• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hukum Syariat

Pernikahan Beda Agama, Bolehkah?

Perbincangan perihal pernikahan beda agama kerap menjadi perdebatan yang tidak kunjung usai. Di antara semua pendapat yang ada, tulisan ini ingin menyajikan suatu pandangan yang dapat menjadi rujukan alternatif untuk memahaminya.

Aspiyah Kasdini RA Aspiyah Kasdini RA
28/12/2020
in Hukum Syariat, Keluarga
0
Pernikahan Beda Agama

Pernikahan Beda Agama

771
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Perbincangan perihal pernikahan beda agama kerap menjadi perdebatan yang tidak kunjung usai. Di antara semua pendapat yang ada, tulisan ini ingin menyajikan suatu pandangan yang dapat menjadi rujukan alternatif untuk memahami bagaimana pernikahan beda agama, khususnya bagi masyarakat Muslim Indonesia. Di sini kita memiliki dua kata sebagai pedoman, yakni Muslim dan Indonesia.

Jika merujuk pada kata Muslim, maka sudah jelas bahwa aturan syara’ adalah sumber hukum dasar bagi segala aspek kehidupan, termasuk dalam urusan pernikahan beda agama. Sebagaimana dijelaskan Dr. Alwi Shihab dalam kanal Youtube Warganegara, sejatinya umat Muslim diperbolehkan menikah dengan Ahlul Kitab (umat Nasrani dan Yahudi). Hal ini sebagaimana terjadi pada pernikahan antara Rasulullah Saw. dengan Maria al-Qibtiyyah, seorang budak Kristen Koptik Mesir yang dikirimkan oleh Muqawqis sebagai hadiah kepada Rasulullah Saw.

Kebolehan menikah dengan Ahlul Kitab menurut Dr. Alwi Shihab sesuai dengan QS. Al Maidah ayat 5 dengan alasan bahwa baik umat Muslim maupun Ahlul Kitab sama-sama disapa dalam Alqur’an untuk menyampaikan kebenaran; juga sama-sama merupakan kelompok yang mempunyai kitab-kitab yang diberikan Allah Swt/Abrahamic Faith. Kebolehan Muslim menikah dengan Ahlul Kitab ini dengan jelas karena pada dasarnya sama-sama mengimani dan menyembah Tuhan Yang Esa. Dan umat Muslim sendiri juga merupakan bagian dari Ahlul Kitab itu sendiri.

Tentunya hal ini berbeda dengan QS. Al-Baqarah ayat 221, tentang larangan menikahi kaum musyrik sebelum mereka beriman. Dr. Alwi Shihab menjelaskan bahwa yang dimaksud musyrik dalam ayat ini tidak sama dengan Ahlul Kitab, musyrik yang dimaksud adalah penyembah berhala dan mereka yang mempercayai adanya Tuhan selain Allah Swt, ataupun tidak menyembah apa-apa; musyrik juga merupakan dosa besar yang tidak dapat diampuni.

Sedangkan Ahlul Kitab sendiri, pada dasarnya menyembah Yang Esa. Hal inilah yang menjadi kebolehan terjadinya pernikahan beda agama di dalamnya, karena hanya ada satu prinsip Ketuhanan yang dianut oleh keduanya.

Baca Juga:

Separuh Mahar untuk Istri? Ini Bukan Soal Diskon, Tapi Fikih

Laki-laki Harus Bertanggung Jawab terhadap Anak Biologis yang Lahir di Luar Nikah: Perspektif Maqasid Syari’ah

Perempuan Rentan Menjadi Korban Kekerasan dalam Perkawinan Poligami

Kritik Al-Qur’an Terhadap Perkawinan Poligami

Atas dasar prinsip inilah, Dr. Alwi Shihab kembali menegaskan dalam pembahasan pernikahan beda agama, bahwasannya jangan sampai ada dua prinsip dasar kehidupan dalam rumah tangga, supaya pernikahan dapat langgeng, dan terjauh dari simpang siur perbedaan prinsip dalam mendidik anak.

Sebagaimana realita yang ada, pernikahan berbeda budaya saja, akan mengalami benturan-benturan dan tantangan dalam pernikahan, terlebih berbeda keyakinan. Inti dari ajaran Islam adalah bagaimana menciptakan keluarga yang harmonis, dan dengan demikian menciptakan lingkungan dan masyarakat yang sejahtera, yang bisa membangun suatu bangsa yang harmonis pula.

Penjelasan tersebut sejalan dengan perumusan UU No. 1 Tahun 1974, dengan mengatur pernikahan yang bahagia dan sejahtera berdasarkan pernikahan yang sah. Pernikahan dapat dikatakan sah apabila dilakukan menurut masing-masing agamanya.

Dengan kata lain, tidak ada pernikahan di luar hukum agama dan kepercayaan yang dianut suatu pasangan. Untuk umat Muslim Indonesia, sebagaimana ijtihad para perumus Kompilasi Hukum Islam (KHI), sangat jelas bagaimana perihal pernikahan dan hal-hal yang berkaitan dengannya juga diatur didalamnya, yakni pernikahan berdasarkan hukum Islam, tentunya bagi para penganutnya. Tidak lain tujuannya adalah untuk mewujudkan  keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah.

Jika berbicara hukum suatu hal, tentunya akan banyak versi pendapat. Namun jika berbicara hukum pernikahan beda agama bagi masyarakat Muslim Indonesia, maka sudah sangat jelas sebagaiamana di atas. Seperti yang diungkapkan oleh KH. Marzuki Wahid, bahwa KHI merupakan ijtihad para ulama Indonesia yang juga merupakan Fiqih Indonesia/Qanun yang disusun untuk ditaati masyarakat Muslim Indonesia, sehingga tidak ada lagi perdebatan dalam ranah Muslim NKRI.

Kendati demikian, hal ini bukanlah alasan untuk umat Muslim menjaga jarak dengan non-Muslim. Sebagai masyarakat Muslim Indonesia yang hidup berdampingan dengan masyarakat yang berbeda-beda keyakinannya, maka seyogyanya semua masyarakat meneladani bagaimana harmonisnya  Rasulullah Saw.  berinteraksi sosial dan bermuamalah dengan mereka yang berbeda keyakinan dengan beliau.

Dengan harapan, tidak hanya kesejahteraan dalam keluarga saja yang dapat terwujud, tetapi juga dalam ruang lingkup bermasyarakat dan bernegara. Wallahu A’lam bishshawwaaab. []

Tags: Fiqih IndonesiaKompilasi Hukum IslamperkawinanPernikahan Bega Agama
Aspiyah Kasdini RA

Aspiyah Kasdini RA

Alumni Women Writers Conference Mubadalah tahun 2019

Terkait Posts

Kekerasan Seksual Sedarah

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

19 Mei 2025
Keberhasilan Anak

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

17 Mei 2025
Pendidikan Seks

Pendidikan Seks bagi Remaja adalah Niscaya, Bagaimana Mubadalah Bicara?

14 Mei 2025
Perempuan sosial

Perempuan Bukan Fitnah: Membongkar Paradoks Antara Tafsir Keagamaan dan Realitas Sosial

10 Mei 2025
Mengirim Anak ke Barak Militer

Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

10 Mei 2025
Menjaga Kehamilan

Menguatkan Peran Suami dalam Menjaga Kesehatan Kehamilan Istri

8 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version