Jumat, 19 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    KUPI yang

    KUPI Jadi Ruang Konsolidasi Para Ulama Perempuan

    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Fikih Disabilitas

    Fikih Disabilitas: Kajian Wudu bagi Orang Tanpa Tangan atau Kaki

    Poligini

    Ketika Isu Poligini Masih Sulit Disuarakan

    Perempuan Disabilitas

    Sulitnya Ruang Aman Bagi Perempuan Disabilitas

    Poligini

    Poligini dan Dampaknya terhadap Perempuan

    Trauma Healing

    Kenapa Anak-anak Korban Bencana di Sumatra Butuh Trauma Healing Secepatnya?

    Perspektif Mubādalah

    Etika Kesalingan dalam Islam: Relasi, Interrelasi, dan Transrelasi Perspektif Mubādalah

    Seksisme

    Melihat Ancaman Seksisme di Kehidupan Perempuan

    Tubuh Perempuan

    Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

    Seksisme

    Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    KUPI yang

    KUPI Jadi Ruang Konsolidasi Para Ulama Perempuan

    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Fikih Disabilitas

    Fikih Disabilitas: Kajian Wudu bagi Orang Tanpa Tangan atau Kaki

    Poligini

    Ketika Isu Poligini Masih Sulit Disuarakan

    Perempuan Disabilitas

    Sulitnya Ruang Aman Bagi Perempuan Disabilitas

    Poligini

    Poligini dan Dampaknya terhadap Perempuan

    Trauma Healing

    Kenapa Anak-anak Korban Bencana di Sumatra Butuh Trauma Healing Secepatnya?

    Perspektif Mubādalah

    Etika Kesalingan dalam Islam: Relasi, Interrelasi, dan Transrelasi Perspektif Mubādalah

    Seksisme

    Melihat Ancaman Seksisme di Kehidupan Perempuan

    Tubuh Perempuan

    Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

    Seksisme

    Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Marital Rape itu Haram, Kok Bisa?

Penting bagi pasangan untuk sama-sama mengetahui dan menanyakan kondisi dan situasi yang ada dalam diri pasangan. Tidak serta merta harus tunduk dan selalu manut saat diri ternyata tidak sanggup

Alfiyah Sudira Alfiyah Sudira
21 Maret 2023
in Keluarga
0
Marital Rape

Marital Rape

599
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sebagian orang menertawakan kosep perkosaan dalam perkawinan, karena dianggap tidak mungkin ada perkosaan dalam perkawinan. Berdasarkan data yang saya kutip dari National Resource Center on Domestic Violence (NRCDV), sebanyak 10-14 persen perempuan yang sudah menikah diperkosa oleh suaminya di Amerika Serikat. Menurut Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan, marital rape di Indonesia mencapai 195 kasus pada tahun 2018 yang terlapor dan bisa jadi lebih banyak.

Marital Rape berasal dari bahasa Inggris, yaitu marital yang memiliki arti berhubungan dengan perkawinan dan rape yang artinya perkosaan. Dengan demikian, marital rape ialah pemerkosaan dalam perkawinan atau terjadinya pemaksaan hubungan seksual dengan pasangan dan absennya persetujuan yang setara (consent). Marital rape terjadi diiringi dengan kekerasan, ancaman, dan intimidasi.

Marital rape adalah salah satu bentuk diskriminasi dan kekerasan berbasis gender pada perempuan. Perlakuan diskriminasi terjadi atau bermula dari adanya pandangan yang menganggap bahwa pada pasangan, satu jenis kelamin tertentu memiliki lebih tinggi dan yang lain lebih lemah atau rendah. Pandangan seperti ini akan melanggengkan diskriminasi terus terjadi.

Respon Islam terhadap Marital Rape

Bagaimana Islam memandang perkosaan dalam perkawinan? Bagaimana dengan hadis yang mengatakan wajib bagi seorang istri untuk memenuhi ajakan suami dalam melakukan hubungan seksual, sekalipun di atas punggung unta. Apabila istri menolak, maka para malaikat akan melaknatnya?

Hadis tersebut sebetulnya tidak terdapat dalam riwayat Shahih al-Bukhari atau Shahih Muslim. Namun ternyata apa perbedaan pandangan pada ulama, ada yang menerimanya dan tidak. Kita tidak bisa lantas menelan mentah arti harfiah dari sebuah penafsiran suatu hadits begitu saja.

Pemaknaan teks ayat Alquran atau hadits mengenai marital rape dapat lebih dulu berdasarkan pada pilar-pilar relasi pernikahan yang sudah  Alquran tegaskan. Terutama pilar kemitraan dan kesalingan antara suami dan istri, yang kita ibaratkan sebagai pakaian satu sama lain (hunna libas lakum wa antum libas lahunn) (QS. Al-Baqarah: 187) juga pilar saling berbuat baik antara suami dan istri (mu’asyarah bi al-ma’ruf) (QS. An-Nisa: 19).

Hal ini meniscayakan kesalingan dan kerjasama kedua belah pihak dalam perkawinan. Sebab dalam kehidupan rumah tangga, semuanya harus berdasarkan keputusan dua pihak, yaitu suami dan istri. Maka, sudah menjadi niscaya dalam hal pemenuhannya, harus melalui tahap keduanya setuju dan sepakat, termasuk dalam hubungan seksual. Keduanya harus saling memahami batas fisiologis pasangannya dan tidak memaksakan kehendak seperti ketika pasangan sedang sakit, kelelahan, menstruasi atau bahkan ketika tidak menginginkan berhubungan badan saat itu.

Penikmatan Seksual Hak Suami dan Istri

Pemenuhan kebutuhan seksual sama-sama penting suami ataupun istri lakukan. Tentu, meskipun laki-laki terkenal memiliki gairah seksual yang lebih tinggi, tapi kita tidak bisa mendustakan bahwa perempuan juga membutuhkan hal tersebut. Kita tidak boleh menganggap bahwa kebutuhan itu hanya laki-laki saja yang seharusnya terlayani dan terpenuhi. Maka, secara resiprokal, kebutuhan ini harus menjadi kesadaran dan tanggung jawab bersama antara suami dan istri. Hubungan seksual sudah seharusnya bersifat mutualisme.

Maka, marital rape kepada istri atau sebaliknya adalah hal yang tidak diperbolehkan dalam Islam. Sebab hubungan apapun dalam perkawinan harusnya terbangun berdasar maslahah untuk keduanya. Tidak hanya untuk kebaikan salah satu pihak saja. Pemenuhan kebutuhan seksual harus sesuai kemampuan dan kesepakatan dua belah pihak. Maka penting bagi pasangan untuk sama-sama mengetahui dan menanyakan kondisi dan situasi yang ada dalam diri pasangan. Tidak serta merta harus tunduk dan selalu manut saat diri ternyata tidak sanggup.

Di dalam Islam, tidak ada satu lafaz pun yang mengatakan untuk patuh terhadap laki-laki atau suami secara mutlak, yang ada adalah seruan untuk menghamba hanya pada Allah swt, Tuhan Yang Esa. Taat kepada Allah tentu memiliki bentuk yang sangat beragam, seperti saling setia, saling memahami, saling melayani dengan baik, saling percaya, saling terbuka, saling memperbaiki dan saling melindungi.

Marital Rape Menodai Pilar Perkawinan

Perkawinan adalah hubungan kesalingan yang membawa pada kemaslahatan pada semua aspek untuk kebaikan bersama. Sebab sakinah, mawaddah wa rahmah terdapat dari usaha berdua. Tidak hanya salah satu pihak yang paling banyak berkoban. Maka dalam perkawinan pun seharusnya tidak ada lagi pemaksaan kehendak satu di atas yang lainnya.

Marital rape hanya memberikan kebaikan pada salah satu pihak saja dan melukai pihak yang lain. Sehingga hal itu menodai pilar perkawinan dan meliyankan pasangan yang mengalami marital rape. Saya pikir tidak ada pasangan yang ingin diperlakukan dengan pemaksaan dan kekerasan. Setiap pasangan ingin dicintai, dimengerti dan terlayani dengan sama baiknya. Karena pasangan dalam perkawinan berada dalam hubungan yang setara. Marital rape menunjukkan hubungan yang tidak setara antara suami dan istri.

Semangat ini menegasikan seluruh narasi yang bias gender atau tidak adil untuk salah satu jenis kelamin. Narasi yang hanya membebani perempuan untuk membabu ketika sudah diperistri oleh seorang laki-laki, namun laki-laki berlepas tangan terhadap hal-hal yang menjadi hak istri dalam mencapai bahagianya. Islam sangat menganjurkan suami dan istri untuk bermitra dan berjalan bersama, guna mewujudkan rumah tangga sakinah, mawaddah dan rahmah. []

Tags: istriKDRTMarital Rapeperkawinansuami
Alfiyah Sudira

Alfiyah Sudira

Alfiyah tengah menempuh pendidikan S2 di STFI Sadra dan lulus S1 pada 2019 Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di kampus yang sama. Kesibukan saat ini menjadi Guru Private dan Pengurus Organisasi Ekstra Kampus

Terkait Posts

Kekerasan Seksual
Aktual

Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

16 Desember 2025
pemberitaan
Aktual

Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT

11 Desember 2025
Hukum Perkawinan Beda Agama
Publik

Ketidakpastian Hukum Perkawinan Beda Agama di Indonesia

6 Desember 2025
EKonomi Istri
Keluarga

Kemandirian Ekonomi Istri: Hak yang Dijamin Al-Qur’an

2 Desember 2025
Ayat-ayat Perceraian
Keluarga

Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

1 Desember 2025
Suami Memukul Istri yang
Keluarga

Benarkah Al-Qur’an Membolehkan Suami Memukul Istri?

22 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Poligini

    Ketika Isu Poligini Masih Sulit Disuarakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gitu Saja Kok Repot: Gus Dur dan Humor Inklusif

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Poligini dan Dampaknya terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Jadi Ruang Konsolidasi Para Ulama Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fikih Disabilitas: Kajian Wudu bagi Orang Tanpa Tangan atau Kaki

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Fikih Disabilitas: Kajian Wudu bagi Orang Tanpa Tangan atau Kaki
  • KUPI Jadi Ruang Konsolidasi Para Ulama Perempuan
  • Gitu Saja Kok Repot: Gus Dur dan Humor Inklusif
  • Ketika Isu Poligini Masih Sulit Disuarakan
  • Sulitnya Ruang Aman Bagi Perempuan Disabilitas

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID