• Login
  • Register
Minggu, 1 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Menelusuri Kearifan Etika di Balik Tradisi Upacara Satu Suro di Petilasan Joyoboyo Kediri

Masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan budaya, memiliki antusiasme tinggi dalam melestarikan kebudayaan lokal

Mohammad Rafli Mohammad Rafli
14/09/2023
in Publik
0
Joyoboyo

Joyoboyo

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – “Presiden yang datang ke Kediri, maka akan lengser atau turun dari jabatannya”. Kira-kira begitu, bunyi mitos ramalan joyoboyo yang kita dengar dari masyarakat Kediri. Beberapa masyarakat setempat masih mempercayai akan terbuktinya mitos tesebut. Karena mitos ini sudah mengakar di masyarakat sana.

Salah satu media informasi, CNN Indonesia, mengatakan literatur yang berbicara mitos tersebut. Yaitu manuskrip kuno yang isinya menceritakan kejayaan Raja Kediri, Babad Khadiri karya Mas Ngabei Purbawidjaja.

Namun Purnawan Basundoro, salah seorang pengamat ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unversitas Airlangga (UNAIR) Surabaya memandang mitos tersebut belum tentu mengandung kebenaran. Sebab ia sendiri belum pernah menemukan kitab atau catatan sejarah yang membenarkan Kediri adalah Kota kutukan bagi penguasa.

Mitos di atas dalam kajian sejarah, termasuk bersifat post-factum. Artinya, setelah kejadian barulah kemudian orang-orang mencari referensi yang terdapat di masa lalu. Purnawan mengatakan, logika masyarakat kita memang seperti itu, setelah memiliki kepercayaan, kemudian mengamati dan apabila kejadian itu benar terjadi, maka orang tersebut jadi percaya.

Namun Purnawan tetap menghargai dan menghormati kultur Masyarakat jawa yang sangat teguh memegang kepercayaan, karena mereka juga memiliki alasan kuat hingga mempertahankan tradisinya. Menghormati adalah etika yang harus setiap insan miliki, kepada siapapun, tanpa memandang latar belakang maupun status sosial. Terlebih jika orang tersebut memiliki kedudukan tinggi di mata manusia.

Baca Juga:

Menilik Peran KUPI Muda dalam Momen Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence Pada Ayat-ayat Shirah Nabawiyah (Part 2)

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

Ketika Sejarah Membuktikan Kepemimpinan Perempuan

Pada dasarnya semua agama dan kepercayaan mengajarkan untuk saling menghormati. Karena menghormati adalah salah satu bentuk nilai tertinggi yang manusia miliki. Visi utama Nabi Muhammad saw sendiri ialah agar umat manusia memiliki moral dan dapat saling menghormati satu sama lain.

Masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan budaya, memiliki antusiasme tinggi dalam melestarikan kebudayaan lokal. Mereka sangat menghargai dan menghormati warisan budaya dari nenek moyang.

Upacara Satu Suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo

Setiap satu suro, atau dalam penanggalan bulan hijriyah disebut satu muharam, warga Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri rutin menggelar upacara ritual satu suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo.

Peserta tradisi itu tidak hanya dari warga sekitar kediri, banyak dari luar daerah kediri yang antusias dengan upacara ritual satu suro tersebut. Antusias yang besar dari masyarakat mencerminkan bagaimana tingginya reputasi sang raja pada saat itu. Salah satu yang kita ketahui adalah tetang ramalannya yaitu Jangka Joyoboyo.

sebelum memulai upacara, sesepuh desa tersebut memimpin doa bersama di Balai Desa Menang. Kemudian prosesi selanjutnya, ialah kirab budaya dengan berjalan menuju petilasan atau tempat moksa yang diistilahkan dengan Pamekasan Prabu Sri Aji Joyoboyo tanpa menggunakan alas kaki.

Para peserta upacara melakukan prosesi hening cipta di Pamekasan Prabu Sri Aji Joyoboyo, setelah itu prosesi munjuk atur ke loka moksa, untuk mengutarakan maksud dan tujuan kehadiran para peserta di hadapan petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo.

Kemudian mereka melanjutkan dengan prosesi tabur bunga, yang dilakukan dengan 16 remaja putri yang belum haid, sebagai rasa syukur dan tanda penghormatan atas kehadiran tamu agung dan para leluhur.

Acara selanjutnya ialah Caos Dahar di tiga tempat, yaitu loka moksa, loka busana dan loka mahkota. Kemudian prosesi peletakkan pusaka tongkat di loka moksa. Setalah itu pembacaan doa sebagai bentuk syukur atas terlaksananya upacara dan tahun baru satu suro. Acara selanjutnya yaitu menuju sendang Tirto kamandanu untuk melakukan prosesi upacara selanjutnya, yang kurang lebih sama seperti yang ada di petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo.

Simbol Etika dan Pendidikan

Dalam prosesi upacara satu suro di petilasan Raja Kediri ini, memiliki simbol-simbol yang sarat akan ajaran beretika. Ajaran-ajaran ini telah ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Kita dapat melihat dari pemberian tugas upacara yang hanya khusus untuk anak-anak dan para remaja.

Pada proses tabur bunga, pihak yang bertugas ialah khusus untuk anak-anak perempuan yang belum haid atau masih dalam keadaan suci. Makna yang terkandung di dalamnya ialah sebagai bentuk penghormatan terhadap raja atau orang yang memiliki kedudukan tinggi di masyarakat. Maka dari itu petugasnya adalah orang yang masih suci jiwa dan raganya.

Setelah proses doa di Balai Desa Menang, para peserta upacara berjalan menuju Petilasan Sang Prabu Sri Aji Joyoboyo, setelah itu menuju Sendang Tirto Kamandanu. Pada perjalanan tersebut, peserta upacara tidak boleh menggunakan alas kaki. Dalam kacamata adab, melepas alas kaki merupakan simbol ketawadhuan dan penghormatan.

Petugas upacara dalam tradisi tersebut, ialah anak-anak dan remaja yang belum menikah. Aturan ini merupakan bagian dari pendidikan karakter, untuk mengenalkan adat dan kearifan lokal kepada generasi muda, yang harapannya dapat melanjutkan tradisi ini. Mereka memiliki motto budaya daerah adalah sumber budaya nasional. []

Tags: KediriKerajaanNusantaraRamalan Joyoboyosejarah
Mohammad Rafli

Mohammad Rafli

Kelahiran Tangerang, Domisili Kediri. Alumni Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri. Sedang menempuh Program Pascasarjana di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Terkait Posts

Ketuhanan

Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

1 Juni 2025
Perempuan Penguasa

Sejarah Para Perempuan Penguasa Kerajaan Wajo, Sulawesi Selatan

31 Mei 2025
Ruang Aman bagi Anak

Fenomena Inses di Indonesia: Di Mana Lagi Ruang Aman bagi Anak?

30 Mei 2025
Kasus Argo

Kasus Argo UGM dan Sampai Kapan Nunggu Viral Dulu Baru Diusut?

30 Mei 2025
Gus Dur

Pentingnya Menanamkan Moderasi Beragama Sejak Dini Ala Gus Dur

30 Mei 2025
Ibadah Haji

Esensi Ibadah Haji: Transformasi Diri Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

29 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • IUD

    Bagaimana Hukum Dokter Laki-laki Memasangkan Kontrasepsi IUD?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tren Mode Rambut Sukainah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ketika Jilbab Menjadi Alat Politik dan Ukuran Kesalehan
  • Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila
  • Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)
  • Tren Mode Rambut Sukainah
  • Dekonstruksi Pandangan Subordinatif terhadap Istri dalam Rumah Tangga

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID