Mubadalah.id – Kecemasan lahir seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Pertukaran informasi yang semakin masif juga tidak sepenuhnya memicu lahirnya hal positif, seperti yang sering generasi alami hari ini salah satunya adalah overthinking. Masalah ini berdampak pada kondisi psikologis yang tidak seimbang dan sangat membutuhkan penenang. Salah satunya adalah tirakat ala generasi milenial.
Berkaitan dengan laku yang mampu melahirkan ketenangan salah satunya adalah Tirakat. Tirakat berasal dari kata taraka–yatruku–tarkan yang memiliki arti meninggalkan. Tirakat ini dikenal sebagai budaya masyarakat jawa, hal tersebut dibuktikan dengan diamalkannya tirakat oleh abdi dalem di kraton Yogyakarta. Tetapi, tidak hanya masyarakat kraton saja, masyarakat umum dan pesantren juga mengenal budaya tirakat.
Sebenarnya ekspresi tirakat ini juga mirip atau justru hampir sama dengan apa yang tersampaikan dalam istilah psikologi modern hari ini. Namun, penulis akan membingkai tulisan mengarah pada konsep tirakat sesuai dengan definisi yang telah saya sampaikan di atas.
Mengenal Bentuk-bentuk Tirakat
Bentuk tirakat yang dilakukan oleh masyarakat umum maupun pesantren sebenarnya sama saja. Mereka melakukan tirakat bertujuan untuk meninggalkan sesuatu yang berlebihan. Semacam menahan diri terhadap kesenangan, keinginan, dan hawa nafsu yang tidak baik dan tidak bijak dalam kehidupan yang selanjutnya dapat menjauhkan diri dari Tuhannya.
Menurut Indra Munawwar dalam penelitiannya Tirakat Di Kalangan Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Bahwa tirakat juga kita gunakan untuk menggembleng diri guna membangun ketahanan jiwa raga. Tujuannya agar tetap kuat dalam menjalani gejolak kehidupan.
Koenjoronigrat dalam bukunya Kebudayaan Jawa juga menyampaikan tirakat ialah bentuk kesukaran-kesukaran yang kita sengaja yang selanjutnya dapat menguatkan iman dan mengatasi kesedihan serta kekecewaan hidup. Sebab, dengan menyengaja melakukan kesukaran-kesukaran tersebut akan melatih diri untuk belajar terbiasa dengan rintangan kehidupan. Selain itu juga melatih diri untuk menjadi pribadi yang tidak mengenal lelah untuk berjuang.
Pada era dulu bentuk tirakat yang sering dilakukan adalah bertapa, berpuasa, berdzikir, atau melek bengi. Pada era sekarang generasi milenial sebenarnya mampu untuk mewujudkan tirakat dengan bentuk laku seperti era dulu, tetapi hal tersebut dirasa kurang relate dengan bagi para generasi milennial.
Praktik Tirakat Ala Generasi Milenial
Sebenarnya bisa saja kita lakukan, namun dalam konteks hari ini sepertinya perlunya perluasan makna tirakat, sehingga mampu kita ekspresikan sedemikian rupa sesuai dengan konteks generasi millennial.
Pertama, menggunakan gadget dengan bijak. Generasi milenial bisa melakukan tirakat dengan menggunakan dengan bijak atau mengurangi pemakaian gadget. Mengunakan gadget hanya untuk hal-hal yang bermanfaat dan selebihnya jauhkan gegdet dari keseharian kita.
Karena, dengan hadirnya gadget dalam kehidupan kita tidak seutuhnya mendukung kegiatan kita, terkadang justru menganggu kegiatan yang sedang kita lakukan. Contohnya, karena asyik bermain gadget seringkali lalai dengan kegiatan yang harusnya dapat kita lakukan guna meningkatkan kualitas diri. Hal tersebut adalah contoh bahwa gadget tidak selamanya mendukung kegiatan yang sedang kita lakukan.
Kedua, berpuasa media sosial. Generasi milenial akan lebih fokus melakukan kegiatan saat berpuasa media sosial. Karena sebenarnya tidak semua media sosial penting, justru media sosial seringkali hanya untuk hiburan semata. Sebenarnya tidak masalah jika sebagai hiburan, tetapi yang berbahaya ialah apabila kita tidak memiliki batasan dalam memainkannya.
Selain itu, media sosial juga bisa memicu lahirnya keresahan akibat penetapan standarisasi atas kebahagiaan atau hal yang lain. Beberapa milenial yang sudah melakukan puasa media sosial merasakan lebih tenang, karena mereka akan di hiasi oleh hari-hari yang produktif dengan fokus beribadah, belajar, atau melakukan hal-hal yang bermanfaat lainnya.
Artinya, bahwa detox media sosial yang sering para psikologi sampaikan juga bisa kita maknai sebagai tirakat ala generasi milenial.
Hedonis Berkedok Self-Reward
Ketiga, mengurangi gaya hidup yang konsumtif. Kemudahan dalam mengakses berbagai hal lahir dari kemajuan teknologi yang ada di era sekarang. Meningkatnya keinginan untuk mengonsumsi sesuatu didukung oleh kemudahan dalam mengaksesnya. Memesan berbagai barang hanya dengan gadged, diskon bertebaran di mana-mana, dan kemudahan-kemudahan yang lain.
Kemudahan tersebut yang selanjutnya meningkatkan keinginan mengkonsumsi berbagai hal yang aslinya tidak menjadi kebutuhan utama. Tetapi hanya untuk kesenangan semata. Tersebut tentu di zaman sekarang sejalan dengan konsep “jangan hedonis berkedok self-reward”
Jika kita tidak bijak mengikuti, kemajuan zaman yang semakin mempermudah generasi saat ini dalam menjalani hidup tidak seutuhnya memiliki efek yang baik bagi kehidupan. Sehingga, penulis memandang bahwa tirakat merupakan sebuah alternatif yang cocok sebagai laku. Di mana kita akan mampu mengendalikan diri dalam menjalani hari-hari di era kemajuan teknologi digital seperti sekarang ini.
Tiga rekomendasi tersebut tentunya adalah perluasan makna tirakat yang telah saya jelaskan di atas. Esensinya tetap sama, yaitu meninggalkan kesenangan, keinginan, dan hawa nafsu yang berlebihan sehingga berorientasi pada kemadhorotan.
Melalui tulisan ini harapannya, tirakat ala generasi milenial mampu menjadi solusi dari segala bentuk kepanikan dan stres yang menimpa, akibat hiruk pikuk serta kebingaran kehidupan modern sekarang ini. Seperti halnya yang Soehadha sampaikan, bahwa tirakat sering dilakukan oleh masyarakat modern, ketika terserang problem sebagai jalan keluar yang mengantarkan pada sebuah ketenangan. []