Mubadalah.id – Setiap kali merayakan Iduladha, kita selalu mengenang kembali kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Namun, sering kali kita melewatkan satu sosok penting dalam kisah ini yaitu seorang perempuan tangguh bernama Siti Hajar.
Kisah Siti Hajar bukan sekadar bagian dari sejarah Islam, tetapi juga sumber inspirasi, nilai, dan keteladanan yang tetap relevan hingga hari ini. Terutama dalam memperjuangkan keadilan dan keberdayaan perempuan.
Dalam narasi yang kerap kita dengar, Siti Hajar ditinggalkan oleh suaminya, Nabi Ibrahim, bersama putra mereka, Ismail, di sebuah lembah gersang atas perintah Allah.
Pandangan Dr. Nur Rofiah
Namun, kisah ini tidak bisa dibaca semata sebagai bentuk kepatuhan buta atau sekadar pengorbanan. Karena, jika merujuk pandangan Ibu Dr. Nur Rofiah Bil.Uzm, kita justru melihat perjuangan Siti Hajar sebagai simbol keberdayaan, kecerdasan spiritual, dan ketangguhan perempuan dalam menghadapi ketidakpastian hidup.
Alih-alih pasrah dalam arti pasif, Siti Hajar justru memilih bergerak aktif. Ia berlari antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali, bukan dalam kepanikan. Melainkan sebagai bentuk ikhtiar dan keteguhan seorang ibu yang sedang mencari sumber kehidupan bagi anaknya.
Hal bentuk perjuangan perempuan yang tidak hanya kecerdasan spiritual, tetapi juga kekuatan perempuan menghadapi ketidakpastian dalam kehidupan.
Menurut Dr. Nur Rofiah, Hajar bukan hanya tokoh perempuan yang menjalankan kehendak Tuhan, tapi juga representasi perempuan sebagai subjek aktif dalam sejarah kemanusiaan dan keimanan.
Ia mengajarkan kepada kita bahwa menjadi perempuan beriman, berjuang, berpikir, dan bertindak demi kehidupan yang lebih baik. Bahkan ketika ia harus melakukannya seorang diri.
Lebih lanjut, kata Bu Nur Rofiah, kisah Siti Hajar dan Nabi Ibrahim tidak dibaca dalam kerangka superioritas laki-laki atas perempuan. Sebaliknya, kisah ini menghadirkan relasi kesalingan dua sosok yang sama-sama menjalankan perintah Tuhan dengan cara yang berbeda, tetapi sama-sama mulia.
Ibrahim menunjukkan keimanan melalui ketaatan dan pengorbanan, sementara Hajar menunjukkan keimanan melalui perjuangan, keberanian, dan keteguhan hati.
Keduanya mengajarkan bahwa kualitas keimanan tidak ditentukan oleh jenis kelamin. Melainkan oleh kualitas ketakwaan, kesetiaan, dan perjuangan merawat kehidupan.
Menjadi Hajar di Masa Kini
Hari ini teladan “lari-lari antara Shafa dan Marwah” bisa kita temukan dalam berbagai bentuk perjuangan perempuan. Seperti para ibu yang bekerja keras demi anak-anaknya, aktivis perempuan yang gigih memperjuangkan keadilan, buruh perempuan yang menuntut haknya. Hingga para penyintas kekerasan yang berani menyuarakan kebenaran.
Perjuangan mereka mungkin tak selalu terdengar lantang. Namun jika kita mau jujur, pengorbanan dan keteguhan mereka tak jauh berbeda dari apa yang dilakukan Siti Hajar di padang tandus ribuan tahun silam.
Bahkan, dalam konteks kekinian, masih banyak perempuan yang menghadapi berbagai bentuk ketidakadilan struktural, diskriminasi, dan ketimpangan gender.
Maka dari itu, meneladani Siti Hajar hari ini berarti mengakui dan menghargai perjuangan perempuan sebagai bagian penting dari misi keadilan sosial dan spiritual.
Sehingga, kita semua bisa menjadi “Hajar” dalam versi kita sendiri. Yaitu menjadi perempuan yang berani melangkah, tetap yakin meski jalan keluar belum terlihat, dan setia pada harapan meski berada dalam ketidakpastian.
Kisah Hajar adalah pengingat bahwa perjuangan perempuan bukanlah cerita pinggiran, tetapi bagian sah dari narasi iman dan kemanusiaan. Seperti yang Dr. Nur Rofiah tegaskan bahwa:
“Perempuan bukanlah pelengkap, apalagi pelayan dalam sejarah kehidupan. Perempuan adalah pelaku utama dalam mewujudkan keberadaban dan keadilan.” []