Rabu, 22 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas

    Ulama Perempuan Disabilitas

    Nyai Hj. Badriyah Fayumi: Ulama Perempuan Harus Menjadi Pelopor Keulamaan Inklusif dan Ramah Disabilitas

    Hak-hak Disabilitas

    UIN SSC Gelar Konferensi Nasional KUPI untuk Memperkuat Peran Keulamaan bagi Hak-hak Disabilitas

    Disabilitas

    PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    Isu Disabilitas

    Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Moral Solidarity

    Makna Relasi Afektif di Pesantren: Collective Pride dan Moral Solidarity Santri

    Periwayatan Hadis

    Difabel dalam Periwayatan Hadis : Melihat Islam Inklusif di Zaman Nabi

    Hak-hak Disabilitas

    UIN SSC Gelar Konferensi Nasional KUPI untuk Memperkuat Peran Keulamaan bagi Hak-hak Disabilitas

    Kekerasan di Sekolah

    Kekerasan di Sekolah, Kekacauan di Media: Saatnya Membaca dengan Bijak

    Kekerasan Seksual

    Mengapa Kita Tidak Boleh Melupakan Kasus Kekerasan Seksual?

    Ekofeminisme di Indonesia

    Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi

    Trans7

    Merespon Trans7 dengan Elegan

    Banjir informasi

    Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri: Memoar Santri Putri “Nyantri” di California

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas

    Ulama Perempuan Disabilitas

    Nyai Hj. Badriyah Fayumi: Ulama Perempuan Harus Menjadi Pelopor Keulamaan Inklusif dan Ramah Disabilitas

    Hak-hak Disabilitas

    UIN SSC Gelar Konferensi Nasional KUPI untuk Memperkuat Peran Keulamaan bagi Hak-hak Disabilitas

    Disabilitas

    PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    Isu Disabilitas

    Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Moral Solidarity

    Makna Relasi Afektif di Pesantren: Collective Pride dan Moral Solidarity Santri

    Periwayatan Hadis

    Difabel dalam Periwayatan Hadis : Melihat Islam Inklusif di Zaman Nabi

    Hak-hak Disabilitas

    UIN SSC Gelar Konferensi Nasional KUPI untuk Memperkuat Peran Keulamaan bagi Hak-hak Disabilitas

    Kekerasan di Sekolah

    Kekerasan di Sekolah, Kekacauan di Media: Saatnya Membaca dengan Bijak

    Kekerasan Seksual

    Mengapa Kita Tidak Boleh Melupakan Kasus Kekerasan Seksual?

    Ekofeminisme di Indonesia

    Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi

    Trans7

    Merespon Trans7 dengan Elegan

    Banjir informasi

    Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri: Memoar Santri Putri “Nyantri” di California

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Belajar Toleran dari Kasepuhan Ciptagelar

Hasna Azmi Fadhilah Hasna Azmi Fadhilah
20 Desember 2022
in Pernak-pernik, Personal, Publik
0
Belajar Toleran dari Kasepuhan Ciptagelar
186
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

“Mbak betulan mau ke Ciptagelar?” tanya seorang kolega senior yang seakan tidak percaya ketika saya mengutarakan niat perjalanan saya.

“Iya, Bu. Sudah saya kontak perwakilan dari adatnya,” ujar saya yakin.

“Ya sudah. Pokoknya hati-hati saja, medannya menantang mbak. Siap-siap ya!”

Nada peringatan dari wanita paruh baya tersebut saya jawab sambil mengangguk-angguk kepala. Memang seberapa berat sih medannya? Tanya saya dalam hati. Toh, saya pernah beberapa kali naik gunung. Dan Halimun sejatinya tidak akan jauh berbeda, pikir saya enteng. Saking santainya, menjelang traveling ke sana, saya bahkan tidak membawa jaket tebal barang satu pun. Betul-betul nekat.

Perjalanan dari terminal Sukabumi ke Kasepuhan Ciptagelar sebenarnya hanya memakan waktu sekitar tiga jam tergantung kondisi jalan dengan ojek motor, namun ketika saya sampai disana hujan gerimis sempat menyapa sejenak, dan hal ini membuat pengemudi ojek yang saya tumpangi menjadi super hati-hati.

Selain itu, akses jalan yang kami lalui betul-betul terjal, terdiri dari batu-batu alam besar dan tanah liat coklat basah karena musim penghujan yang mulai datang, memang agak menyulitkan motor untuk bergerak cepat. Dan seperti yang sudah diwanti-wanti, kondisi jalan menanjak kesana membuat saya tak berhenti berdzikir mengingat kematian, bagaimana tidak kondisi jalan yang tak mulus memaksa motor berada hanya satu dua senti dari bibir jurang!

Sore menjelang Ashar, tibalah saya di kampung Ciptagelar. Oh ya, masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar di sini sebenarnya masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Suku Baduy, bedanya masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar jauh lebih terbuka terhadap perkembangan teknologi dan media sosial. Hal ini dapat dilihat dari adanya fasilitas internet dan TV di beberapa rumah penduduk. Bahkan pihak Kasepuhan Ciptagelar sudah memiliki website dan channel TV pribadi untuk ‘menggelarkan’ atau mempromosikan nilai-nilai dan budaya adat mereka. Beberapa rumah di sana memiliki banyak buku dan catatan peninggalan dari generasi sebelumnya.

Menariknya, keterbukaan mereka juga merambah pada aspek pelayanan tamu. Ketika berkunjung ke sana, saya betul-betul dijamu layaknya saudara sendiri. Bukan hanya diajak berdiskusi di depan perapian hangat dengan segelas kopi dan jajanan ringan, tapi juga disediakan kamar untuk menginap selama di sana, gratis!

Nilai-Nilai Masyarakat Kasepuhan Ciptagelar

Selain suasana kekeluargaan yang dihadirkan oleh pihak kasepuhan, hal yang membuat saya iri adalah tata krama masyarakat di sini. Dengan tingkat pendapatan yang tidak setinggi masyarakat kota, justru tingkat kriminalitas di Kasepuhan Ciptagelar ini malah NOL persen. Kaget? Saya juga!

Ketika saya tanya apa kunci masyarakat disini bisa hidup begitu nyaman dan damai? Meski jika dilihat secara kasat mata, hidup mereka sangatlah sederhana. Perlu dicatat, padi yang mereka tanam dilarang untuk dijual sehingga mereka hanya mengandalkan hasil berkebun, berternak, berdagang, dan mata pencaharian lain. Juru bicara kasepuhan menjawab enteng, mereka percaya apa yang mereka lakukan itulah yang akan mereka tuai.

Lebih lanjut, laki-laki yang pernah tinggal di Kanada dan Amerika tersebut, memberikan contoh aneh tapi nyata dari lumbung padi mereka. Di sini, warga percaya bahwa padi adalah sumber kehidupan karena makanan pokok mereka berasal dari padi. Nah, tiap tahun katakanlah mereka mereka hanya panen 12 ikat besar dengan hitungan 1 ikat habis untuk satu bulan bagi satu keluarga dan juga tamu atau pengunjung yang mampir dan menginap di kasepuhan.

Kalau dihitung secara matematika dunia, tentu di penghujung tahun mereka akan kehabisan padi yang mereka punyai, namun hal itu ternyata tidak berlaku. Justru ketika semakin banyak tamu yang mereka jamu, beras yang mereka punyai tidak kunjung habis hingga akhir tahun. Mendengar cerita tersebut, saya mengangguk-angguk percaya sambil menimpali, “saya juga yakin Pak. Rejeki tidak pernah tertukar dan selalu ada saja ketika kita banyak memberi.”

Hal lain yang membuat saya terkagum-kagum akan nilai-nilai dan budaya yang dianut oleh Kasepuhan Ciptagelar adalah bagaimana mereka memperlakukan sesama. Masyarakat adat di sini terkenal akan keluhuran budi dan tata kramanya. Mereka sendiri mengaku meski berbeda-beda keyakinan/kepercayaan/agama, fondasi ketuhanan tersebut mereka jadikan ‘ageman’ atau arti harfiahnya adalah pakaian.

Pakaian sejatinya dimaknai sebagai pelindung tubuh, cerminan diri ini harusnya direfleksikan secara nyata dalam perilaku mereka sehari-hari. Tidak hanya memaknai agama secara nyata, warga kasepuhan juga menjiwai makna ‘kasepuhan’ itu sendiri. Apa artinya? Kasepuhan yang diambil dari kata dasar ‘sepuh’ atau ‘orangtua’, dicitrakan sebagai orang yang sudah banyak menimba asam garam kehidupan.

Tentu dengan memiliki pikiran dan wawasan yang luas, karena sudut pandang inilah mereka ketika dihadapkan pada suatu masalah cenderung tidak emosional, bersikap arif, dan selalu berjiwa pamong/mengasuh. Dengan kombinasi aspek-aspek tadi, tak salah rasanya masyarakat Kasepuhan Ciptagelar dapat hidup tentram di Kawasan Gunung Halimun, Sukabumi.

Perempuan yang Berdaya di Kasepuhan Ciptagelar

Dan satu lagi, perempuan di sana sangatlah berdaya. Meski sebagian besar mereka tidak menempuh sekolah formal, mereka tetap belajar kemampuan praktis, seperti bertani, public speaking, dan lain-lain. Sederhananya, mereka mempelajari ilmu-ilmu untuk bertahan hidup dengan menghargai prinsip-prinsip kelestarian lingkungan.

Selama di sana, para ibu dan anak-anak gadis sibuk memelihara tanaman herbal, mengolah makanan hingga melakukan kerajinan tangan. Semuanya tampak gembira dan tak pernah mengeluh. Mereka bahkan selalu terbuka dengan pengunjung yang datang, dengan catatan tamu-tamu tersebut menghargai nilai-nilai dan tata budaya yang berlaku di Ciptagelar.

Di tengah hiruk pikuk masyarakat urban yang kian hari makin doyan ngobrol politik sambil adu domba, berkunjung ke Kasepuhan Ciptagelar memberikan saya pencerahan bahwa menjadi toleran, bersikap bijaksana adalah sebuah sikap yang perlu dibudayakan, digelar dan tidak melulu harus menunggu seseorang untuk mengecap pendidikan formal yang tinggi, toh gelar doktor atau professor sekalipun tidak menjamin kita berbudi luhur.

Kuncinya hanya menerapkan nilai-nilai agama serta menjiwai diri dengan karakter ‘sepuh’ yang mana tidak mempermasalahkan hal-hal sepele, memberdayakan perempuan dan generasi muda, menghargai perbedaan, serta menjaga perilaku serta ucapan. []

Tags: BerdayaKampung BudayaKasepuhan Ciptagelar
Hasna Azmi Fadhilah

Hasna Azmi Fadhilah

Belajar dan mengajar tentang politik dan isu-isu perempuan

Terkait Posts

Pendidikan yang Mensejahterakan
Personal

Pendidikan Yang Mensejahterakan Manusia

21 Juni 2024
Perempuan Berkualitas
Personal

Menjadi Perempuan Berkualitas Dalam Pandangan Islam

31 Mei 2024
difabel berdaya
Publik

Difabel: Berdaya atau Diperdayakan?

21 Februari 2024
Waithood
Personal

Setuju dengan Waithood: Mendukung Perempuan Mapan dan Berdaya

13 Desember 2023
Koperasi Pesantren
Personal

Koperasi Pesantren: Melatih Para Santri untuk Berdaya secara Ekonomi

30 Oktober 2023
Nyai Ontosoroh
Buku

Nyai Ontosoroh: Potret Perempuan Berdaya dalam Novel Bumi Manusia

18 Agustus 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Hak-hak Disabilitas

    UIN SSC Gelar Konferensi Nasional KUPI untuk Memperkuat Peran Keulamaan bagi Hak-hak Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Difabel dalam Periwayatan Hadis : Melihat Islam Inklusif di Zaman Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Relasi Afektif di Pesantren: Collective Pride dan Moral Solidarity Santri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Makna Relasi Afektif di Pesantren: Collective Pride dan Moral Solidarity Santri
  • Difabel dalam Periwayatan Hadis : Melihat Islam Inklusif di Zaman Nabi
  • Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas
  • Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga
  • Nyai Hj. Badriyah Fayumi: Ulama Perempuan Harus Menjadi Pelopor Keulamaan Inklusif dan Ramah Disabilitas

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID