Mubadalah.id – Salah satu larangan yang tertentu bagi golongan laki-laki adalah memakai sutra, entah dalam bentuk baju, sarung dan sebagainya. Larangan ini memang tertentu bagi laki-laki, sementara wanita boleh saja menggunakannya. Mengenai alasannya, Ibn Majah meriwayatkan hadis yang diceritakan oleh Ibn Umar, saat itu Nabi Muhammad saw. keluar rumah, salah satu tangannya memegang sutra, yang satunya lagi memegang emas. Tapi ada kondisi lelaki boleh memakai sutra sebagaimana Syekh al-Malibary menjelaskan dalam Fath al-Muin secara khusus dalam sebuah cabang masalah.
Saat dalam Peperangan
Dengan materialnya yang halus, dahulu sutra dijadikan alat untuk menepis pedang musuh dalam teknik perang berhadapan langsung dengan musuh. Bukan hanya itu, sutra juga dijadikan sebagai manuver untuk menciutkan nyali musuh, dengan sutra musuh akan menyimpulkan bahwa pasukan yang sedang dilawannya adalah pasukan berpengalaman dengan berbagai peralatan perang yang mewah.
Pakaian untuk Shalat
Sutra boleh digunakan saat tidak ada pakaian lain yang bisa digunakan menutupi aurat untuk shalat, sementara itu waktu shalat tersebut sudah hampir berakhir. Hal ini agar orang yang bersangkutan tidak sampai meninggalkan kewajiban shalat
Luka atau terkena penyakit kulit
Di sebagian kalangan sutra dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka lecet tergores atau borok di betis. Hal ini karena sutra dapat mengurangi gesekan luka dengan pakaian yang biasanya tak sehalus dan selembut sutra.
Mengusir Kutu
Kita akan merasa terganggu saat tempat tidur kita banyak kutu. Salah satu triknya adalah dengan menggunakan sutra yang dijadikan pakaian bantal, atau dijahitkan pada seprei. Ini bukan mitos, keterangan tersebut bisa ditemukan pada kitab I’anah al-Thalibin, juz II, hlm. 92.
Tak hanya itu, pada halaman yang sama dalam I’anah al-Thalibin, Syekh Syatha al-Dumyathi juga mengajukan dalil bagi semua alasan kebolehan memakai sutra di atas, ia menukil hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَخَّصَ لِعَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ، وَالزُّبَيْرِ فِي قَمِيصٍ مِنْ حَرِيرٍ، مِنْ حِكَّةٍ كَانَتْ بِهِمَا
“Nabi Muhammad saw. memberikan keringanan pada Abd al-Rahman bin’Auf, dan Zubair dalam menggunakan gamis dari sutra, saat mereka berdua terkena gatal-gatal”, (HR. Al-Bukhori dan Muslim).
Kebolehan memakai sutra dengan berbagai alasan di atas sejatinya karena ada kebutuhan dan kerena terdesak. Hal ini diposisikan sebagaimana dalam kondisi darurat, sejalan dengan kaidah
الحاجة تنزل منزلة الضرورة عامة كانت او خاصة
“Kebutuhan diposisikan sebagaimana dalam kondisi darurat, baik secara umum, maupun secara khusus”
Dari penjelasan di atas, dengan demikian laki-laki diperbolehkan memakai sutra dengan alasan-alasan tersebut di atas, sesuai porsi untuk memenuhi kebutuhan dan kadar menolak mafsadat dalam kondisi terdesak. Seperti dalam sebuah kaidah ‘Al-Dlaruratu tuqoddaru biqodriha’, kebolehan saat kondisi darurat ditakar sesuai dengan kadar darurat tersebut.
Biasanya dalil yang menjadi pengharaman lelaki memakai sutra adalah sabda nabi
إِنَّ هَذَيْنِ مُحَرَّمٌ عَلَى ذُكُورِ أُمَّتِي حِلٌّ لِإِنَاثِهِمْ
“Sesungguhnya dua benda ini diharamkan bagi kaum laki-laki ummatku, boleh bagi kalangan perempuannya (ummatku)” (HR. Ibn Majah).
Wallahu a’lam bish shawab.