Senin, 15 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

    Keulamaan Perempuan pada

    Prof. Euis: Kajian Keulamaan Perempuan Tak Cukup Berhenti pada Glorifikasi

    Digital KUPI

    Ahmad Nuril Huda: Nilai Komunitas Digital KUPI Belum Menyaingi Kelompok Konservatif

    Pemulihan Ekologi

    Nissa Wargadipura Tekankan Pemulihan Ekologi Berbasis Aksi Nyata

    ulama perempuan

    Menyulam Arah Gerakan Ulama Perempuan dari Yogyakarta

    Data Pengalaman Perempuan

    Nyai Badriyah: KUPI Menegakkan Otoritas Keagamaan Berbasis Data dan Pengalaman Perempuan

    Halaqah Kubra 2025

    Halaqah Kubra 2025 Jadi Titik Konsolidasi Baru Gerakan Ulama Perempuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Disabilitas

    Disabilitas: Bukan Rentan, Tapi Direntankan

    Reboisasi Relasi

    Reboisasi Relasi: Menghijaukan Kembali Cara Kita Memandang Alam

    Bencana Alam

    Bencana Alam, Panggung Sandiwara, dan Kesadaran Masyarakat Modern

    Hak Bekerja

    Hak Bekerja: Mewujudkan Dunia Kerja yang Inklusif bagi Disabilitas

    Bencana Alam

    Al-Qur’an dan Peringatan Bencana Alam

    Berbagi

    Berbagi dalam Spiritualitas Keheningan dan Kasih

    Ekologi

    Mereka yang Menjaga Alam, Namun Menjadi Korban: Potret Perempuan di Tengah Krisis Ekologi

    Madrasah Creator KUPI

    Nanti Kita Cerita Tentang Madrasah Creator KUPI dan Halaqah Kubra KUPI

    krisis Laut

    Krisis Ekosistem Laut: Dari Terumbu Karang Rusak hingga Ancaman Mikroplastik

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

    Keulamaan Perempuan pada

    Prof. Euis: Kajian Keulamaan Perempuan Tak Cukup Berhenti pada Glorifikasi

    Digital KUPI

    Ahmad Nuril Huda: Nilai Komunitas Digital KUPI Belum Menyaingi Kelompok Konservatif

    Pemulihan Ekologi

    Nissa Wargadipura Tekankan Pemulihan Ekologi Berbasis Aksi Nyata

    ulama perempuan

    Menyulam Arah Gerakan Ulama Perempuan dari Yogyakarta

    Data Pengalaman Perempuan

    Nyai Badriyah: KUPI Menegakkan Otoritas Keagamaan Berbasis Data dan Pengalaman Perempuan

    Halaqah Kubra 2025

    Halaqah Kubra 2025 Jadi Titik Konsolidasi Baru Gerakan Ulama Perempuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Disabilitas

    Disabilitas: Bukan Rentan, Tapi Direntankan

    Reboisasi Relasi

    Reboisasi Relasi: Menghijaukan Kembali Cara Kita Memandang Alam

    Bencana Alam

    Bencana Alam, Panggung Sandiwara, dan Kesadaran Masyarakat Modern

    Hak Bekerja

    Hak Bekerja: Mewujudkan Dunia Kerja yang Inklusif bagi Disabilitas

    Bencana Alam

    Al-Qur’an dan Peringatan Bencana Alam

    Berbagi

    Berbagi dalam Spiritualitas Keheningan dan Kasih

    Ekologi

    Mereka yang Menjaga Alam, Namun Menjadi Korban: Potret Perempuan di Tengah Krisis Ekologi

    Madrasah Creator KUPI

    Nanti Kita Cerita Tentang Madrasah Creator KUPI dan Halaqah Kubra KUPI

    krisis Laut

    Krisis Ekosistem Laut: Dari Terumbu Karang Rusak hingga Ancaman Mikroplastik

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Belajar Kesetaraan Gender Dari Ahmad Syafii Maarif

Menurut Buya Syafii manusia laki-laki ataupun perempuan memiliki akses serta potensi yang sama untuk menuju keparipurnaan diri di hadapan Tuhan

Nuraini Chaniago Nuraini Chaniago
26 Oktober 2022
in Figur
0
Ahmad Syafii Maarif

Ahmad Syafii Maarif

474
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ahmad Syafii Maarif yang acapkali disapa Buya ini merupakan seorang tokoh cendikiawan Muslim Indonesia yang berasal dari Sumpur Kudus Sumatera Barat. Buya Syafii merupakan tokoh bangsa yang bergelar Bapak Moral Bangsa.

Tentu gelar tersebut tak hadir begitu saja, melainkan melalui proses yang panjang dengan berbagai karya-karya serta peranan Buya Syafii terhadap berbagai permasalahan-permasalahan bangsa ini, terutama mengenai nilai-nilai kemanusiaan yang memang menjadi konsen atas perjuangan seorang Syafii Maarif.

Sebagai Muazin Bangsa yang tak lelah menyuarakan nilai-nilai kemanusiaan di negeri yang penuh dengan berbagai kemajemukan ini, tentu banyak hal yang patut kita contoh dari sosok sepuh satu ini, mulai dari kesederhanaan laku hidupnya.

Kemudian keberaniaan diri Buya untuk mengkritik berbagai hal yang ia anggap tidak sesuai kemerdekaan diri dari apapun. Sehingga Buya menjadi tokoh yang berani mengkritik dan menerima kritik tanpa takut dimusuhi oleh pihak manapun, selagi ia dalam kebenaran. Konsistensi Buya Syafii untuk tidak terlibat dalam dunia politik telah membuat beliau menjadi sosok otentik hingga akhir hayatnya pada mei 2022 lalu.

Tokoh Bangsa

Sebagai seorang tokoh bangsa, tentu sosok Buya Syafii menjadi roh model bagi banyak kalangan. Terutama bagi generasi muda yang akan melanjutkan estapet perjuangan dalam merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini tanpa diskriminasi.

Sikap Plural Buya dalam memaknai keberagaman negeri ini telah mengantarkannya sebagai tokoh lintas agama. Ia tak hanya disenangi oleh orang-orang yang seagama. Tetapi juga dari orang-orang yang berbeda agama dengan. Karena bagi Buya persaudaraan atas kemanusiaan itu adalah paling utama.

Buya Syafii tidak pernah mendiskrimansi seseorang berdasarkan suku, agama, etnis, ataupun jenis kelamin, melainkan beliau selalu mengedepankan sikap terbuka dan lapang dada dalam merangkul berbagai perbedaan yang ada dengan menempatkan nilai-nilai kemanusiaan di atas yang lainnya.

Begitupun dengan pandangan Buya perihal kedudukan serta peranan perempuan, baik di ranah domestik maupun publik. Salah satu bukti keberpihakan Buya perihal kesetaraan gender ialah ketika beliau menolak praktik poligami yang sejak lama masyarakat Sumpur Kudus praktikkan.

Pandangan Buya Syafii tentang Kesetaraan

Bagi Buya Syafii, laki-laki ataupun perempuan memiliki kemerdekaan yang sama untuk meraih kesetaraan dengan laki-laki di ruang publik. Karena Al Qur’an mendukung penuh prinsip kesetaraan gender. Sebagaimana yang terdapat dalam surat Al-Hujurah ayat 13 yang bermakna “Bahwa sesungguhnya yang termulia di antara kamu di sisi Allah adalah kamu yang paling taqwa.”

Menurut Buya Syafii manusia laki-laki ataupun perempuan memiliki akses serta potensi yang sama untuk menuju keparipurnaan diri di hadapan Tuhan. Bagi Buya status antara manusia yang satu dengan yang lainnya tidaklah ditentukan oleh jenis kelaminnya, melainkan amal perbuatannya. Pembelaan Buya Syafii terhadap perempuan bukan serta merta pembelaan kepada jenis kelamin, melainkan pembelaan kepada perempuan sebagai manusia juga hamba Tuhan.

Di samping itu, pembelaan Buya Syafii terhadap perempuan juga sebagai kelompok rentan. Di mana mereka harus melalui berbagai pengalaman biologis yang khas. Yang tentu tidak kaum laki-laki alami. Serta sebagai pembelaan yang telah memposisikan perempuan menjadi terdiskriminasi oleh kultur patriarkis. Serta berbagai kekerasan berbasis gender yang dilayangkan kepada kaum perempuan. Sehingga memang menjadi lebih rentan sebagai korban.

Islam Berpihak pada Keadilan

Bagi Buya Islam ialah sebagai mata air yang senantiasa berpihak kepada rasa adil. Begitupun terhadap kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan. Tak hanya sekadar teori, Buya Syafii senantiasa mempraktikannya dalam laku kesehariannya. Bagaimana laki-laki dan perempuan harus dipenuhi dengan rasa kesalingan dalam berbagai hal.

Misalkan dalam ranah privat, Buya selalu mengejahwantahkan prinsip kesetaraan tersebut dengan saling berbagi peran dengan sang istri. Walaupun Buya merupakan seorang tokoh terkemuka di Indonesia, beliau tak segan untuk membantu istrinya dalam ranah-ranah privat. Seperti; memasak sendiri masakan kesukaan beliau, membantu istri belanja ke pasar dengan  mengayuh sepeda, menjemur pakaian dan kerja-kerja domestik lainnya yang Buya lakukan dengan rasa ikhlas.

Masih banyak lagi tentunya bentuk-bentuk keberpihakan Buya Syafii terhadap kesetaraan laki-laki dan perempuan yang selalu beliau cerminkan dalam tindakan kesehariannya. Bahkan di awal jabatan Buya sebagai pimpinan Pusat Muhammdiyah. Buya juga mencoba untuk melibatkan perempuan dalam system kepemimpinan perempuan di tubuh Muhammdiyah. Walaupun pada akhirnya usaha Buya tersebut belumlah membuahkan hasil yang ideal secara praktiknya.

Sebagai generasi muda, semoga kita bisa menjadikan Buya sebagai teladan untuk memposisikan semua orang dengan layak dan manusiawi. Jika ada kebijakan-kebijakan ataupun penafsiran-penafsiran perihal kedudukan perempuan yang tidak adil. Maka sudah semestinya menjadi tugas kita bersama untuk meninjau ulang semua kebijakan tersebut. Agar melahirkan kemaslahatan dan kemanusiaan, termasuk nilai-nilai kemanusiaan yang memanusiakan perempuan. []

Tags: Buya Syafi'i Ma'arifGenderkeadilanKesetaraanTokoh Muhammadiyah
Nuraini Chaniago

Nuraini Chaniago

Writer/Duta Damai Sumatera Barat

Terkait Posts

Disabilitas
Publik

Disabilitas: Bukan Rentan, Tapi Direntankan

15 Desember 2025
Memaknai Hijab
Khazanah

Memaknai Hijab dan Kebebasan Perempuan dalam Novel Ratu yang Bersujud

12 Desember 2025
Haramain
Publik

Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

11 Desember 2025
Film Pangku
Film

Film Pangku: Tak Sebandingnya Hak Perempuan dengan Beban yang Ditanggung

26 November 2025
Juru Bicara Disabilitas
Publik

Pentingnya Juru Bicara Disabilitas Berperspektif Gender

25 November 2025
Maskulin Toksik
Personal

Maskulin Toksik: Menanam Kesetaraan Gender Melalui Budaya Dominan

4 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Reboisasi Relasi: Menghijaukan Kembali Cara Kita Memandang Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Krisis Ekosistem Laut: Dari Terumbu Karang Rusak hingga Ancaman Mikroplastik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kitab Iqdulul: Sayyidah Fatimah Teladan Bagi Ibu dan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Disabilitas: Bukan Rentan, Tapi Direntankan
  • Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa
  • GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan
  • Reboisasi Relasi: Menghijaukan Kembali Cara Kita Memandang Alam
  • Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID