Mubadalah.id – Film yang lahir dari sutradara Sanjay Leela Bhansali yang mengadopsi dari novel berjudul Mafia Queen of Mumbai, karya Hussain Zaidi. Film Gangubai Kathwiadi ini didominasi oleh setting latar kota Kamathipura sebagai kota yang sibuk dengan aktivitas lokalisasi prostitusi di India.
Kurang lebih, film ini bercerita tentang kehidupan perempuan pada lingkungan prostitusi. Mereka melakukan aktivitas bisnis sebagai satu-satunya pilihan yang tidak bisa ditawar.
Perjuangan perempuan dan melihat berbagai sisi lain yang tidak kita lihat pada dunia prostitusi, dipertontonkan dalam film ini. Fokus Film Gangubai Kathiawadi adalah menceritakan tokoh utama yakni Ganggu sebagai seorang PSK yang berjuang menjadi pemimpin dan melakukan berbagai taka tiki politik untuk memperjuangkan nasib empat ribu perempuan PSK di kota tersebut.
Namun, sebelum melanjutkan pembahasan mengenai apa yang telah Ganggu lakukan. Saya ingin mengeksplorasi hal-hal tersirat yang seringkali tidak terungkap dalam realitas masyarakat dalam memandang prostitusi.
Martabat Seorang Perempuan
Film tersebut telah membuka mata tentang integritas dan mengunggulkan martabat seorang perempuan. Ganggu mengajarkan kepada para PSK, walaupun dia dan empat ribu perempuan lain yang hidup pada rumah-rumah bordil yang bertugas melayani laki-laki, namun tetap memegang prinsip.
Mereka tetap harus hidup dengan memegang kuat martabat sebagai perempuan. Menuntut segala bentuk kekerasan dalam proses menjadi pelayan, mendapatkan upah yang layak dan sebanding dengan layanan yang mereka berikan, serta melayani hanya bersifat pekerjaan. Sehingga di luar ruang pelayanan, relasi antara pelanggan dan seorang PSK sudah terputus.
Kondisi ini juga selanjutnya mencerminkan profesionalitas. Mereka bekerja dengan manajemen diri dan profesionalitas. Pandangan tentang ini tentu tidak banyak masyarakat miliki. Di mana kita memiliki kecenderungan melihat pada satu sisi dengan kacamata agama semata.
Cara ini yang selanjutnya menyeret masyarakat untuk terjebak pada “membenci orangnya juga.” Padahal harusnya kita hanya boleh “membenci pekerjaannya”. Sikap bahwa setiap diri memiliki martabat ini juga representasi bahwa setiap diri memiliki otoritas atas tubuh yang mereka miliki.
Kesadaran atas otoritas diri ini juga tergambarkan kuat dalam film Gangubai Kathiawadi ini. Misalnya pada saat mereka juga membutuhkan hari libur dan ingin memanjakan diri untuk pergi ke tempat hiburan, seperti menonton film. Saat itu secara tegas, Ganggu meminta pemimpin Mumbai untuk menghukum pelanggan yang telah memberikan kekerasan pada saat Ganggu melayaninya.
Korban Perdagangan Orang
Selanjutnya, gambaran tentang kronologi seorang perempuan terperosok dalam dunia prostitusi sudah tergambarkan dengan begitu apik. Mereka secara mayoritas adalah korban dari perdagangan orang. Maraknya fenomena ini selanjutnya membuka mata, bahwa sebenarnya pilihan tersebut bukanlah sepenuhnya yang perempuan inginkan. Di mana mereka masuk terjebak dalam lingkungan prostitusi.
Mereka sangat mungkin berposisi sebagai korban. Jika kita bisa merenungi scene ini dalam cerita film Ganggubay, nampaknya kita tidak akan mudah menyalahkan mereka kalangan PSK yang hidup di sekitar kita.
Bagian lain yang perlu kita resapi lebih mendalam untuk mendapatkan pandangan baru atas dunia prostitusi adalah Ganggu yang memperjuangkan pendidikan anak-anak para PSK. Artinya, justifikasi atas individu yang tidak masyarakat terima atas alasan pekerjaan yang “buruk” tidak memastikan dia tidak melakukan kemuliaan, perlu kita pikirkan ulang. Mereka sangat mungkin bahkan banyak melakukan kemuliaan untuk orang lain.
Peran Ganggu sebagai perempuan PSK bermanuver untuk merealisasikan misinya menyelamatkan empat ribu perempuan di lingkungan bisnis prostitusi. Ia memainkan retorika yang sangat lincah berelasi dengan berbagai stakeholder yang memiliki pengaruh di Mumbai.
Pemimpin Harus Selesai dengan Dirinya Sendiri
Pada setiap diskusi yang kami lakukan, sebagai penonton Film Gangubai Kathiawadi, memiliki kesan bahwa ia memiliki taktik. Di mana kurang lebih melibatkan; komitmen diri, keyakinan atas martabat dan kemampuan menyusun retorika yang mapan. Lebih mendasar lagi, saya sebagai penonton menangkap dari peran Ganggu bahwa seorang pemimpin memang harus sudah selesai dengan urusan diri dia sendiri.
Tidak ada orientasi politik yang tertuju untuk kepentingan dirinya. Bahkan setiap pemimpin berani merasakan kerugian atas diri sendiri. Hal ini sangat terlihat saat dia harus kehilangan orang yang ia cintai untuk dinikahi oleh perempuan, demi mendobrak pandangan “pernikahan di kota Kamathipura adalah angah-angan”
Ganggu cukup merepresentasikan seorang perempuan yang memiliki kemampuan untuk masuk dalam arena politik. Ia memiliki kemampuan, modal dan keinginan untuk terus menjadi bagian dari perjuangan perempuan.
Selanjutnya, sosok Ganggu juga memberikan penegasan bahwa bukan tentang perempuan yang tidak mungkin menjadi bagian arena politik yang penuh taktik. Ini tentang kemampuan, baik perempuan maupun laki-laki yang memiliki kemampuan, pengetahuan dan jiwa yang mumpuni sangat mungkin menjadi bagian dari pertarungan politik. Sekian. []