Mubadalah.id – Saya termasuk orang yang berkembang dari seorang anak menjadi manusia dewasa, dan kita semua juga sama. Menikmati proses perkembangan secara normal dari orok, jadi bernyawa, terus lahir dan akhirnya semakin besar.
Sebagai manusia dengan momen menyenangkan saat anak-anak dulu, jelas memori atas kenangan yang demikian juga sangat banyak. Saya tidak langsung saat anak-anak dulu menjadi agent of change atas berkembangnya komik Jepang, Manga serta serial kartun made in Japan yang seringkali kita lihat setiap hari Minggu, meskipun lewat jendela salah satu tetangga terkaya di daerah saya, karena tidak memiliki uang buat bayar. Yang bayar, jelas masuk ke dalam rumah, menikmati film kartun dengan nyaman, juga diberikan kipas angin besar yang anginnya bisa membuat hilang kutu di rambut terbang ke kepala tetangga, saking kencangnya.
Selama menjadi agent of change itu, apa ya yang dirasa? Saya merasa apapun buatan mereka adalah The Best. Mungkin itu pula yang membuat kecenderungan diri sendiri hingga seusia tua ini pasti memilih peralatan rumah tangga yang cenderung bermerk dari negeri matahari terbit itu. Ada yang samaan? Berarti kita pernah jadi agen ‘pemasaran’ mereka secara tidak sengaja.
Pintarnya mereka membuat target market anak-anak. Mereka berlomba-lomba menciptakan manga, komik dan produk film kartun mereka agar lebih jaya lagi dan lagi. Hanya saja, dulu kami juga tidak lupa bermain di luar ruangan dengan beraneka ragam permainan tradisional. Maklum, zaman itu belum serba ada seperti sekarang.
Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa cara penanaman kecintaan kepada sesuatu itu juga dipakai oleh para Wali Songo zaman dulu. Mereka menciptakan tembang dan dolanan anak-anak bernapaskan agama karena menyadari bahwa anak-anak adalah generasi penerus mereka kelak, bahwa anak-anak itu agent of change yang akan meneruskan misi mereka dari mulut ke mulut.
Sunan Giri, contohnya. Beliau membidik anak-anak sebagai kelanjutan dari generasi mendatang yang bisa melaksanakan kegiatan keagamaan di masa yang akan datang. Jika mereka dicekoki oleh pemahaman berisi hal-hal klenik maka, akan menjadi manusia yang apriori terhadap agama.
Sebaliknya, jika sudah dikenalkan pelan-pelan maka, anak-anak kelak akan tahu bahwa agama adalah sumber kebahagiaan, harus diraih dengan penuh kebahagiaan karena apa artinya agama kalau pemeluknya tidak bahagia. Dan itu, oleh Sunan Giri dibaca dengan tepat dan cermat.
Permainan itu diajarkan dengan penuh kebahagiaan, selepas bermain Sunan Giri akan memberikan wejangan sesuai pembelajaran agama dasar tentang iman kepada Tuhan Allah dan juga semua nabi-Nya. Anak-anak menyukai permainan bikinan Sunan Giri tadi, dan Sunan Giri melakukan metode dakwahnya dengan tanpa mencolok tetapi memberi kesan yang mendalam.
Adapun maksud cublak-cublak Suweng itu adalah penanaman nasehat moral bahwa manusia tidak boleh mengejar sesuatu hingga terbawa nafsu, harus baik kepada alam, jangan rakus, untuk menjadi bermanfaat harus mengosongkan nurani dari segala ambisi dunia. Lebih dari itu, kebahagiaan yang dicapai dalam hidup maka dia lah yang menang dalam kehidupan ini.
Semua makna yang terkandung dalam permainan cublak cublak suweng ini menunjukkan benar tidaknya cara kita dalam hidup, selain itu, jangan hanya karena fokus kepada dunia jadi lupa akhirat.
Apakah makna ini merasuk ke dalam hati anak-anak? Kenyataannya permainan penuh kebahagiaan ini akan menjadi fase mereka menuju dewasa, ketika fase lebih naik lagi maka mereka akan mulai mencerna kenangan mereka dan mulai mencari makna permainan cublak cublak suweng yang diajarkan. Sehingga, mereka akan memulai semuanya lagi dengan proses berpikir dan menuju kepada kebaikan yang lebih hakiki.
Metode dakwah seperti ini ternyata paling ciamik. Karena permainan itu berpengaruh pada psikologis anak-anak dan bisa membentuk karakternya.
Membaca kasih sayang para wali zaman dulu ini membuat kita merefleksikan diri tentang permainan apa yang cocok disajikan kepada anak-anak milenial zaman sekarang. Saat mereka lebih akrab dengan mobile legend, fire fyer, serta masih banyak permainan ‘kasar’ lainnya yang lebih parah yang kalau tidak didampingi, tidak diarahkan maka akan menjadi blunder di masa depan.
Apakah tidak ada permainan yang bagus buat anak-anak kita warisan Nusantara? Jawabnya, banyak. Hanya saja banyak yang sudah tidak tertarik dan jumlah yang tertarik jauh lebih sedikit daripada yang tidak suka. Apa sebenarnya yang salah? Tetap harus ada penelitian lebih lanjut, tidak bisa semata menyalahkan gadget, mungkin kita sebagai orang tua juga sudah terlalu lelah untuk mengarahkan, lebih sibuk dengan dunia orang dewasa. Wallahu A’lam.
Allahumma Sallimna ya Allah, selamatkan anak-anak kita dari dampak negatif era digital pada generasi milenial. Mereka memang berhak mendapatkan kebahagiaan dari arah manapun dengan cara apapun, tetapi tetap harus disisipkan pendidikan moral kepada mereka.
Miris rasanya jika mereka justru lebih fasih mengucap ‘cuk’, ‘njir’, ‘anjay’, ‘njing’ atau kata kotor lainnya yang diambil dari pergaulan mereka dalam menikmati hak bermain bersama temannya, dan mulai lupa cara mengucapkan ‘nuwun sewu’, ‘maaf’, ‘permisi’, salam dan lainnya karena permainan di sekitar mereka memang sudah lose control, hanya berfokus pada profit top up tapi penuh dengan konten kekerasan.
Coba tengok kanan kiri kita, jika sekecil mereka sudah mengatakan “Dunia ini keras, Lur.” Maka, fiks anak-anak kita sekarang sudah dewasa sebelum waktunya, latah, dan terbawa arus trend semata. Namun, kita juga patut bersyukur jikalau masih ada anak-anak berprestasi yang memiliki akhlak yang baik di antara yang sudah bikin cemas seperti tadi.
Allahumma Sallimna ya Allah, Sallimna Ya Rabbi, Sallimna ya Rabbal Alamin. Selamat menyongsong hari anak nasional 2021. Semoga generasi milenial anak-anak kita ini bisa semakin unggul dalam iman, islam, takwa dan juga dalam segala karya serta tetap mengedepankan akhlak yang mulia. Amin.
Lirik lagu Cublak-Cublak Suweng
Cublak-cublak Suweng
Suwenge ting gelenter
Mambu ketundhung gudel
Pak empong lera lere
Sapa ngguyu ndeliake
Sir sir pong dhele kopong
Sir sir pong dhele kopong. []