentan penuh dengan ujaran kebencian, yang tidak jarang menggunakan agama sebagai pembenar. Padahal pemilu sudah berakhir.
Begitulah, ketika cinta tidak lagi menjadi pandu, yang mendominasi adalah kebencian. Maka cinta layak dikembalikan menjadi paradigma hidup kita dalam proses beragama dan berbangsa. Pasalnya, cinta mengajarkan soal menghargai persamaan dan kelebihan orang lain, apapun agama, suku maupun ras. Dan tidak memperuncing perbedaan.
Bahkan cinta kepada yang lain adalah cermin cinta kepada Pembuatnya, Allah Swt. Apapun agama, suku dan ras adalah sunnahtullah, yang Allah sendiri memuliakannya sebagai sesama manusia (walaqad karramna bani Adam).
Oleh karena itu, bagaimana mungkin dialog bisa terjadi, ketika di antara kita yang berbeda masih terbersit kebencian kepada orang lain. Kalaupun akhirnya dialog, maka dialog hanya bersifat formalistik-temporal, yang pada saatnya akan runtuh setiap ada urusan perbedaan politik atau karena kesenjangan sosial yang sulit dibendung. Dengan begitu, perkataan Jalaludin al-Rumi layak direnungkan tentang cinta kaitan bagaimana menjadikannya sebagai dasar berdialog:
الحب الذي لا يهتم إلا بالجمال الجسدي ليس حبا حقيقيا
“Cinta yang hanya mementingkan fisik, bukanlah cinta hakiki”
Cinta yang menjadi modal untuk berdialog adalah cinta yang sesungguhnya, bukan cinta artifisial atau “jobone tok”. Karenanya, pendekatan budaya menjadi sangat penting dalam rangka membangun cinta yang sungguh-sungguh. Strategi kebudayaan akan melahirkan cita rasa yang khas dalam melihat orang lain, yang sulit diselesaikan dengan apik, bila hanya diselesaikan dengan pendekatan normatif.
Akhirnya, masih kita menggalang cinta atas nama kemanusiaan, sekalipun kita berbeda. Dengan begitu ke depan kehidupan kita penuh damai dan cinta sebab kita melihat orang lain sebagaimana kita melihat diri sendiri.
Jika ini terus kita lakukan maka kita ikut berkontribusi dalam mewariskan peradaban kemanusiaan kepada anak cucu kita, tanpa kebencian dan kekerasan. Cukuplah cinta sebagai jalan untuk membangun tradisi dialog lintas agama dan budaya. []