Kamis, 11 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Roro Mendut sebagai Kisah Refleksi Perempuan Masa Depan

Kisah perjuangan perempuan dalam membela hak-haknya, Ibu Sinta ibaratkan seperti memecah batu karang, keras, berat, dan melelahkan

Choirun Nisrina Choirun Nisrina
23 Februari 2023
in Personal
0
Perempuan Masa Depan

Perempuan Masa Depan

788
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Roro Mendut adalah sebuah kisah legenda abad ke-17, yaitu zaman Sultan Agung penguasa kesultanan Mataram. Kerajaannya terletak di Pulau Jawa dan berpusat di Provinsi Jawa Tengah. Konon legenda ini berdasarkan kisah nyata. Masyarakat Pati khususnya daerah pesisir mempercayai legenda ini sebagai kisah nyata.

Roro Mendut terkenal dengan kisah cinta sejati seorang perempuan cantik jelita dengan seorang pemuda tampan putra seorang saudagar kaya raya. Kisah tentang Roro Mendut ini bisa menjadi refleksi bagi perempuan masa depan. Terlebih kisah cintanya disamakan dengan kisah cinta Romeo dan Juliet. Yakni cinta tanpa restu orang tua versi Jawa. Tak hanya kisah romansanya saja, Roro Mendut juga terkenal sebagai kisah perjalanan perempuan yang penuh dengan lika-liku. Baik perjalanan hidup sampai perjalanan cintanya.

Saya tertarik dengan kisah ini ketika sedang membaca tulisan Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid tentang perjuangan perempuan memecah batu karang. Kisah perjuangan perempuan dalam membela hak-haknya, Ibu Sinta ibaratkan seperti memecah batu karang, keras, berat, dan melelahkan.

Hal yang sebenarnya tidak kita katakan sebagai perlawanan, tetapi melihat dunia saat itu kuat karena tarikan dan himpitan tradisi yang masih dominasi kaum laki-laki, hingga menjadikan stigma bahwa perempuan tidak boleh sama dengan laki-laki. Kaum perempuan selalu terdistorsi pemaknaannya dengan sebatas masalah asrama yang kemudian mendokrin bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah, emosional dan penuh syahwat.

Dalam tulisannya, Ibu Sinta Nuriyah hanya membeberkan dua kisah, yaitu kisah Ratu Kalinyamat di Kerajaan Demak dan Roro Mendut di Kerajaan Mataram. Kedua kisah yang mewakili kisah-kisah perjuangan perempuan lain dalam kegigihannya membela dan memperjuangkan hak dan martabatnya sebagai manusia agar bisa hidup sejajar dengan kaum laki-laki.

Sepenggal Kisah Roro Mendut

Banyak versi dari kisah perjalanan Roro Mendut, yang akan saya tuangkan disini adalah versi sastra Indonesia.

Roro mendut tergambarkan sebagai perempuan yang sempurna. Berparas cantik, cerdik, pintar dan terlihat sebagai perempuan yang sangat menarik. Roro Mendut diangkat anak oleh kakek Siwo, seorang nelayan yang berasal dari pesisir Telukcikal, Pati.

Konon Roro Mendut pernah dua kali akan menjadi selir seorang bangsawan. Pertama, sebagai selir Adipati Pragolo. Kedua, sebagai selir Tumenggung Wiroguno. Roro Mendut dijemput dan diboyong oleh serombongan punggawa utusan Adipati Pragolo untuk mereka latih menjadi wanita ningrat. Di mana ia harus mengerti tata cara kehidupan kaum priyayi di istana. Ia diserahkan kepada Ni Semongko untuk menjalani didikan mengenai tata cara kehidupan keraton. Tetapi, sebelum Adipati Pragolo berhasil memperselir Roro Mendut, Adipati Pragolo mengalami kekalahan dan gugur dalam perang melawan Mataram. Roro Mendut kemudian diboyong ke Mataram.

Di sinilah perjuangan Roro Mendut bermula. Yakni berawal dari ketertarikan seorang tangan kanan Sultan Agung yaitu Tumenggung Wiroguno yang merupakan putra dari KGPA Mangkubumi kepada Roro Mendut. Ada keinginan Tumenggung Wiroguno untuk menyunting Roro Mendut. Tetapi keinginan itu pupus karena Roro Mendut menolak keinginan sang Tumenggung. Dengan dasar Roro Mendut sudah mempunyai seorang kekasih dalam hatinya.

Hal ini membuat Tumenggung marah dan mencari berbagai cara untuk menyudutkan Roro Mendut dan membuatnya selalu dalam keadaan sulit. Penderitaan karena perlakuan Tumenggung yang sewenang-wenang kepada Roro Mendut membuat Roro kabur dari puri Wiroguno bersama Pronocitro kekasihnya. Tumenggung Wiroguno yang mengetahui Roro Mendut kabur bersama kekasihnya membuat Wiroguno tidak segan untuk menghentikan pelariannya dengan membunuh mereka berdua.

Keteladanan dari Kisah Roro Mendut

Dari kisah singkat yang saya tuangkan di atas, dapat kita lihat perjuangan seorang perempuan dari keluarga nelayan. Di mana pada masa itu termasuk dari keluarga miskin yang terbatas dalam memperoleh hak dan kebebasan. Keinginan bebas yang Roro Mendut lakukan tidak lain karena ingin mempertahankan kehormatan dan kegigihannya sebagai perempuan. Ia yang berasal dari keluarga pesisir dan perjalanan hidupnya, membuat Roro Mendut tumbuh menjadi perempuan yang kokoh, tegar dan terhormat.

Dari pengalaman itu, dia percaya bahwa sebenarnya seorang perempuan bisa mempunyai hak yang setara sama dengan laki-laki. Tetapi perlakuan dari Tumenggung Wiguno membuat Roro Mendut ingin menolak dan menentang perlakuan terhadapnya. Sehingga Roro Mendut memilih pergi dan mati demi mempertahankan apa yang seharusnya ia dapatkan.

Dari kisah ini, seperti harapan Ibu Sinta Nuriyah agar kita dapat melakukan refleksi terhadap perjuangan perempuan masa lalu untuk menatap nasib perempuan masa depan. Karena pada dasarnya, tantangan perjuangan perempuan dari masa ke masa tak lain hanya tradisi dan imajinasi. Di mana ia tumbuh subur dalam pikiran dan perasaan manusia. []

 

Tags: Kisah CintalegendaLegenda JawaNusantararoro mendut
Choirun Nisrina

Choirun Nisrina

Saya adalah salah satu tenaga pendidik di MI Ma'arif Kandangan Kab. Temanggung tetapi saya lulusan Akhwal Syahsiyah di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Saya sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan isu-isu perempuan, relasi antara perempuan dan laki-laki, dan parenting. Semoga kita bisa berbagi pengetahuan dan kebahagiaan🌻

Terkait Posts

Siti Ambariyah
Figur

Menelaah Biografi Nyai Siti Ambariyah; Antara Cinta dan Perjuangan

18 Oktober 2025
Bissu
Publik

Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

15 September 2025
Uang Panai
Publik

Uang Panai: Stigma Perempuan Bugis, dan Solusi Mubadalah

21 Agustus 2025
Film Sultan Agung
Film

Peran Perempuan dan Perjuangannya dalam Film Sultan Agung

11 Juli 2025
Parameswari
Pernak-pernik

Parameswari: Kiprah dan Peran Perempuan di Lingkungan Keraton Yogyakarta

25 November 2024
Naskah Kuno
Khazanah

Khazanah Naskah Kuno yang Ter(Di)Lupakan

2 November 2024
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan
  • Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi
  • Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan
  • ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam
  • Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID