Mubadalah.id – Selalu saja ada pesan hikmah yang menarik dari seorang Buya KH Husein Muhammad. Terlebih di saat beliau menjelaskan tentang makna sejati dari sebuah pernikahan.
Mulanya, sebagaimana keumuman dalil yang diambil, ayat-ayat pernikahan ala Buya Husein mengutip ayat yang memuat kandungan tentang pernikahan dalam QS. Ar-Ruum: 21. Allah Swt berfirman:
وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
“Di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah bahwa Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari (jenis) dirimu sendiri agar (di antara) kamu merasa tenteram kepadanya. Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”
Namun, pemaknaan yang Buya Husein sampaikan selalu menekankan pada prinsip-prinsip keadilan hakiki yang wajib dijalani antar-pasangan. Menurut Buya Husein, akad nikah adalah cara yang dihalalkan oleh Allah Swt agar laki-laki dan perempuan bisa menjalin hubungan secara bertanggung jawab.
Pengasuh Pondok Pesantren Dar Al Fikr Arjawinangun, Cirebon itu menghadirkan definisi kuat bahwa akad nikah adalah sebuah perjanjian yang harus tersusun dan terlaksana secara tulus oleh setiap pasangan.
Buya Husein menjelaskan bahwa ayat tersebut mengandung tiga hal penting yang perlu kita perhatikan dalam sebuah pernikahan, yaitu “sakinah, mawaddah, dan rahmah.” Meskipun mampu mengartikan “sakinah” sebagai ketenteraman, tetapi tidak banyak orang bisa dengan fasih membedakan makna lafaz “mawaddah” dan “rahmah.” Orang-orang cenderung menyeragamkan makna kedua kata tersebut sebagai “cinta kasih.”
Padahal, menurut Buya Husein, “mawaddah” merupakan makna cinta kasih yang lebih berhubungan dengan arti fisik. “Mawaddah” adalah cinta yang berkaitan dengan hasrat tubuh. Sedangkan “rahmah” memiliki arti yang lebih menyasar pada sikap dan nurani. Kata ini lebih bisa kita maknai sekaligus kita praktikkan sebagai “sikap kasih, kelembutan, kebaikan, ketulusan atau keikhlasan.”
Makna “Kasih”
Sikap “kasih” mengandung tiga makna. Pertama, riqqatul qolbi alias empati, bukan sekedar simpati. Empati adalah kemampuan sekaligus kerelaan untuk merasakan apa yang orang lain rasakan. Kedua, al-luthfu (lembut) baik perangai maupun cara bicaranya. Ketiga, maghfirah, memaafkan segala kekhilafan yang telah terjadi.
Oleh karena itu, suami-istri hendaklah saling memenuhi apa yang menjadi kebutuhan tubuh dan jiwanya masing-masing dengan mengedepankan prinsip kesalingan. Salah satu dari suami maupun istri tidak boleh bertindak sepihak, apalagi memaksa.
Masih menurut Buya Husein, yang tak kalah penting kita ingat adalah dalam ayat tersebut terdapat satu lafaz krusial. Yakni, kata “bainakum” yang bermakna “di antara kamu” yang menekankan nuansa “kesalingan.”
Oleh sebab itu, Buya Husein mengingatkan bahwa pahamilah pasangan sebagai “Aku yang lain.” Yang dengan menyayanginya, berarti mengasihi diri sendiri, begitu pun menyakitinya sama saja melukai diri sendiri.
Prinsip Kesalingan
Selain itu, prinsip kesalingan dalam Islam juga muncul dalam penggunaan lafaz “azwajan” atau “zaujun” yang berarti pasangan, bukan “ba’lun,” yang meskipun memiliki nuansa makna yang taradif (sinonim), akan tetapi kata dengan bentuk kedua mengandung adanya unsur hierarki atau hubungan atasan dan bawahan.
Oleh karena itu pula, Buya Husein kembali mengingatkan bahwa anjuran menikah adalah menyempurnakan ketakwaan. Yang ternyata, takwa tersebut bukanlah makna yang menunjukkan pada hasil, tetapi proses atau ikhtiar yang perlu kita lakukan secara terus menerus. Dalam QS. An-Nisa: 1, Allah Swt berfirman:
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
“Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakanmu dari diri yang satu (Adam) dan Dia menciptakan darinya pasangannya (Hawa). Dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.”
Berdasarkan ayat-ayat pernikahan ala Buya Husein, makna takwa dalam ayat tersebut adalah anjuran untuk mengendalikan diri. Minimal, dengan menjaga lisan dan tidak berbicara seenaknya kepada pasangan, sebagai standar minimal mawaddah dan rahmah. Di mana langkah ini sebagai jalan ikhtiar dalam mendapatkan keridlaan dari Allah Swt. Wallahu a’lam. []
*Disarikan dari tausiyah Buya KH Husein Muhammad, dalam resepsi pernikahan ananda Fayiqoh dan Faiz, di Pondok Pesantren Balerante, Cirebon, Kamis, 4 Juli 2024