Mubadalah.id – Kerahmatan Islam juga berarti menghormati orang lain, termasuk yang berbeda agama, bukan hanya ketika dia masih hidup, bahkan juga ketika sudah mati.
Sahl bin Hanif dan Qais bin Sa’ad, dua sahabat Nabi, mengatakan, suatu saat ada jenazah melewati Nabi. Beliau tiba-tiba saja berdiri. Nabi diingatkan bahwa jenazah tersebut adalah seorang Yahudi. Alaisat Nafsan (bukankah ia adalah manusia?), jawab Nabi.
Atas dasar ini Tuhan juga melarang orang-orang beriman mencaci maki keyakinan orang lain. Mencaci maki orang lain, termasuk dalam soal keyakinannya, bisa berarti sama dengan mencaci maki diri sendiri dan keyakinannya.
وَلَا تَسُبُّوا الَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ فَيَسُبُّوا اللّٰهَ عَدْوًاۢ بِغَيْرِ عِلْمٍۗ كَذٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ اُمَّةٍ عَمَلَهُمْۖ ثُمَّ اِلٰى رَبِّهِمْ مَّرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ
Artinya: Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan.
Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitahukan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan. (QS. Al-An’am ayat 108).
Toleransi dan Dialog antar Agama
Toleransi (at-Tasamuh) mengandung makna suatu sikap mental dan cara bertindak yang tidak memaksakan kehendak terhadap orang yang tidak sejalan dengan keyakinan dan pemikiran dirinya.
Dalam taraf yang lebih tinggi, toleransi adalah sikap menghargai dan menyambut liyan (al-Akhar), dengan hangat, meskipun berbeda agama,
Hal ini tidaklah sama dengan pandangan sebagian orang bahwa mengakui pluralisme, toleransi (tasamuh), dan dialog antar agama sama artinya dengan mengakui kebenaran agama lain, sama dengan menyamakan agama atau bahkan sama dengan sinkrisisme.
Pandangan ini tentu ditolak bukan hanya oleh Islam, tetapi juga oleh pemeluk semua agama. Sikap Islam dalam hal ini adalah jelas, “Agamamu adalah agamamu dan agamaku adalah agamaku.”
Pengakuan atas pluralisme, toleransi, dan dialog antar agama sesungguhnya adalah sikap mengakui fakta dan realitas akan eksistensi agama-agama yang dipeluk oleh umat manusia yang berbeda-beda dan yang harus dihormati.
Pengakuan atas pluralisme dan toleransi antar umat beragama hanya berarti memberikan penghargaan kepada pemeluk agama untuk menjalankan keyakinannya masing-masing.*
*Sumber: tulisan KH. Husein Muhammad dalam buku Islam dan Toleransi.