Mubadalah.id – Beberapa waktu lalu GNH sebutan singkatan populer dari Gus Nadirsyah Hosen membagikan #khasanahGNH dalam komunitas santri Gus Nadirsyah Hosen pada status media sosial Facebook pribadinya. Ia menjelaskan tentang soal keimanan, ‘Mengapa dalam Al-Qur’an, laki-laki dijanjikan bidadari di surga, namun di dalamnya tidak dijanjikan ‘bidadara’ bagi perempuan’.
Rasanya tidak adil kalau para laki-laki dijanjikan mendapat bidadari di surga, sementara al-Qur’an diam saja soal bidadara untuk kalangan perempuan. Begitu pertanyaan yang pernah dilontarkan kepada GNH, bagian dari keimanan dan keresahan perempuan yang merasa keberadaanya tidak disinggung dalam al-Qur’an terkait hal tersebut.
Dalam menjawab kegelisahan tersebut, GNH menjelaskan para lelaki di masa Arab jahiliah mempunyai banyak istri, bahkan ada yang jumlahnya tak terbilang. Islam datang dan mengatur pernikahan dengan jumlah maksimal empat orang saja. Namun aturan Islam dianggap merugikan tradisi laki-laki Jahiliah. “Kalau begitu rugi dong kalau kami memeluk Islam?” begitu kira-kira pernyataan para laki-laki pada saat itu.
Sebagai iming-iming diceritakan lah dalam Al-Qur’an, ‘Kalau patuh pada aturan Islam di dunia, kalian akan mendapatkan hasil dari kesuksesan kalian menahan diri di dunia. Di surga kalian akan mendapatkan puluhan bidadari cantik’. Menurut penjelasan GNH tersebut dapat disimpulkan bahwa laki-laki itu makhluk yang takluk dengan syahwat, oleh karenanya perlu diiming-imingi kenikmatan bidadari di surga kelak.
Adapun perempuan tidak dipandang sama soal ini. Bagi ajaran Nabi Muhammad, perempuan adalah mahkluk terhormat. Kualitas keimanan mereka tidak berdasarkan iming-iming syahwat. Tanpa ada bidadara pun perempuan rela memeluk Islam dan mematuhi ajarannya.
Tidakkah para perempuan merasa Allah sedang memperlakukan mereka dengan terhormat? Tentu aneh kalau perempuan merasa Allah tidak adil dan karenanya mereka meminta ada bidadara di surga. Perempuan sudah diperlakukan dengan terhormat, keimanan mereka tidak bisa ditukar dengan iming-iming syahwat di akhirat.
Penjelasan-penjelasan yang disampaikan di atas sudah seharusnya menjadi pemahaman kaum muslim, baik laki-laki maupun perempuan dalam memahami bagaimana kelak di surga yang tidak ada yang tahu kondisinya kecuali Allah SWT, kalimat penutup yang sangat mengagumkan untuk menjawab keresahan-keresahan yang selama ini menjadi pertanyaan bagi sebagian kalangan perempuan, tentang perasaan mereka yang tersisihkan dari pusaran narasi keagamaan, di surga saja tidak mendapat tempat kenikmatan.
Selama ini kita beribadah seolah hanya mengharapkan imbalan kenikmatan bidadari surga, dan lupa akan niat untuk keridhoan Allah semata, lillahita’allah dalam beribadah dan laki-laki merasa percaya diri akan masuk surga dengan janji bidadari
Laki-laki dan perempuan harus lebih fokus pada ibadahnya, dan jangan menyamakan diri seperti kaum jahiliah di zaman Rasulullah yang mau beribadah harus dengan iming-iming kenikmatan syahwat.
وَمَن يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتَ مِن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُوْلَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلاَ يُظْلَمُونَ نَقِيرًا ﴿١٢٤﴾
“Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun.”(QS. an-Nisa'[4]:124)
Suatu amal ibadah dinilai berdasarkan keimanan, dan ibadahnya bukan karena dirinya berjenis kelamin laki-laki atau pun perempuan. Dalam buku nalar kritis muslimah karya Dr. Nur Rofiah, ia menjelaskan bahwa substansi dari surga adalah puncak keimanan, dan kebahagian yang hanya bisa dialami oleh orang yang bertaqwa, Al-Qur’an memulai gambaran surga dengan hal-hal yang bersifat material, misalnya taman, sungai, makanan, minuman, dan bidadari hanyalah perumpamaan, gambaran surga tidak berhenti di situ.
Ujung penjelasan tentang surga justru bersifat spiritual. Wajah orang yang punya keimanan pada hari itu berseri-seri. Mereka akan berjumpa dengan Tuhan. Jadi, orang yang punya keimanan merasa bahagia masuk surga bukan lagi karena kemewahan tempatnya, bukan juga karena bidadari.
Seperti ungkapan sufi perempuan, Rabiah Adawiyah, “Ya Allah, jangan masukkan aku ke dalam surga-Mu jika Engkau tidak berada di sana. Masukkan aku ke dalam neraka-Mu jika hanya di sana aku bisa bertemu dengan-Mu.” Dari sini kita tahu bahwa tujuan akhir dari ibadah sudah tidak lagi surga atau neraka, melainkan perjumpaan dengan Tuhan. []