Dari panggung Syncronize Festival Oktober 2018 dan 2019, meski tidak berairmata seperti “sobat ambyar”nya Didi Kempot The Godfather of Broken Heart, Nasida Ria kuat menghipnotis dan menuntun penontonnya bernyanyi bersama. Siapa tak kenal Nasida Ria? Tiga generasi pun mungkin masih mengenalnya. Sejak dipimpin Hajjah Mudrikah Zain tahun 1975 hingga kini 2019 dipimpin oleh Choliq Zain, Nasida Ria masih terus beregenerasi.
Melacak ke belakang tentang aktivitas perempuan bidang musik di tanah air agaknya tidak mudah. Minimnya jumlah band perempuan yang pernah ada di Indonesia, menjadi salah satu barometer yang menunjukkan bahwa band seolah hanya arena permainan para laki-laki.
Sama-sama di atas panggung, namun band perempuan tak sebanyak dan tak sesukses penyanyi perempuan atau band laki-laki. Tabu yang terbentuk dari penggolongan aktivitas manusia, bisa jadi alasan para perempuan ragu untuk bermain musik di atas panggung. Keraguan perempuan tumbuh karena bentukan budaya yang dilanggengkan oleh masyarakat pendukungnya. Namun hal ini tidak berlaku bagi Nasida Ria.
Kelompok musik yang beranggotakan 9 orang perempuan ini seolah tak pernah hancur terhantam badai. Di tahun 70-90an, kaset mereka diputar di masjid-masjid sebagai penanda adanya kegiatan keislaman. Bukan hanya masjid, mereka juga menjadi ratu panggung baik dalam maupun luar negeri.
Diantara mereka ada yang melantunkan suara, dan sebagian lainnya memainkan musik. Alih-alih berpenampilan seronok, mereka bahkan menggunakan baju tertutup, berjilbab dan membawakan genre musik Arab yang dimainkan dengan instrumen musik elektrik barat dipadukan dengan rebana dan suling.
Band yang mengusung lirik bertema islami, berpakaian islami dan bergenre musik islami ini berhasil meredupkan tabu yang terpelihara dari kalangannya sendiri yaitu kalangan umat Islam. Nasida Ria sangat popular di kalangan warga Nahdlatul Ulama’ wilayah Semarang. Dukungan dari Kyai NU pun mewujud pada lirik lagu islami yang diciptakan oleh Kyai A. Buchori Masruri, yaitu pada lagu berjudul “Perdamaian”. Lirik-lirik islami tidak berisi dalil, namun berisi isu-isu global yang mengedukasi masyarakat. Mulai dari perang, narkoba, cinta, kriminalitas bahkan sampai pada isu kesehatan maupun artificial intelegence.
Tiga dasa warsa telah dilewati grup musik ini. Musik yang dilantunkan nampak tak banyak perubahan, bahkan mereka masih digemari dengan membawakan lagu-lagu lama dengan lirik yang selalu peka zaman. Nasida Ria berada di bawah naungan beberapa label, diantaranya Ira Record dan Puspita Record.
Nasida Ria di masa kejayaannya era 70, 80 dan 90an bukan hanya menjadi lantunan yang layak didengar, tuturan yang mengedukasi namun juga penampilan yang eksis mengikuti trend berbusana. Dari sampul album kaset-kasetnya, kita dapat meneropong kecenderungan berbusana para muslimah. Tak seperti penampilannya di tahun 2000an yang berbusana tertutup dan modis, pada sampul album “Perdamaian” tahun 80an Nasida Ria menggunakan kebaya, lengkap dengan sanggul dan menutup kepala dengan selembar kain dan tetap terlihat santun
Pengakuan terhadap perempuan
Penerimaan masyarakat yang berdampak pada kelanggengan Nasida Ria sekilas nampak paradoks dengan tabu di tengah sebagian kalangan Islam. Suara penyanyi perempuan sering diartikan aurat dan memungkinkan timbulnya syahwat dari para lelaki yang menyaksikan. Ditambah lagi, personel Nasida Ria juga memainkan instrumen musik yang oleh beberapa orang dinilai haram. Stigma itu perlahan menumbuhkan perasaan kurang percaya diri pada perempuan meskipun ia tahu bahwa setiap manusia diberi kemampuan yang sama.
Akal dan kreativitas dianugerahkan pada setiap manusia tanpa membedakan laki-laki atau perempuan. Namun hasil akhir yang dicapai keduanya (laki-laki dan perempuan) seringkali berbeda, karena kesempatan yang terkondisi oleh lingkungan pun berbeda. Minimnya jumlah band perempuan adalah akibat dari beberapa produk budaya yang membatasi gerak perempuan, bukan produk biologis yang melekat pada kodrat tiap individu. Sayangnya kodrat perempuan sering dikaitkan pada hal-hal yang non-biologis.
Dalam dunia Islam, perempuan sering dianggap memiliki pesona yang memungkinkan timbulnya fitnah. Untuk menghindari timbulnya keburukan, maka perempuan dibatasi untuk memiliki profesi, ketrampilan, dan hobi tertentu. Musik dan suara salah satu yang dikategorikan dapat menimbulkan fitnah, terlebih jika perempuan yang melakukannya.
Pikiran-pikiran negatif pada perempuan tersebut sudah seharusnya dihentikan, karena tekanan mental pada perempuan menumbuhkan rasa tidak percaya diri. Ketidakpercayaan diri seringkali menyebabkan keengganan belajar untuk memiliki kemampuan mendalam dan meluas.
Dari perspektif mubadalah atau “kesalingan”, sebenarnya syahwat bisa ditimbulkan oleh siapapun, baik laki-laki maupun perempuan. Begitu juga nafsu dapat timbul dari siapapun. Semua bidang ilmu bagi perempuan bukanlah ketidakmungkinan. Seandainya tak ada lagi ketabuan dan mulai mempercayai perempuan untuk kerja-kerja professional tentu band perempuan yang berkarya lebih jauh dari hiburan, lebih dalam dari sekedar aksi panggung pastinya tidak akan sulit ditemukan lagi.[]