Mubadalah.id – Konon setelah abad ke IV hijriah, pintu ijtihad telah ditutup. Akibatnya gerakan pemikiran fiqih yang telah menghasilkan kekayaan fiqih yang tidak ternilai, menjadi terhenti. Tugas umat selanjutnya, tinggal menjelaskan (Syarah), meringkas (mukhtashar), dan kemudian menghafalkan. Situasi ini yang disebut Wahbah Az Zuhaili sebagai;
ركود الحركة الفقهية وجمود العلماء وإضعاف روح الاستقلال الفكري وطغيان فكرة التقليد
“Terhentinya gerakan fiqih, kebekuan ulama, melemahnya ruh kemerdekaan berfikir dan menguasainya pemikiran taqlid”
Siapa yang menutupnya? Ada yang menjawab, tidak ada yang menutup, namun tidak ada yang mau masuk. Ada lagi yang menjawab, sengaja ditutup agar tidak sembarang orang bisa masuk. Ada lagi yang menjawab, zaman sudah tidak melahirkan lagi ulama-ulama sekaliber Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad bin Hambal dan Imam madzhab lainnya.
Benarkah demikian?
Asy Syaukani, sebagaimana dikutip Wahbah AZ Zuhaili menyatakan;
ومن حصر فضل الله على بعض خلقه وقصر فهم هذه الشريعة على من تقدم عصره فقد ثجرأ على الله عز وجل ثم على شريعته الموضوعة لكل عباده ثم على عباده الذين تعبدهم الله بالكتاب والسنة
Seorang yang menyatakan bahwa karunia Allah hanya terbatas pada sebagain umatnya, dan membatasi kemampuan pemahaman syari’ah hanya pada ulama terdahulu (tidak ulama sekarang), maka ia telah berani kepada Allah, juga berani kepada syari’atnya yang dicanangkan untuk hambanya sepanjang masa, juga berani kepada ulama saat ini yang oleh Allah juga diperintahkan untuk berpijak pada Al Qur’an dan Sunnah.
Asy Syaukani seperti ingin menegaskan, bahwa bisa saja Allah memberikan karunia dan rahmat-Nya kepada ulama-ulama masa kini seperti karunia yang diberikan kepada Imam madzhab masa lalu. Jika ulama masa lalu bisa berijtihad atas karunia Allah, maka ulama saat ini juga bisa berijtihad dengan karunia Allah pula. Yang membatasi karunia Allah hanya pada umat terdahulu, maka ia terlalu berani kepada Allah dengan klaimnya itu.
Dalam sejarahnya, khususnya sepanjang abad ke-6 sampai abad ke-9, sesungguhnya banyak ulama-ulama yang bisa disebut sebagai Mujtahid. Sebutlah misalnya, Ibnu Taimiyah, Ibnu Al Qayyim, Izzuddin ibni Abdis Salam, Ibnu Hajar Al Asqalani dan juga Imam As Suyuti. Bahkan yang tersebut terlahir ini menyebut dirinya sebagai mujtahid dalam salah satu kitabnya “Taisiru Al ijtihad” atau Ar Raddu ala man akhlada ila Al Ardhi wa jahila Anna Al ijtihad fi kulli Ashton fardun”.
As Suyuthiy yang dilanjutkan oleh Asy Syaukani juga menegaskan bahwa ijtihad di masa saat ini lebih mudah, karena hampir semua perangkat ijtihad telah tersedia. Sebagaimana dikutip Az Zuhaili, As Saukani menegaskan!
فالاجتهاد على المتأخرين ايسر واسهل من الاجتهاد على المتقدمين . ولا يخالف فى هذا من له فهم صحيح وعقل سوي
“Ijtihad bagi ulama masa sekarang lebih mudah dan gampang dari pada ijtihad bagi ulama masa lalu. Hal ini disepakati bagi seorang yang memiliki pemahaman yang baik dan nalar yang lurus”,
Mengapa ijtihad hari ini lebih mudah?
Sebab semua perangkat ijtihad telah tersedia. Ilmu usul fiqih dan metode-metode tafsir modern lainnya telah tersedia, Al Qur’an dan tafsirnya telah ada, hadist-hadist yang shahih telah tertulis di berbagai kitab hadist, banyak ahli-ahli dari berbagai bidang keilmuan, dan perangkat teknologi lainnya.
Dengan perangkat yang telah lengkap ini, dan juga karunia Allah sangat mungkin teranugerahkan, jika masih tidak bisa ijtihad, ya berarti telah terjadi kemalasan zaman. Kata Bang Haji Roma Irama ” sungguh terlalu”. Wallahu A’lam. []