Mubadalah.id – Salah seorang tokoh jaringan KUPI, KH. Hamim Ilyas, mengenalkan konsep “tauhid rahamutiyyah” dengan kalimat kunci “Ketuhanan Yang Maha Rahman dan Rahim”.
Tauhid rahamutiyyah menjadi pelengkap dari dua konsep tauhid yang selama ini sudah berkembang, yaitu tauhid uluhiyyah (Ketuhanan Allah Yang Esa) dan tauhid rububiyyah (Ketuhanan Allah Yang Maha Penguasa dan Pemelihara).
Tauhid uluhiyyah tentang eksistensi ketuhanan, tauhid rububiyyah tentang kekuasaan-Nya, sementara tauhid rahamutiyyah tentang sifat-Nya yang utama.
Kemudian, tauhid rahamutiyyah didefinisikan Kiai Hamim sebagai berikut: “Kepercayaan bahwa Allah yang Maha Esa telah mewajibkan diri-Nya sendiri memiliki sifat dasar rahmah dalam semua kapasitas-Nya dan aktualisasi asma dan sifat-Nya.”
“Jadi, dalam tauhid itu dipercaya Allah menjadi Ilah, Rabb, dan Malik dengan semua asma dan sifat-Nya berdasarkan cinta kasih, bukan berdasarkan kebencian atau kemarahan dan kekuasaan.”
Tauhid Rahamutiyyah
Dengan tauhid rahamutiyyah, Allah SWT mencipta dan memelihara alam, mengangkat manusia sebagai khalifah-Nya di muka bumi, dan mengutus para nabi.
Dalam Surat al-Baqarah (2): 31-37, ketika Allah SWT akan memberikan mandat kekhalifahan (perwakilan) kepada manusia di muka bumi ini untuk mengurusnya, para malaikat khawatir manusia akan merusaknya dan saling membunuh satu sama lain.
Akan tetapi Allah SWT memberi bekal akal dan pengetahuan, agar manusia bisa mengendalikan diri dari merusak alam dan saling membunuh.
Sebaliknya, dengan bekal ini kita berharap, ia benar-benar bisa memakmurkan bumi dan semesta, serta memaksimalkan kebaikan kepada sesama.
Namun, dalam Surat QS. al-Ahzab (33): 72, ketika manusia menerima mandat (amanah) ini, ia tersadarkan dengan kelemahannya, dan kemungkinannya berbuat zalim (zhalum) kepada yang lain dan bodoh (jahul) kepada dirinya sendiri.
Karena itu wahyu Allah Swt turunkan kepada para nabi untuk memperkuat akal budi dan kesadaran manusia tentang mandat kekhalifahan ini. Begitu pun kebijaksanaan para wali, ulama, dan filsuf, norma-norma peradaban.
Maupun hukum-hukum formal dan konvensi-konvensi global, sejatinya hadir dan terus kita kembangkan untuk memastikan manusia tidak zalim dan bodoh. Melainkan baik dan bermanfaat bagi sesama dan semesta.
Al-Qur’an memandang makhluk-makhluk lain di semesta ini sebagai umat, sebagaimana manusia di muka bumi ini (QS. al-An’am (6): 38). []