Mubadalah.id – Kitab kuning menjadi salah satu rujukan yang para santri gunakan dalam belajar. Berbagai keilmuan diperoleh dan dipelajari dari beberapa karya yang bernama kitab kuning. Tradisi keilmuan pesantren memang sangat kuat dengan kitab kuning yang sudah eksis sejak abad 1 sampai 2 Hijriah.
Bahkan, Zamakhsyari Dhofier dalam bukunya mengatakan bahwa kitab kuning merupakan komponen penting dalam kehidupan pesantren. Banyak sekali bidang yang para santri kaji di pesantren dengan rujukan kitab kuning, sebagai karya-karya para ulama dalam berijtihad memahami agama Islam.
Lalu sebenarnya kenapa harus disebut “Kitab Kuning”? Kitab kuning kita sebut demikian karena pada era dulu hasil karya berupa tulisan ini tercetak dalam kertas berwarna kuning. Namun seiring berkembangnya waktu, banyak juga karya yang pesantren kaji kita sebut kitab kuning sudah tercetak dengan warna kertas selain kuning. Ulama yang melahirkan karya tentu kalangan berilmu yang otoritatif dalam bidang keilmuanya.
Dalam buku Martin Van Bruinessen memang memaparkan data mengenai ketidakhadiran perempuan atau kitab kuning yang bersimpati pada perempuan. kata lain, kitab kuning yang berprespektif perempuan. Bahkan, sosok perempuan penulis kitab kuning harus menanggalkan namanya, dan menggunakan nama seorang laki-laki, yakni Jamaluddin.
Mengenal Kitab Parukunan
Kitab ini adalah kitab tentang Parukunan yang berarti membahas mengenai rukun islam dan rukun iman. Hal ini dilakukan karena banyak yang tidak percaya terhadap otoritas perempuan, seolah-olah mengarang kitab adalah pekerjaan laki-laki.
Namun, asli pengarah kitab ini adalah Fatimah, seorang cucu dari ulama terkenal dari kota Banjar, Kalimantan Selatan. Fatimah adalah putri dari Syarifah (anak perempuan Syekh Arsyad) dan Abdul Wahab Bugis.
Pemaknaan bahwa menulis dan berkarya adalah pekerjaan laki-laki ini sebenarnya yang menjadi bermasalah. Anggapan bahwa perempuan adalah sosok yang tidak memiliki kompetensi. Masalah atau konflik budaya semacam ini yang seharusnya dihadapi dan dilawan. Kita perlu banyak pembuktian bahwa sebenarnya perempuan juga memiliki kompetensi yang cukup untuk melahirkan karya, seperti kitab kuning.
Hari ini kemajuan telah terlihat. Kemajuan zaman membawa beberapa perubahan pada hari. Banyak karya yang masuk dalam kategori kitab kuning atau sebagai sumber rujukan untuk dikaji para santri di pesantren. Definisi mengenai kitab kuning dalam tulisan ini memang sangat sederhana, hanya sebatas sebagai sumber yang menjadi rujukan di kalangan pesantren. Tidak mendetail hingga para karakteristik kitab kuning yang terperinci.
Kitab Kuning perspektif Perempuan
Beberapa kitab kuning yang perempuan tulis, dan di bersimpati terhadap perempuan mulai bermunculan. Namun, memang sebenarnya masih belum tampak pengarah kitab kuning dari kalangan perempuan, namun telah banyak yang berani melakukan pengkajian kepada publik terhadap kitab kuning pada kalangan perempuan.
Kitab yang simpati dengan perempuan tentu sudah banyak lahir misalnya kitab Manbaus Saadah karya Kiai Faqihuddin Abdul Kodir, dan Kitab Al Mar’ah Hadharah al Islamiyah karya Syekh Ali Jum’ah. Dua kitab ini sebenarnya bukti bahwa zaman telah membawa peradaban yang simpati terhadap perempuan. Kesempatan untuk melakukan pengkajian terhadap kehadiran perempuan dalam dunia muslim telah lahir.
Peranan atau persinggungan perempuan dengan kitab kuning semakin berkembangnya zaman juga semakin maju. Banyak tokoh perempuan yang mumpuni untuk melakukan pengajian dengan membahas suatu kitab kuning.
Keterlibatan ini selanjutnya melahirkan peluang bagi terbukanya dimensi-dimensi perspektif perempuan dalam membaca dan mengkaji kitab kuning. Dan, kesempatan untuk menjadi bagian perkembangan zaman yang mengantarkan kondisi telah memberikan ruang yang semakin baik kepada perempuan.
Semakin Terbukanya Akses bagi Perempuan
Kondisi-kondisi tersebut selanjutnya telah memberikan inspirasi kepada perempuan untuk menjadi bagian yang aktif untuk melakukan pengembangan ilmu, menciptakan karya dan menuangkan berbagai ide brilian secara lebih bebas.
Namun, nyatanya kesadaran ini belum meluas secara menyeluruh dan dikehendaki oleh berbagai pihak di lingkungan pesantren. Namun, bukan pula itu adalah pertanda bahwa keterbukaan pesantren tidak terlihat sama sekali.
Terbukanya akses perempuan dengan ilmu pengetahuan dan gencarnya kajian perempuan muslim hari ini, menjadi penyemangat, dan optimisme baru untuk meningkatkan persinggungan perempuan dan kitab kuning. Keterbatasan persinggungan perempuan dan kitab kuning yang dulu pernah tercipta, secara perlahan telah menghilang. Yakni dengan lahirnya sosok perempuan yang giat menggeluti kitab kuning. []