Untuk menjustifikasi (membenarkan) tindakan domestifikasi perempuan ini dipergunakan penggalan ayat al-Qur’an, seperti yang tertera dalam QS. al-Ahzab (33): 33
Mubadalah.id – Sekali pun profesi PRT bisa dikerjakan oleh laki-laki ataupun perempuan, namun kenyataannya profesi ini identik milik perempuan. Mengapa? Jawabnya bisa sangat kompleks.
Jawaban paling umum yang bisa diajukan adalah perempuan dianggap sebagai entitas paling layak untuk bekerja pada ruang domestik, sedangkan laki-laki merupakan entitas yang memang seharusnya bekerja pada kehidupan di luar rumah, publik, dan politik.
Pembagian kerja seperti ini terkait dengan sejumlah asumsi dan terkonstruksi sebagai norma yang baku. Seperti, misalnya, anggapan bahwa perempuan merupakan makhluk yang lemah dan bodoh.
Karenanya, sangatlah masuk akal dan adil jika perempuan mereka beri pekerjaan ringan yang tidak memerlukan kecerdasan otak. Pekerjaan domestik mereka anggap pekerjaan yang relatif lebih ringan daripada kerja publik dan politik.
Karena itulah maka, menurut pandangan ini PRT memang sudah menjadi kodrat bagi ruang kerja perempuan dan bukan bagi laki-laki.
Dalam konteks lain, keberadaan perempuan di ruang domestik adalah norma agama dan budaya. Fungsi perempuan hanya mereka anggap sebagai ibu rumah tangga yang harus mengurus anak dan melayani suami. Kodrat perempuan tidak lebih hanya meliputi “dapur-sumur-kasur”.
Kehadiran perempuan di ruang publik juga kerap mereka kaitkan dengan pemahaman keagamaan yang melarang aktifitas perempuan. Perempuan di ruang publik mereka anggap dapat menimbulkan masalah sosial yang serius dan menimbulkan ”fitnah”.
Untuk menjustifikasi (membenarkan) tindakan domestifikasi perempuan ini menggunakan penggalan ayat al-Qur’an, seperti yang tertera dalam QS. al-Ahzab (33): 33. Sayangnya, kutipan ayat maupun hadis kerap tidak ia lakukan secara kontekstual dan kompreherensif sehingga menimbulkan pemahaman yang keliru.
Sungguh tidak dapat dimengerti, meski konon secara norma agama dan budaya perempuan harus selalu berada di rumah dan tidak diperkenankan pergi jauh meninggalkan keluarga.
Namun realitas telah memperlihatkan betapa banyak perempuan yang rela atau terkadang mendapat paksaan dari keluarganya. Termasuk suami untuk bekerja ke luar negeri dengan iringan doa berikut risiko yang amat berat. Bukankah ini merupakan realitas pandangan yang ambigu? []