Mubadalah.id – Di antara kelompok manusia paling lemah yang direndahkan dan tidak dihargai adalah perempuan. Mereka merupakan kelompok rentan sekaligus inferior. Bahkan pada jaman jahiliyyah tidak ada norma dan hukum yang melindungi kehormatan perempuan.
Di saat itulah, Nabi mengamati realitas ini dengan seluruh nurani dan pikiran beserta keprihatinan yang mendalam. Perendahan martabat manusia yang didasarkan atas status sosial, asal-usul. Ataupun jenis kelamin tidak boleh berlangsung terus, begitu kira-kira yang ada di benak Nabi.
Gagasan bahwa hanya Allah yang wajib diagungkan dan, karenanya, manusia adalah setara di hadapan-Nya menjadi titik awal dan akhir bagi Nabi untuk mengadvokasi mereka yang direndahkan.
Artinya, relasi subordinasi ini harus kita hentikan. Namun, langkah advokasi menuju kesetaraan laki-laki dan perempuan secara penuh bukanlah langkah yang tepat dan bijak. Karena hanya akan menimbulkan revolusi sosial yang tidak terorganisir secara rapi dan boleh jadi, justru dapat menggagalkan misi profetik Nabi Muhammad.
Strategi yang al-Qur’an anjurkan adalah mereduksi hak-hak otoritatif laki-laki di satu sisi, dan mengangkat atau mengembalikan hak-hak perempuan di sisi yang lain.
Kesetaraan
Pola mereduksi dan mengangkat ini harus kita lakukan secara gradual (bertahap). Meski begitu, isyarat ke arah kesetaraan tetap menjadi semangat utama kenabian, dan karenanya, tetap kita sampaikan.
Terkait hal tersebut, al-Qur’an memberi contoh sebagai berikut:
Dan bagi mereka (perempuan) mempunyai hak yang setara dengan laki-laki menurut cara yang baik, dan laki-laki mempunyai satu tingkat di atas mereka, dan Allah Maha Perkasa lagi Bijaksana. (QS. al-Baqarah ayat 228)
Ayat tersebut menarik kita simak, karena Allah memperlihatkan pernyataan kontradiktif yang dalam satu nafas (kalimat).
Laki-laki dan perempuan setara, tetapi segera disebut laki-laki setingkat lebih tinggi. Ini jelas menunjukkan adanya proses dialektika dan negosiasi sosio-kultural.
Kehendak untuk merealisasikan kesetaraan perlu menunggu waktu, karena realtas sosial belum mau memihak kepada perempuan.
“Allah Maha Perkasa lagi Bijaksana,” tegas al-Qur’an. Mengomentari kalimat ini, Asghar Ali mengatakan,
“… pernyataan terakhir ini menunjukkan Allah sebenarnya bisa saja memberikan status setara antara mereka tanpa proses graduasi. Tapi kebijaksanaan-Nya dalam rangka mengakui realitas sosial tertentu dan bertindak sesuai realitas tersebut.” []