Minggu, 7 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Kerusakan Ekologi

    Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    Energi Bersih

    Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    Kerusakan Hutan Aceh

    Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    Kekerasan Perempuan

    16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

    Muliakan Perempuan

    Kampanye 16 HAKTP dengan Mengingat Pesan Nabi Saw: Muliakan Perempuan, Hentikan Kekerasan

    16 HAKTP di

    Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan

    Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Perkuat Kampanye 16 HAKTP di Majalengka

    META Indonesia

    Pelatihan Digital Literasi bersama META Indonesia agar Aman Berekspresi di Media Sosial

    Transisi Energi

    Gerakan 16 HAKTP: Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Menguatkan Transisi Energi Berkeadilan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Ekoteologi Islam

    Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

    Suara Korban

    Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’

    Hukum Perkawinan Beda Agama

    Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    Seyyed Hossein Nasr

    Jejak Islam Wasathiyah dan Kearifan Seyyed Hossein Nasr di Amerika

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Keadilan Tuhan bagi Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Beban yang Tak Setara

    16 HAKTP

    16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

    Hutan Indonesia

    Ekosida: Jejak Kejahatan terhadap Hutan Indonesia

    Citizen Journalism

    Citizen Journalism Berbeda dengan Ummu Jamil

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Buku Nalar Kritis Muslimah: Pentingnya Berpihak pada Perempuan Korban Kekerasan Seksual

Dalam buku Nalar Kritis Muslimah, saya menemukan banyak perspektif baru tentang isu-isu kemanusiaan, Islam yang ramah dan isu-isu yang berkaitan dengan pengalaman perempuan.

Salma Nabila Salma Nabila
30 Oktober 2023
in Buku
0
Nalar Kritis Muslimah

Nalar Kritis Muslimah

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Judul buku : Nalar Kritis Muslimah
Penulis : Dr. Nur Rofiah, bil. Uzm.
Jumlah halaman : 225 hlm; 14×20,5 cm.
Penerbit : Afkaruna. I’d
ISBN : 9786239063290

Mubadalah.id – Beberapa minggu kemarin aku menemukan buku bagus di perpustakaan Institut Studi islam Fahmina. Buku itu berjudul Nalar Kritis Muslimah. Sebuah buku bagus hasil karya Dr. Nur Rofiah.

Dalam beberapa tulisan yang saya baca Dr. Nur Rofiah merupakan salah satu ulama perempuan Indonesia yang getol menyuarakan isu-isu perempuan dalam Islam. Bahkan saat ini beliau juga aktif mengelola kegiatan ngajinya yang bernama Ngaji Keadilan Gender Islam (KGI).

Dalam buku Nalar Kritis Muslimah, saya menemukan banyak perspektif baru tentang isu-isu kemanusiaan, Islam yang ramah dan isu-isu yang berkaitan dengan pengalaman perempuan. Salah satu tema yang bikin aku ingat terus soal perspektif perempuan korban kekerasan.

Kita pasti sudah enggak aneh lagi ya bahwa sampai saat ini perempuan selalu menjadi makhluk yang rentan mendapatkan kekerasan. Entah itu kekerasan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan berbasis gender online dan yang lainnya.

Catahu Komnas Perempuan Tahun 2022

Seperti yang disampaikan oleh Komnas Perempuan dalam Catatan Tahunan menyebutkan bahwa selama tahun 2022 ada hampir 457.895 perempuan yang mengalami kekerasan. Tentu saja data ini hanya sebagian saja, karena ada banyak perempuan yang memilih untuk tidak melaporkan kasusnya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi korban untuk tidak melaporkan kasusnya ialah karena korban merasa takut. Takut dianggap sebagai aib, takut mendapatkan stigma buruk dan disudutkan. Itulah mengapa menurut Dr. Nur Rofiah kita perlu banget punya perspektif yang berpihak pada korban kekerasan.

Hal ini jelas beliau sampaikan dalam buku Nalar Kritis Muslimah bahwa kita harus selalu berpihak pada korban kekerasan. Sebab orang yang mendapatkan pelecehan atau kekerasan seksual itu kerap mendapat perlakuan yang buruk dari masyarakat, budaya menyalahkan korban serta berbagai stigma sosial yang membuat para korban sulit untuk bangkit dari rasa terpuruknya.

Dampak Kekerasan Seksual

Di sisi lain, korban kekerasan seksual juga mengalami dampak yang sangat buruk. Baik secara fisik maupun psikis. Bagi fisik dampak itu meliputi kesehatan fisik yang buruk (drop), tertular HIV, penyakit kronis, dll. Sementara secara psikis, korban akan mengalami gangguan jiwa, diasosiasi, menyakiti diri sendiri, stress dan yang lebih buruk lagi menjadi depresi, sehingga memungkinkan korban melakukan perbuatan di luar nalar, yaitu bunuh diri.

Sementara itu, sebagian masyarakat justru seringkali abai pada kondisi korban tersebut, dan memilih untuk mengambil jalan yang justru menambah beban para korban. Jalan tersebut ialah mengawinkan korban dengan pelaku.

Hal ini dilakukan ketika korban mengalami perkosaan dan mengalami kehamilan yang tidak dikendaki. Sebagai bentuk penyelesaian, masyarakat biasanya akan memilih untuk menikahkan korban dengan pelaku.

Sehingga alih-alih mendapatkan keadilan dan pemulihan, korban malah akan merasakan beban yang berlapis.
Bagaimana tidak, dia sudah menjadi korban perkosaan, lalu dia dipaksa untuk hidup bersama dengan pelaku yang tentu saja dia benci dan dalam waktu bersamaan harus mengandung dan melahirkan anak yang sama-sama tidak ia kehendaki.

Sejalan dengan itu, dalam kaidah fiqh hal tersebut tidak bisa dibenarkan, sebab seperti dalam kaidah fiqh qawaid fikhiyah dinjelaskan bahwa الضرر لا يجال بالضرر (kemadharatan tidak bisa dihilangkan dengan sebuah kemadharatan). Perempuan yang diperkosa adalah dharar baginya dan tidak bisa dihilangkan dengan sesuatu dharar lagi yaitu menikahkan dengan pelaku perkosaan.

Karena tujuan dari pernikahan adalah sakinah mawaddah warahmah, yaitu menciptakan kehidupan yang tentram, penuh cinta kasih dan sayang. Tentu saja hal ini tidak dapat tercapai jika salah satu pihak merasa terpaksa dan tertekan selama menjalani pernikahan tersebut. Alih-alih merasa tentram, korban malah akan semakin depresi dan merasa terancam.

Dengan begitu, menikahkan korban kekerasan seksual dengan pelaku bukan solusi, tapi justru termasuk pada jenis kekerasan yang baru. Karena bisa jadi setelah menikah, pelaku justru melakukan kekerasan yang lebih pada korban.

4 Cara Berpihak pada Korban Kekerasan

Masih dalam buku yang sama Dr. Nur Rofiah mengajak kita untuk berpihak pada korban kekerasan seksual. Hal ini bisa kita mulai dengan melakukan empat cara.

Pertama, mendengarkan suara korban. Hindari asumsi, juga pra-asumsi negatif pada perempuan. Kedua, melindungi korban dengan membentuk keadilan korban kekerasan.

Ketiga, mewaspadai tafsir bias gender yang ada. Dr. Nur Rofiah meyakini bahwa al-Qur’an merupakan kitab suci yang adil. Sehingga harus dimaknai dan ditafsirkan dengan cara yang adil.

Keempat, mewaspadai tradisi bias gender. Ada banyak tradisi yang semakin melanggengkan bias gender, sehingga kekerasan terhadap perempuan terus terjadi sampai saat ini. Dengan begitu Dr. Nur Rofiah mengajak kita untuk berpikir kritis terhadap tradisi yang ada di lingkungan kita.

Nalar Kritis Muslimah di Mata Aku

Selama membaca buku ini, aku sangat senang. Sebab seperti menemukan air segar di tengah rasa dahaga. Selama ini sebagai perempuan, aku seringkali melihat berbagai bentuk ketidakadilan terhadap perempuan.

Semua itu terjadi karena ia terlahir sebagai perempuan. Padahal setiap manusia enggak bisa memilih apakah ia akan lahir sebagai perempuan atau laki-laki.

Allah dengan segala kekuasaannya menjadikan kita sebagai perempuan dan laki-laki. Dan tentu saja sebagai Tuhan yang Maha Adil, Allah tidak mungkin menciptakan perempuan sebagai manusia kelas dua yang berhak untuk diperlakukan dengan tidak adil.

Justru sebaliknya seperti yang disampaikan Dr. Nur Rofiah Allah melalui firman-firmannya hendak menyampaikan bahwa laki-laki dan perempuan adalah sama-sama diciptakan sebagai khalifah fil ardh. Keduanya harus sama-sama mendapatkan kebaikan dan dijauhkan dari keburukan, dalam hal ini kekerasan seksual. []

Tags: BerpihakbukukekerasankorbanNalar Kritis Muslimahperempuanseksual
Salma Nabila

Salma Nabila

Saya adalah Mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon.

Terkait Posts

Kekerasan Perempuan
Aktual

16 HAKTP di Majalengka: Membaca Ulang Akar Kekerasan terhadap Perempuan dari Ruang Domestik dan Publik

6 Desember 2025
16 HAKTP
Publik

16 HAKTP di Tengah Bencana: Perempuan dan Anak Jadi Korban Ganda Kerusakan Alam

5 Desember 2025
16 HAKTP di
Aktual

Fitri Nurajizah di 16 HAKTP: Kekerasan terhadap Perempuan adalah Pelanggaran Martabat Kemanusiaan

6 Desember 2025
Pengalaman Biologis
Personal

Melihat Perempuan dengan Utuh: Tubuh, Pengalaman Biologis, dan Kesetaraan yang Lebih Manusiawi

3 Desember 2025
Kekerasan Perempuan
Keluarga

Al-Qur’an: Membela Perempuan dan Menolak Kekerasan

2 Desember 2025
Harta Perempuan
Keluarga

Ketika Perempuan Meluruskan Pemahaman Umar bin Khattab tentang Hak Harta

2 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Namaku Alam

    Derita Kolektif Perempuan dalam Novel Namaku Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen
  • Ini Pola, Bukan Bencana: WALHI Ungkap Akar Kerusakan Ekologi Aceh dan Sumatera
  • Ketika Suara Korban Terkubur oleh Kata ‘Asusila’
  • Dakwah Energi Bersih Umi Hanisah: Perlawanan dari Dayah di Tengah Kerusakan Ekologis Aceh Barat
  • Kesaksian Umi Hanisah atas Kerusakan Hutan Aceh dalam Tadarus Subuh

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID