Mubadalah.id – Sebagai penggemar film komedi, ketika Imajinari memutuskan untuk rilis “Film Agak Laen” awal Februari lalu, saya menyambutnya dengan antusias. Bagaimana tidak, film pertamanya yang berjudul “Ngeri-Ngeri Sedap” berhasil mematahkan mitos bahwa film dengan nuansa budaya lokal biasanya akan anjlok di pasaran.
Nyatanya, stigma itu mereka hapuskan melalui alur cerita yang menggugah dan menyentuh dari sebuah keluarga di Danau Toba sana.
Namun, berbeda dengan film pertama Imajinari yang lebih kuat dengan unsur dramanya, film ketiganya usai merilis “Jatuh Cinta Seperti di Film-film” didominasi oleh banyak punchline. Selama hampir dua jam, kita akan disuguhkan banyak lawakan konyol yang akan membuat kita terpingkal-pingkal.
Cerita “Agak Laen” sendiri mengisahkan tentang tiga sekawan yang bekerja pada sebuah rumah hantu bernama Bene (Bene Dion), Jegel (Indra Jegel), dan Boris (Boris Bokir). Meski tiap malam mereka berupaya keras untuk menakut-nakuti pengunjung, sayangnya rumah hantu mereka kian sepi peminat.
Kondisi ini kemudian menggugah sahabat mereka bernama Oki (Oki Rengga) yang baru keluar dari penjara. Kemudian mengusulkan agar rumah hantu mereka agar direnovasi supaya terlihat lebih seram.
Mereka menyambut antusias ssul Oki tersebut. Tak lama setelahnya mereka pun bergegas menyusun rencana untuk memperbaiki rumah hantu. Tujuannya agar semakin banyak pengunjung yang akhirnya akan membuahkan lebih banyak profit pada mereka. Semangat empat sahabat untuk menambah pundi-pundi uang sendiri bukan tanpa sebab.
Rumah Hantu
Bagi Oki, kehidupannya setelah keluar dari penjara amat suram. Ia pernah menjadi pegawai wahana lempar bola yang menyebabkan ia harus masuk angin karena harus berkali-kali tercebur dalam kolam. Meski begitu, pendapatannya tak seberapa, dan ketika ia bekerja, ia malah baku hantam dengan pengunjung yang saat itu tengah usil padanya.
Oki pun memutuskan berhenti dan mencoba bergabung dengan rumah hantu milik Bene, Jegel, dan Boris. Ia mengaku membutuhkan uang untuk menebus obat ibunya yang sakit-sakitan. Sebelas dua belas dengan Oki yang kondisi keuangannya sedang kembang kempis. Ketiga kawannya juga mengalami hal serupa.
Para preman terus mengintai Jegel untuk yang menagih hutang akibat kebanyakan main judi. Bene tak kalah pusing, ia yang ingin menikahi pujaan hati harus terkendala oleh permintaan sang calon mertua yang terus menaikkan standar pesta pernikahan.
Ayah pacarnya itu bahkan meminta agar Bene dapat menyanggupi untuk mengundang 1000 tamu undangan dalam pesta Bene dan Naomi. Selain Jegel dan Bene, persoalan Boris tak kalah pelik. Ia ingin mencoba mewujudkan impian mamaknya yang ingin Boris menjadi tentara.
Apa daya, Boris hingga kini belum punya uang untuk menebus permintaan sang calo (Soleh Solihun). Untuk itu, ia berupaya agar uangnya terkumpul dulu agar akhirnya dapat menuruti permintaan sang ibu.
Dinamika Hubungan Anak dan Orangtua
Meski bukan film drama, namun penonton akan tersuguhi pelajaran penting bagaimana dinamika hubungan orangtua dan anak dari berbagai versi. Sebagai mantan narapidana, Oki merasa ia adalah seorang anak yang gagal. Di sisi lain, sang ibu justru dengan berbesar hati menerimanya dan memaafkan semua kesalahannya.
Meski terdengar sulit, namun realitanya penerimaan orangtua terhadap kesalahan anak berdampak positif bagi kedua belah pihak. Riset dari Kiefer (2010) bahkan menunjukkan bahwa sejatinya sikap pemaaf dari orangtua ini bahkan bisa kita latih agar anak dan orangtua dapat menjalin hubungan yang lebih harmonis.
Selain drama Oki dan ibunya, kita juga disuguhi dengan betapa sulitnya Bene mendapat persetujuan dari ayah Naomi (Andri Nadeak) untuk menikahi putri kesayangannya. Ia berulang kali diberikan syarat sulit dari mengundang 1000 tamu hingga menyuguhkan Vicky Sianipar di panggung utama pernikahan mereka kelak.
Berbagai tantangan yang terus ayah Naomi berikan kepada Bene tak lain adalah cara orangtua untuk menguji kesungguhan calon menantu. Selain juga sebagai upaya aktualisasi sosial orangtua di kalangan saudara dan kolega.
Dengan menggelar pernikahan mewah, harapannya lingkungan sosial orangtua akan menganggap bahwa sang ayah tak salah menyetujui pinangan. Secara tidak langsung, ada anggapan orangtua juga akan berhasil karena ia telah menyerahkan putrinya kepada laki-laki yang siap bertanggungjawab lahir dan batin. []