Sabtu, 6 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    Mahfud MD

    Mahfud MD Ungkap Masalah Utama Bangsa, Beberkan Cara Gus Dur Tangani Krisis dan Demo

    Bersaudara dengan Alam

    GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Demokrasi Deliberatif

    Habermas dan Senayan: Demokrasi Deliberatif yang Absen di Indonesia

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi Tahun Ini Diwarnai oleh Darah

    Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

    Kepercayaan Rakyat

    Mengembalikan Kepercayaan Rakyat: Pelajaran dari Kesederhanaan Umar bin Khattab

    Mereset Hidup

    Usaha Mereset Hidup menurut Fahruddin Faiz

    Tuntutan 17+8

    Mari Kita Baca Bersama Tuntutan 17+8

    Demo dan Kemerdekaan

    Demo dan Kemerdekaan: Luka di Balik 80 Tahun Kemerdekaan

    Affan Kurniawan

    Affan Kurniawan dan Ketidakadilan yang Kasat Mata

    Gusdurian

    Gusdurian di Mata Seorang Warga Muhammadiyah

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mencintai Nabi

    Tradisi Maulid: Ekspresi Umat Islam dalam Mencintai Nabi

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi: Cahaya bagi Kaum Tertindas

    Kelahiran Nabi Muhammad yang

    Menyambut Kelahiran Nabi Muhammad Saw dengan Penuh Sukacita

    Pendidikan Agama

    Membekali Anak dengan Pendidikan Agama

    Keberagaman

    Membekali Anak untuk Menghargai Keberagaman

    Nonseksis

    Tidak Membedakan Jenis Kelamin (Nonseksis) Kepada Anak

    Indonesia Rumah Bersama

    Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama

    Teori Peradaban Ibnu Khaldun

    Membaca Indonesia melalui Lensa al-‘Umrān: Teori Peradaban Ibnu Khaldun dan Relevansinya Hari Ini

    Janin dari

    Tahapan Pertumbuhan Janin: Dari Mudghah hingga Khalqan Akhar

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

    Mahfud MD

    Mahfud MD Ungkap Masalah Utama Bangsa, Beberkan Cara Gus Dur Tangani Krisis dan Demo

    Bersaudara dengan Alam

    GUSDURian Ajak Manusia Kembali Bersaudara dengan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Demokrasi Deliberatif

    Habermas dan Senayan: Demokrasi Deliberatif yang Absen di Indonesia

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi Tahun Ini Diwarnai oleh Darah

    Demo

    Apakah Demo Itu Selalu Anarkis?

    Kepercayaan Rakyat

    Mengembalikan Kepercayaan Rakyat: Pelajaran dari Kesederhanaan Umar bin Khattab

    Mereset Hidup

    Usaha Mereset Hidup menurut Fahruddin Faiz

    Tuntutan 17+8

    Mari Kita Baca Bersama Tuntutan 17+8

    Demo dan Kemerdekaan

    Demo dan Kemerdekaan: Luka di Balik 80 Tahun Kemerdekaan

    Affan Kurniawan

    Affan Kurniawan dan Ketidakadilan yang Kasat Mata

    Gusdurian

    Gusdurian di Mata Seorang Warga Muhammadiyah

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mencintai Nabi

    Tradisi Maulid: Ekspresi Umat Islam dalam Mencintai Nabi

    Maulid Nabi

    Maulid Nabi: Cahaya bagi Kaum Tertindas

    Kelahiran Nabi Muhammad yang

    Menyambut Kelahiran Nabi Muhammad Saw dengan Penuh Sukacita

    Pendidikan Agama

    Membekali Anak dengan Pendidikan Agama

    Keberagaman

    Membekali Anak untuk Menghargai Keberagaman

    Nonseksis

    Tidak Membedakan Jenis Kelamin (Nonseksis) Kepada Anak

    Indonesia Rumah Bersama

    Gus Dur Mengajarkan Indonesia Rumah Bersama

    Teori Peradaban Ibnu Khaldun

    Membaca Indonesia melalui Lensa al-‘Umrān: Teori Peradaban Ibnu Khaldun dan Relevansinya Hari Ini

    Janin dari

    Tahapan Pertumbuhan Janin: Dari Mudghah hingga Khalqan Akhar

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Trans Jogja Ramah Difabel, Insya Allah!

Alih-alih bersikap berat sebelah, aksesibilitas transportasi justru dapat memotivasi publik untuk sama-sama beralih menggunakan transportasi massal.

M. Khoirul Imamil M M. Khoirul Imamil M
3 Juni 2025
in Publik
0
Trans Jogja

Trans Jogja

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pada dua edisi sebelumnya, saya telah menulis tentang Trans Jogja. Pada artikel berjudul Kemanusiaan sebelum Aksesibilitas: Kita—Difabel, saya berupaya menguraikan pribadi kondektur bus Trans Jogja yang sangat ramah difabel.

Malam lalu, saat dalam perjalanan dari Giwangan menuju Jombor, sisi keramahan Trans Jogja kembali saya jumpai. Saat itu, bus berisi lima orang—termasuk saya. Kami tersebar di beberapa sisi bangku yang dapat saling mengamati satu sama lain.

Pada satu kesempatan, seorang perempuan paruh baya yang duduk di bangku belakang bus terlihat asyik mengobrol. Dengan gawai di hadapan wajahnya, ia sepertinya tengah menerima panggilan video (video call).

Ia tak mengenakan penyuara jemala (headset) pada kedua telinganya. Hampir-hampir setiap penumpang di dalam bus Trans Jogja itu dapat “mencuri dengar”pembicaraannya.

Namun, saya yang duduk di sisi seberangnya hanya mendengar suara dari sisi seberang. Dengan nakal saya mencoba meliriknya. Desain posisi kursi di bus Trans Jogja memang memungkinkan setiap penumpang untuk bisa saling “melempar pandangan”.

Saya dapati mulutnya tidak bersuara. Ia berbicara menggunakan bahasa isyarat. Tangannya aktif mengujarkan kode-kode yang sama sekali tidak saya pahami. Tapi lawan bicaranya nun di tempat sana sepertinya sangat paham.

Saya lalu memendarkan pandangan ke sekeliling. Penumpang lain terlihat tenang-tenang saja. Tidak ada gelagat risih atau merendahkan terhadap penumpang difabel bisu tadi.

Dari situ, saya menjadi makin yakin bahwa Trans Jogja insya Allah benar-benar ramah difabel. Meski tentu, belum seratus persen sempurna!

Regulasi Transportasi Publik Ramah Difabel

Keramahan layanan bus Trans Jogja terhadap kawan difabel sejatinya tak lain merupakan pengejawantahan atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bahkan secara spesifik telah menerbitkan aturan turunan terhadap undang-undang tersebut dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender.

Merujuk pada ketentuan regulasi tersebut, penyandang difabilitas berhak untuk memperoleh moda transportasi publik yang aman, terjangkau, setya aksesibel. Selain itu, kawan difabel juga mesti beroleh jaminan aman dari segala bentuk diskriminasi atau perendahan martabat.

Sementara, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY melalui Dinas Perhubungan DIY, pada akhir Oktober tahun lalu, secara serius berjanji untuk meningkatkan aksesibilitas Trans Jogja. Pemprov menggandeng beberapa mitra, seperti PT Anindya Mitra Internasional (AMI), PT Jogja Tugu Trans (JTT), hingga Ombudsman dan Forum Komunikasi Difabel DIY.

Pada praktiknya, pengupayaan transportasi publik ramah difabel seperti bus Trans Jogja mestinya tak melulu menaati regulasi semata. Alih-alih sekadar formalitas rapuh, kehadiran moda transportasi publik yang inklusif juga semestinya dapat mendorong terwujudnya masyarakat setara.

Sejuta Manfaat Mengiringi

Regulasi serta praktik sederhana bagi hadirnya moda transportasi publik ramah difabel sejatinya berjalan beriringan dengan manfaat yang nantinya bertumbuh. Inklusivitas transportasi dapat menjadi titik balik bagi kawan difabel berdaya—bukan lagi sekadar objek pemberdayaan.

Nathasya Zallianty (2025) dalam catatannya menyebut tiga manfaat utama dari kehadiran transportasi publik ramah difabel seperti Trans Jogja. Ketiganya yakni peningkatan partisipasi kerja, stimulasi kegiatan ekonomi, serta komprehensivitas pemanfaatan transportasi publik.

Dalam hal peningkatan partisipasi kerja, kemudahan akses mobilitas kawan difabel dapat menjembatani mereka untuk berjejaring. Perluasan jaringan kerja (networking) dapat memperbesar peluang mereka untuk membangun kerja-kerja kolaboratif dengan berbagai kalangan.

Kita juga tidak bisa memungkiri bahwa moda transportasi memiliki kaitan erat dengan roda perekonomian. Setiap penggunaan alat transportasi selalu bersambut dengan transaksi ekonomi, baik dalam rangka produksi, distribusi, maupun konsumsi.

Terakhir, aksesibilitas transportasi bagi difabel sebenarnya tak berarti mengistimewakan difabel semata. Alih-alih bersikap berat sebelah, aksesibilitas transportasi justru dapat memotivasi publik untuk sama-sama beralih menggunakan transportasi massal.

Kita tentu menyadari bersama bahwa hari ini transportasi privat telah menjelma menjadi raksasa yang memonopoli jalan. Alhasil, kemacetan merupakan hal jamak yang menyeruak hampir di setiap saat. Bukannya kenyamanan yang kita peroleh, kita justru acap menggerutu terjebak dalam kesumpekan berjam-jam.

Bukankah telah tiba masanya bagi kita untuk melakukan tobat transportasi? []

 

 

 

 

 

Tags: AksesibilitasHak-hak Disabilitastobat transportasiTrans JogjaTransportasi InklusifTransportasi Publik
M. Khoirul Imamil M

M. Khoirul Imamil M

Pernah nekat menggelandang sepanjang Olomouc-Bratislava-Wina-Trier-Luksemburg.

Terkait Posts

Pendidikan Inklusi
Publik

Pendidikan Inklusi Bukanlah Proyek

27 Agustus 2025
Sekolah inklusif
Publik

Relokasi Demi Sekolah Rakyat: Kenapa Bukan Sekolah Inklusi?

23 Agustus 2025
Inklusi Sosial
Publik

Inklusi Sosial Penyandang Disabilitas

20 Agustus 2025
Zakat Disabilitas
Publik

Menyoal Zakat bagi Penyandang Disabilitas Part 2

11 Agustus 2025
Dunia untuk Difabel
Personal

Bagaimana Jika Kita Merancang Dunia untuk Difabel?

7 Agustus 2025
Kemerdekaan bagi Difabel
Personal

Kemerdekaan bagi Difabel, Bukan Sekadar Akses

4 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Maulid Nabi

    Maulid Nabi: Cahaya bagi Kaum Tertindas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Habermas dan Senayan: Demokrasi Deliberatif yang Absen di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyambut Kelahiran Nabi Muhammad Saw dengan Penuh Sukacita

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membekali Anak dengan Pendidikan Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tradisi Maulid: Ekspresi Umat Islam dalam Mencintai Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Tradisi Maulid: Ekspresi Umat Islam dalam Mencintai Nabi
  • Maulid Nabi: Cahaya bagi Kaum Tertindas
  • Menyambut Kelahiran Nabi Muhammad Saw dengan Penuh Sukacita
  • Habermas dan Senayan: Demokrasi Deliberatif yang Absen di Indonesia
  • Membekali Anak dengan Pendidikan Agama

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID