Mubadalah.id – Pandemi virus corona tahun ini benar-benar mengguncang warga dunia baik secara fisik maupun mental. Masyarakat diharuskan mengisolasi diri untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih parah. Karena di seluruh dunia, gereja-gereja ditutup untuk membatasi penyebaran virus.
Banyak yang bertanya di mana Tuhan dalam dunia virus corona? Itu jika Dia ada di sana. Apakah Dia berada di karantina mandiri yang tidak dapat diakses? Dari mana atau dari siapa kita bisa mendapatkan penghiburan atau pengharapan yang nyata?
Dunia yang rapuh
Belum pernah kita mengalami penguncian kota dan bahkan negara, penutupan perbatasan, larangan perjalanan, penutupan semua kecuali layanan penting, larangan pertemuan olahraga besar, kota-kota sunyi dan kota-kota yang meneriakkan rasa takut serta diri sendiri. -isolasi.
Virus corona yang baru saja muncul di penghujung tahun 2019 tiba-tiba menciptakan situasi yang buruk ini! Apakah ini mimpi? Kita mungkin masih ingat aktivitas kita di sekolah, mall, dan pasar, tapi tiba-tiba kita tidak bisa masuk ke tempat-tempat tersebut.
Ini bukti bahwa dunia kita rapuh. Setiap dari kami telah terbiasa dengan dunia yang cukup stabil, di mana kehidupan dapat diprediksi secara wajar. Sekarang semuanya tampak runtuh: hal-hal yang selalu kita andalkan telah hilang, dan kita tidak pernah dihadapkan pada kekuatan yang berada di luar kendali kita.
Orang-orang takut akan kesehatan mereka, baik fisik maupun psikologis; untuk keluarga dan teman mereka, khususnya orang tua dan lemah; untuk jaringan sosial mereka, persediaan makanan mereka, pekerjaan mereka, keamanan ekonomi, dan sejumlah hal lainnya.
Keadaan ini tentunya berbeda dengan pandemi di zaman dahulu ketika manusia masih memiliki dimensi spiritual yang lebih kuat dibanding saat ini. Di zaman kuno, manusia berdoa untuk pengampunan dan keselamatan dari Tuhan setiap hari. Tetapi saat ini, semakin sedikit orang yang memiliki dimensi ketuhanan apapun dalam hidup mereka.
Penderitaan dan Sakit
Mengenai penderitaan dan rasa sakit, kedua hal ini tidak dapat dipisahkan dari kejahatan. Pandemi virus corona dapat dianggap sebagai kejahatan alam karena ini bukan kerusakan murni yang disebabkan oleh manusia. Perlu dicatat bahwa penderitaan dan rasa sakit bersumber dari dua hal.
Pertama, adanya penderitaan akibat bencana alam dan penyakit yang tidak (secara langsung) menjadi tanggung jawab manusia: gempa bumi, tsunami, kanker, dan virus corona. Tetapi wabah virus corona tampaknya merupakan kasus kejahatan alami (meskipun kejahatan moral bersembunyi di dekatnya dalam pembelian dan penimbunan makanan karena panik yang egois).
Kedua, ada penderitaan yang menjadi tanggung jawab langsung pria dan wanita: tindakan kebencian, teror, kekerasan, pelecehan, dan pembunuhan. Itu mengarah pada masalah kejahatan moral. Kita semua memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup untuk menghadapi pandemi. Perasaan cemas dan takut akan tetap ada; Perasaan ingin bergantung pada Tuhan pasti akan tetap ada di hati.
Fungsi Nyeri
Pengalaman manusia dan kedokteran dasar mengajarkan kita bahwa rasa sakit memiliki peran penting dalam hidup kita. Pertama, rasa sakit memperingatkan kita tentang bahaya. Jika, misalnya, Anda meletakkan tangan Anda terlalu dekat dengan api, sistem saraf Anda mengingatkan otak Anda, dan Anda merasakan sakit, yang membuat Anda menarik tangan Anda dan melindunginya dari cedera.
Kedua, sejumlah rasa sakit terlibat dalam perkembangan fisik. Misalnya jika atletik, pendakian gunung, atau pertandingan sepak bola Amerika yang menuntut fisik, rugby Inggris, dan tinju adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh para penggemar olahraga akan menanggung rasa sakit yang luar biasa untuk berprestasi.
Ketiga, pada tingkat yang lebih dalam, penderitaan dan rasa sakit dapat berkontribusi pada pembentukan karakter. Ada banyak contoh ketahanan dan ketabahan dalam menghadapi penderitaan yang membentuk karakter berkualitas tinggi.
Bagaimana Bisa Ada Virus Corona Jika Ada Tuhan Yang Maha Pengasih? Menurut John C. Lennox, untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, kita perlu memahami tiga hal: pertama, sifat virus secara umum; kedua, sifat kemanusiaan; dan ajaran agama ketiga.
Pertama, sifat dari virusnya, mungkin sebagian dari kita menyadari bahwa segala sesuatu yang diciptakan Tuhan memiliki arti dan tujuan yang baik. Meski virus corona yang menyerang manusia sebenarnya memiliki tujuan yang baik, namun manusia terkadang melupakannya dan selalu menyalahkan takdir.
Kedua, sifat kemanusiaan. Tuhan telah membuat hal-hal yang tidak pernah melakukan kesalahan moral. Tuhan bisa saja menciptakan dunia robot yang secara otomatis mengikuti program bawaan mereka. Tapi dunia itu tidak akan berisi kita manusia. Faktanya, orang-orang yang ingin menghuni dunia tanpa kemungkinan kejahatan sebenarnya menginginkan diri mereka hilang dari keberadaan.
Alasannya adalah salah satu hadiah terbesar yang Tuhan berikan kepada kita adalah karena keinginan bebas. Kita dapat mengatakan ya atau tidak, dan kapasitas itu membuka hal-hal yang luar biasa: cinta, kepercayaan, dan hubungan yang tulus dengan Tuhan dan satu sama lain. Akan tetapi, kemampuan luar biasa dan baik yang sama itu membuat kita mampu melakukan kejahatan, meskipun itu tidak mengizinkan kita untuk melakukan kejahatan.
Begitu pula dengan semua kesenangan yang kita miliki saat ini. Itu bukanlah sesuatu yang datang secara alami tetapi merupakan pemberian dari Tuhan. Orang yang memiliki kesenangan lebih diharapkan dapat berbagi dengan orang lain.
Banyak masyarakat kelas bawah yang kesulitan menghadapi pandemi virus corona. Ini adalah kesempatan bagi mereka yang memiliki lebih banyak kekayaan untuk membagikannya dan bersikap baik kepada orang lain. Apa yang harus kita lakukan? Menghadapi pandemi yang terus berlanjut ini, kita perlu melakukan hal-hal baik seperti memperhatikan nasehat, menjaga cara pandang, dan menyayangi sesama.
Pertama, pada tingkat praktis, sebaiknya kita memperhatikan nasihat medis terbaik hari ini. Untuk mengurangi penyebaran virus, karantina telah diberlakukan bagi orang-orang yang paling berisiko, terutama orang tua dan mereka yang memiliki kondisi medis mendasar pada jantung dan sistem pernapasan.
John C. Lennox mengutip dari C.S Lewis tentang bagaimana menanggapi senjata atom yang mengerikan bagi umat manusia dengan menerapkannya pada pandemi virus corona di dalamnya. John C. Lennox menyisipkan “coronavirus”, “virus”, atau “pandemi” dalam tanda kurung siku di titik-titik yang relevan untuk memberikan gagasan (saya akui sedikit tidak sempurna, dan saya minta maaf untuk itu):
“Di satu sisi kami berpikir terlalu banyak tentang bom atom (virus corona). ‘Bagaimana kita hidup di zaman (pandemi) atom?’ Saya tergoda untuk menjawab: ‘Mengapa, seperti yang Anda akan hidup di abad keenam belas ketika wabah mengunjungi London hampir setiap tahun, atau seperti Anda akan hidup di Usia Viking ketika perampok dari Skandinavia mungkin mendarat dan memotong tenggorokanmu setiap malam; atau memang, karena Anda sudah hidup di zaman kanker, usia sifilis, usia kelumpuhan, usia serangan udara, usia kecelakaan kereta api, usia kecelakaan motor.”
“Dengan kata lain, jangan biarkan kami memulai dengan melebih-lebihkan hal baru dari situasi kami. Percayalah, Tuan atau Nyonya, Anda dan semua yang Anda cintai telah dijatuhi hukuman mati sebelum bom atom (coronavirus) ditemukan: dan cukup banyak dari kita yang akan mati dengan cara yang tidak menyenangkan. Kami memang memiliki satu keunggulan yang sangat besar dibandingkan anestesi nenek moyang kami; tapi kita masih punya itu. Sangat konyol untuk terus merintih dan menggambar wajah muram karena para ilmuwan (virus corona) telah menambahkan satu lagi kemungkinan kematian yang menyakitkan dan prematur ke dunia yang sudah penuh dengan peluang seperti itu dan di mana kematian itu sendiri bukanlah sebuah kesempatan sama sekali, tetapi suatu kepastian.
“Ini adalah poin pertama yang harus dibuat: dan tindakan pertama yang harus diambil adalah menyatukan diri. Jika kita semua akan dihancurkan oleh bom atom (virus corona), biarlah bom (virus) itu datang menemukan kita melakukan hal-hal yang masuk akal dan manusiawi, berdoa, bekerja, mengajar, membaca, mendengarkan musik, memandikan anak-anak, bermain tenis , mengobrol dengan teman-teman kita sambil minum bir dan permainan anak panah yang tidak berkerumun seperti domba yang ketakutan dan memikirkan tentang bom (virus). Mereka mungkin menghancurkan tubuh kita (mikroba dapat melakukan itu) tetapi mereka tidak perlu mendominasi pikiran kita.” (Sumber: “On Living in An Atomic Age” in Present Concerns: Journalistic Essays (1948))
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, manusia adalah makhluk hidup yang bermoral; manusia harus saling membantu dalam situasi ini. Maka cintai tetangga kita. Karena dalam menghadapi virus corona, kita semua sederajat. Tidak ada derajat yang lebih tinggi atau lebih rendah dalam suatu pandemi.
Sebenarnya ada beberapa tanggapan lain yang disampaikan oleh John C. Lennox, namun ketiga hal di atas sudah cukup untuk merepresentasikan apa yang paling penting bagi manusia. John C. Lennox ingin pembaca memahami bahwa Tuhan selalu bersama kita di saat pandemi seperti ini. []