Mubadalah.id – Era globalisasi ditandai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Tentu saja hal tersebut memberikan kemudahan kepada manusia untuk mengakses informasi secara instan. Salah satu informasi yang bisa kita akses secara cepat adalah tentang kasus kekerasan seksual dan diskrimanasi gender. Isu tersebut semakin menguat kala dunia ini mengalami pandemi covid-19. Sehingga ini sebuah upaya stop kekerasan pada perempuan.
Melalui laman simfoni-ppa, tercatat pada tanggal 1 Januari 2022 terjadi kasus kekerasan sebanyak 4.366 dengan persentase 4.034 diantaranya menimpa perempuan. Bentuk-bentuk kekerasan yang dialami perempuan diantaranya adalah kekerasan fisik, kekerasan emosional atau psikologis, kekerasan ekonomi, kekerasan seksual dan pembatasan aktivitas oleh pasangan. Sedangkan faktor-faktor penyebab kekerasan fisik dan seksual meliputi faktor individu, faktor pasangan, faktor sosial budaya dan faktor ekonomi. Maka penting untuk melakukan gerakan stop kekerasan pada perempuan.
Di antara faktor budaya penyebab kekerasan fisik dan seksual pada perempuan didominasi oleh budaya patriarkhi yang tumbuh subur di masyarakat. Akibatnya, perempuan kerapkali mendapat perlakuan diskriminasi, sub-ordinasi, marginalisasi, kekerasan seksual dan lainnya. Kekerasan dianggap sebagai jalan untuk mengintimadasi perempuan sehingga ia mau melakukan suatu hal yang diinginkan pasangannya. Stop kekerasan pada perempuan, menjadi jalan untuk mengakhirinya.
Redefinisi Konsep Seks dan Gender untuk Gerakan Stop Kekerasan pada Perempuan
Budaya patriarkhi juga membentuk pola pikir perempuan untuk selalu bersikap pasrah, bergantung dan mengalah pada pria. Dari berbagai faktor yang memicu terjadinya kekerasan pada perempuan, perlu kita pahami bahwa pentingnya konsep kesetaraan antara laki-laki dan perempuan adalah kunci dalam menghentikan permasalahan tersebut. Kesetaraan dan kesalingan lahir dari pemaknaan yang benar terhadap konsep seks dan gender.
Istilah gender diperkenalkan dalam rangka menjelaskan perbedaan laki- laki dan perempuan yang bersifat bawaan atau bahkan kodrat dari Tuhan dan mana yang merupakan tuntunan budaya yang dikonstruksikan, dipelajari dan disebarkan. Pembedaan ini bersifat krusial, sebab seringkali masyarakat kita salah menafsirkan seks dan gender. Pembedaan ini juga berfungsi untuk menentukan pembagian peran yang selama ini dianggap melekat pada laki-laki dan perempuan.
Gender secara istilah adalah perbedaan peran, fungsi dan tanggung jawab pada laki-laki dan perempuan sebagai hasil dari konstruksi sosial budaya yang tertanam lewat proses sosialisasi turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Dengan begitu, gender tidak bersifat kodrati, bisa berubah kepada setiap individu di suatu tempat dan waktu tertentu.
Berbeda dengan pemaknaan gender seperti di atas, pengertian seks adalah perbedaan jenis kelamin yang ditentukan secara biologis. Seks melekat secara fisik pada masing-masing jenis kelamin, laki-laki dan perempuan sebagai alat reproduksi. Sebagai konsekuensi dari fungsi alat-alat reproduksi, perempuan memiliki fungsi alat-alat reproduksi seperti menstruasi, hamil, melahirkan dan menyusui; sedangkan laki-laki memiliki fungsi membuahi.
Seks bersifat kodrati, tidak dapat diubah, dan berlaku sepanjang hayat. Berdasarkan uraian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa secara fisiologis dan biologis laki-laki dan perempuan memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Namun dalam hal peran dan fungsinya sebagai hamba Allah, laki-laki dan perempuan memiliki nilai dan kesempatan yang sama. Hal ini terekam QS. Al-Hujurat ayat 13 yang artinya; sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah (orang) yang paling bertakwa di antara kalian.
Sebagaimana uraian terjemah al-Quran di atas, Allah memberikan penekanan bahwa ukuran kemuliaan manusia dilihat dari ketakwaan, bukan pada jenis kelaminnya. Dengan begitu, sub-ordinasi, kekerasan dan marginalisasi perempuan harus dihilangkan, sebab tidak sesuai dengan nafas al-Qur’an. Stop kekerasan terhadap perempuan menjadi niscaya. Selain itu, keterbukaan akses dan kesempatan kepada perempuan juga tidak hanya menguntungkan bagi dirinya sendiri, namun juga bermanfaat untuk masyarakat.
Meminjam kata-kata Qasim Amin; “Kaum perempuan adalah setengah dari total penduduk dunia. Mengabadikan kebodohan mereka menyebabkan sebuah negara tidak memperoleh manfaat dari kemampuan setengah penduduknya, dengan konsekuensi yang negatif.”
Dari uraian paragraf tersebut, kita berharap bahwa pemaknaan yang benar atas konsep seks dan gender pada akhirnya bisa melahirkan kesetaraan dan keadilan bagi sesama. Kekerasan fisik dan seksual yang kerap menimpa perempuan segera terhenti, agar stop kekerasan pada perempuan benar-benar mewujud nyata. Tatanan sosial harmonis yang selama ini kita idam-idamkan bisa tercipta. Mari bersama-sama bergandeng tangan mewujudkan keadilan, perempuan berdaya adalah agen perdamaian dunia! []