Senin, 27 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

    Resolusi Jihad

    Resolusi Jihad Santri: Dari Angkat Senjata hingga Media Sosial

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    P2GP

    P2GP: Antara Agama, Tradisi, dan Kekeliruan yang Terus Diwariskan

    P2GP

    P2GP, Praktik yang Mengancam Nyawa Perempuan

    Pendekatan Holistik Disabilitas

    Pendekatan Holistik Disabilitas: Memandang Manusia dengan Hati, Bukan Kasihan

    Konflik Keluarga

    Menyelesaikan Konflik Keluarga dengan Prinsip Mu’asyarah Bil Ma’ruf

    Kesehatan Mental

    Menjaga Kesehatan Mental di Era Ketakutan Digital

    Akses bagi Penyandang Dsiabilitas

    Akses Bagi Penyandang Disabilitas: Bukan Kebaikan, Tapi Kewajiban!

    Santri Penjaga Peradaban

    Santri Penjaga Peradaban: Mengawal Indonesia Merdeka Menuju Dunia yang Damai

    Perempuan dengan Disabilitas

    Diskriminasi Berlapis Perempuan dengan Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Krisis Iman Sebagai Keprihatinan Laudate Deum

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

    Resolusi Jihad

    Resolusi Jihad Santri: Dari Angkat Senjata hingga Media Sosial

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: KUPI Tegaskan Semua Manusia Adalah Subjek Kehidupan, Termasuk Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    P2GP

    P2GP: Antara Agama, Tradisi, dan Kekeliruan yang Terus Diwariskan

    P2GP

    P2GP, Praktik yang Mengancam Nyawa Perempuan

    Pendekatan Holistik Disabilitas

    Pendekatan Holistik Disabilitas: Memandang Manusia dengan Hati, Bukan Kasihan

    Konflik Keluarga

    Menyelesaikan Konflik Keluarga dengan Prinsip Mu’asyarah Bil Ma’ruf

    Kesehatan Mental

    Menjaga Kesehatan Mental di Era Ketakutan Digital

    Akses bagi Penyandang Dsiabilitas

    Akses Bagi Penyandang Disabilitas: Bukan Kebaikan, Tapi Kewajiban!

    Santri Penjaga Peradaban

    Santri Penjaga Peradaban: Mengawal Indonesia Merdeka Menuju Dunia yang Damai

    Perempuan dengan Disabilitas

    Diskriminasi Berlapis Perempuan dengan Disabilitas

    Krisis Iklim

    Krisis Iklim dan Krisis Iman Sebagai Keprihatinan Laudate Deum

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Sepenggal Kisah Nyai Ngasirah

Aslamiah Aslamiah
8 Februari 2023
in Figur, Sastra
0
Kisah Ngasirah

Kisah Ngasirah, ibu dari Sosrokartono dan Raden Ajeng Kartini

258
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Di bawah langit yang cerah, dengan sumber dari cahaya remang-remang bulan sabit, di halaman atau tlatar rumah yang cukup besar dibanding rumah yang lain. Sepasang suami-istri tampak murung dan bermuram durja. Hembusan angin semriwing remang cahaya dan canda tawa anak-anak justru semakin membuat keduanya berduka. Modirono dan istrinya, Aminah dibibirnya dipenuhi kata-kata, tetapi bibirnya tak sanggup berucap. Masih terkenang kala putri semata wayangnya duduk berdampingan dengan seorang lelaki ningrat, duduk dihadapan ayahnya. Masih jelas pula dalam ingatan ucap ijab kabul itu.

“Nduk, tak nikahke seliramu lan tak kawinke seliramu kelawan Kanjeng Raden Mas Adipati Sosroningrat kanthi mas kawin seperangkat alat sholat dibayar tunai.”

Sang Adipati menjawab dengan lantang dan gagah,

“kobiltu, saya terima nikah dan kawinnya Ngasirah binti Modirono dengan maskawin seperangkat alat sholat dibayar tunai.”

“Sah sedulur sedoyo?” seru penghulu. “Sah!”.

Sungguh, rasa-rasanya baru kemarin ia menghibur hati putrinya itu.

“Wis to nduk, ojo nangis terus. Ini sudah takdir kamu menjadi istri Ndoro Kanjeng”

“Buuk” rintih Ngasirah.

“Kamu harus kuat, harus sabar, jangan nangis terus. Lihat Bendoro Kanjeng itu, dia pasti suami yang baik. Kamu harus senang dan bahagia hidup bersama Ndoro Kanjeng, sudah saatnya kamu pergi dari rumah ini.” Ucap Aminah kepada Ngasirah.

Kalimat itu menjadi pesan terakhir kepada anaknya, itulah saat terakhir Aminah melihat putrinya. Sejak saat itu hingga sekarang ini ia dan putrinya belum pernah lagi bertemu. Ngasirah menjalani hidup baru di Mayong. Ia yang belum pernah pergi jauh, sekali pergi tidak kembali selama-lamanya. Ia kalah dengan nasib dan adat yang lebih berkuasa dari pada suara kerinduan seorang ibu kepada putrinya.

“Semoga gusti Allah senantiasa menjaganya, melindunginya, meridhai hidupnya mari kita pasrah kita sabar semoga Ngasirah bisa menjalankan bakti sebaik-baiknya kepada suaminya.” ucap Haji Modirono.

Malam itu menjadi malam yang amat sangat menyedihkan dan memilukan bagi sepasang suami istri itu. Aminah dan Modirono selama ini sedikit banyak tahu perkembangan kehidupan putrinya dari mulut ke mulut pun kadang hembusan angin. Sebagai orangtua yang mendapatkan didikan dan gemblengan agama yang cukup; keduanya sudah menunaikan rukun islam yang terakhir, mengunjungi Baitullah dan ia juga memiliki pergaulan yang luas sebab Modirono adalah seorang mandor.

Kabar terdengar dari telinganya, Ngasirah putri semara wayangnya kini tengah hamil besar calon putra pertamanya. Lahir  sebagai orang Jawa, ia menjaga nilai-nilai luhur Jawa, bahkan mereka bisa menghitung-hitung kemungkinan kelahiran cucunya.

“Insyaallah jika Allah menghendaki, semoga tidak salah, besok anak kita melahirkan Buk”

“Iya pak, ibu rindu, ibu ingin bertemu Ngasirah.”

Sebagai rakyat kecil, orang biasa, kawulo alit, hati mereka didesaki dengan rasa tak enak. Walau hati mereka berkeinginan besar untuk berjumpa dengan anaknya, tapi membayangkan kemungkinan buruk bahwa sang Adipati bisa saja tak berkenan menerima kedatangan mereka.

“Kita sudah melakukan sebaik-baiknya usaha untuk keselamatan dan kesehatan anak kita Bu. Selama ini sejak kita mendengar anak kita hamil, kau selalu berpuasa untuk keselamatan, kesehatan, dan ridha Allah untuknya. Kau kosongkan perutmu. Malam-malam kau bangun, shalat tahajud, untuknya. Kau berdoa sebaik-baiknya untuk putrimu, untuk kehamilannya. Bu saatnya kita tawakal, kita pasrah. Semoga allah menyelamatkan kelahirannya, jika cucu kita perempuan, semoga kelak cucu kita adalah cucu yang terbaik, berguna bagi sesama, bagi kaumnya juga agamanya. Jika cucu kita laki-laki semoga kelak menjadi orang yang berguna bagi kaumnya, cerdas, dan shalih…” Mendengar ucapan suaminya, Aminah mengangguk sementara air matanya mengucur deras.

Sosroningrat wajahnya tampak cemas dan pucat, tiada lain karena jiwanya tengah menanti kelahiran seorang anak dari rahim istri yang taat, lugu dan sederhana itu. hatinya merapal doa, agar sang istri bisa melewati masa-masa gentingnya.

“Sakit mbok, sakit…” berkali-kali Ngasirah hanya bisa merintih. Bayangan ayah dan ibunya menari-nari dengan bayangan kematian. Air mata yang berderai adalah air mata kesakitan dan kerinduan kepada kedua orangtuanya. Bahkan nama suaminya seperti terlupakan.

Hari itu hari Rabu Pahing, 10 April 1877, bertepatan dengan 27 Rabiul awwal tahun 1927 H. Bumi Mayong kedatangan tamu baru laki-laki keluar dari rahim Ngasirah. Jabang bayi itupun segera diurapi dengan adat dan tradisi muslim.

“Ku beri nama putra kita ini dengan Sosrokartono!” Ario Sosrononingrat berkata dengan lantang dan yakin penuh harap.

Hari demi hari Ngasirah mendidik Sosrokartono dengan keikhlasan hati dan ketulusan jiwa.

“Mbok, anakku ini tak seperti kakak-kakaknya, apa aku salah mendidiknya mbok?” Tanya Ngasirah kepada mbok Rami, emban setianya.

Kakak-kakak yang dimaksud yakni anak-anak dari Woerjan, istri pertama Ndoro Kanjeng Sosoroningrat. Ya, Ngasirah adalah seorang selir, istri ampil.

“Tidak den Ayu, saya sudah lama ikut ndoro kanjeng, saya tahu watak dan kebiasaan ndoro. Selama mengandung Den Sosro, Ndoro ayu selalu melantunkan ayat-ayat suci, den ayu suka berpuasa, suka mutih. Den ayu menjaga diri dengan sebaik-baiknya. Den Ayu adalah seorang yang terpuji, tak heran sebab ayah dan ibu Den Ayu adalah orang yang dekat dengan Gusti Allah”. Ucap Mbok Rami kepada Ngasirah.

“Alif…, ba’, ta’,” begitu sering kali Ngasirah mengajari membaca huruf-huruf hijaiyah pada Sosrokartono ketika ia sambil membawa gendongan, dan ada Kartini adiknya, yang tertidur pulas di situ. Dua tahun setelah Sosrokartono lahir, ibunya melahirkan adiknya, Kartini. Ia harus berbagi kasih dan ASI kepada adiknya.

“Anakku, kau harus pintar, pintar mengaji pintar membaca. Jangan lupa Gusti Allah!” ucap Ngasirah pada suatu senja.

Sosrokartono, dengan laku tirakatnya dan lagu spiritualnya yang paling populer “Sugeh tanpo bondo (kaya tanpa harta) digdoyo tanpo aji (tak terkalahkan tanpa kesaktian)”, Merupakan seorang ningrat yang lahir di pedalaman Jepara, dari seorang ibu biasa namun mengalir darah ningrat dari bapaknya. Ia adalah seorang poliglot, penguasa 26 bahasa asing dan 10 bahasa Nusantara. Meskipun puluhan tahun bersekolah di Belanda dan berpetualang ke Eropa, ia tetap mecintai bangsanya sendiri.

Sosrokartono pelajar pertama dari bangsa Hindia di Negeri Kompeni, wartawan perang Dunia 1 hingga pulang ke tanah air demi mengabdikan hidupnya untuk sesama anak negeri. Saat ia kembali ke bumi pertiwi, tokoh-tokoh muda pergerakan dan anak-anak emas pada zamannya, salah satunya adalah Bung Karno menjadikan Sosrtokartono guru politik dan spiritual. Tentu dibalik kehebatan Sosrokartono tak lain sebab doa panjang tiap malam seorang ibu, Ngasirah. Rapalan doa keselamatan dan laku tirakat semasa Ngasirah mengandung Sosrokartono hingga ia terlahir ke dunia, dan menjadi salah satu putera kebanggaan Bangsa Indonesia. []

Tags: islamJawaNingratperempuan
Aslamiah

Aslamiah

Seorang pembelajar di akar rumput, berfokus pada gender dan pembangunan sosial yang inklusif

Terkait Posts

P2GP
Keluarga

P2GP, Praktik yang Mengancam Nyawa Perempuan

26 Oktober 2025
Fiqh al-Murunah
Aktual

Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

25 Oktober 2025
Periwayatan Hadis
Publik

Difabel dalam Periwayatan Hadis : Melihat Islam Inklusif di Zaman Nabi

21 Oktober 2025
Kenikmatan Surga
Hikmah

Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

20 Oktober 2025
Surga Perempuan
Hikmah

Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

20 Oktober 2025
Perempuan Lebih Rendah
Hikmah

Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

19 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Hj Hanifah Muyasaroh

    Ibu Nyai Hj Hanifah Muyasaroh, Teladan yang Membanggakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyelesaikan Konflik Keluarga dengan Prinsip Mu’asyarah Bil Ma’ruf

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pendekatan Holistik Disabilitas: Memandang Manusia dengan Hati, Bukan Kasihan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • P2GP: Antara Agama, Tradisi, dan Kekeliruan yang Terus Diwariskan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • P2GP, Praktik yang Mengancam Nyawa Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • P2GP: Antara Agama, Tradisi, dan Kekeliruan yang Terus Diwariskan
  • P2GP, Praktik yang Mengancam Nyawa Perempuan
  • Pendekatan Holistik Disabilitas: Memandang Manusia dengan Hati, Bukan Kasihan
  • Ibu Nyai Hj Hanifah Muyasaroh, Teladan yang Membanggakan
  • Menyelesaikan Konflik Keluarga dengan Prinsip Mu’asyarah Bil Ma’ruf

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID