Kata iman dalam al-Qur’an nyaris selalu bersanding dengan kata amal shaleh atau tindakan yang mencerminkannya. Sayangnya, dua kata ini kerap dipahami secara terpisah.
Mubadalah.id – Iman seakan hanya terkait dengan urusan antara manusia dengan Allah. Amal shaleh pun seakan hanya terkait dengan perilaku baik yang direstui oleh teks keagamaan, meskipun restu tersebut boleh jadi justru dalam rangka menghapuskannya secara bertahap.
Dampaknya miris seperti digambarkan Nawal El-Saadawi. Banyak laki-laki yang sangat rajin beribadah. Shalat wajib selalu berjamaah di masjid, rajin berpuasa, dan ibadah lainnya. Namun, di rumahnya setiap hari menyiksa istri dengan aneka tindakan kekerasan!
Jika misi Islam adalah menjadi anugerah bagi semesta (rahmatan lil alamin), dan menyempurnakan akhlak mulia (makarimal akhlak) manusia, bukankan berbuat baik pada sesama manusia, bahkan sesama makhluk penghuni semesta adalah puncak berislam?
Puncak pencapaian iman adalah prilaku baik (amal shaleh) pada sesama manusia, bahkan makhluk-Nya. Puncak hubungan baik manusia dengan Allah adalah huhungan baik dengan sesama manusia, bahkan makhluk-Nya.
Puncak capaian shalat adalah kemampuan menahan diri dari perbuatan keji dan munkar. Begitu pun puncak pencapaian puasa adalah kemampuan menjaga jarak aman dari sesuatu yang halal dan sudah jadi milik kita, apalagi dari yang syubhat, haram, dan belum/bukan milik kita.
Tindakan kekerasan terhadap perempuan jelas menjadi musibah, bukan anugerah, bagi perempuan dan jelas pula tidak mencerminkan akhlak mulia pelakunya. Karenanya, menghapuskan kekerasan terhadap perempuan adalah panggilan iman.
Ingin berislam secara kaffah? Stop kekerasan terhadap perempuan!
Semoga iman memampukan kita untuk saling melindungi diri dan orang lain dari menjadi pelaku (zaaliman) maupun korban (mazluuman) kekerasan terhadap perempuan.
PESAN UTAMA AL-QUR’AN
Selama ngobrol, baik lisan maupun tulisan seperti di WA, pasti kita menangkap pesan. Sepanjang apapun omongan atau WA seseorang, kita akan secara simultan menangkap pesan lalu saling merespon.
Obrolan panjang, ceramah berjam-jam, artikel berlembar-lembar, film India, serial drakor, atau lainnya tentu mengandung banyak pesan. Semua pesan ini terjalin berkelindan merefleksikan pesan utamanya.
Ibarat sebuah puzzle, semakin sedikit bagian terpasang semakin sulit menebak gambarnya. Semakin banyak, semakin mudah, apalagi setelah utuh. Satu bagian kecil puzzle, seringkali tidak hanya menyulitkan, tapi juga menyesatkan dalam menebak gambar.
Begitupun obrolan, ceramah, artikel, film, dan drakor di atas. Bagian tertentu yang dilihat secara terpisah, bisa memberi kesan yang bertentangan dengan pesan utama. Problem tidak terletak pada penyampai pesan, melainkan pada penerimanya.
Bagaimana dengan al-Qur’an? Mahabenar Allah sebagai Dzat yang berfirman, namun tidak demikian dengan manusia yang memahaminya!
Ayat-ayat al-Qur’an dan Sunnah Rasul jika dilihat sebagai satu kesatuan akan menggambarkan pesan utama yang sangat indah tentang pemanusiaan penuh perempuan. Pesan ini tidak hanya revolusioner pada abad 7 M saat Islam hadir, melainkan juga untuk abad 21 M!
Pesan utama teks-teks keislaman otoritatif ini adalah mewujudkan sistem kehidupan yang menjadi anugerah bagi semesta (rahmatanlil alamin), termasuk bagi perempuan, dan menyempurnakan akhlak mulia manusia (liutammima makarimal akhlak), termasuk akhlak pada perempuan.
Pesan revolusioner ini hanya bisa dilihat dengan jelas jika teks-teks tersebut dipahami sebagai sistem ajaran dan proses pemanusiaan penuh manusia, termasuk perempuan. Sebaliknya menjadi sulit terlihat jika ia dipahami secara parsial atau dilepaskan dari gambaran utuhnya. Bahkan tidak mustahil cara memahami seperti ini akan memberi pesan yang bertentangan dengan pesan utamanya.
Misalnya teks tentang perbudakan dan peperangan. Pesan utama ayat dan hadis tentang perbudakan manusia adalah menghapuskannya, bukan melanggengkannya, dan teks tentang perang adalah menghindarinya, bukan memprovokasinya.
Demikian pula, pesan utama teks-teks keislaman tentang pemukulan istri justru melarangnya, tentang kawin anak justru pendewasaan usia, dan tentang poligami justru monogami.
Sistem kehidupan tanpa perbudakan dan perang lebih mungkin menjadi anugerah bagi semesta, termasuk bagi dluafa (pihak lemah) dan mustadl’afin (rentan). Sistem perkawinan tanpa KDRT, usia suami istri sama-sama dewasa, dan monogami, lebih mungkin menangkan jiwa (sakinah) dan merefleksikan kasih sayang (mawaddah wa rahmah) sehingga menjadi anugerah bagi semesta, termasuk bagi perempuan dan anak.
Semoga iman memampukan kita untuk saling menjadi anugerah bagi semesta, termasuk bagi suami/istri, anak/orangtua, sesama manusia, dan sesama makhluk-Nya. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamien. []