Mubadalah.id – Bagi salah satu dewan penasehat ulama perempuan (KUPI), KH. Husein Muhammad, relasi mubadalah itu sangat fenomenal.
Buya Husein bermimpi bahwa relasi mubadalah ini kelak akan jadi Trend Dunia. Mubadalah sama dengan apa yang disebut sebagai The Golden Rule, al-Qanun al-Dzahabi, dan Aturan Emas.
Artinya, mubadalah akan menjadi aturan seluruh agama, etika kemanusiaan dan tradisi spiritual yang menghimbau kita untuk selalu memperlakukan semua orang lain sebagaimana kita sendiri ingin diperlakukan.
Basis mubadalah, kata Buya Husein, adalah cinta kasih (compassion). Islam menyebutnya sebagai “rahmah”.
Mubadalah mendorong kita untuk bekerja tanpa lelah, penderitaan sesama manusia, meletakkan orang lain seperti meletakkan diri, serta menghormati kesucian setiap manusia lain, memperlakukan setiap orang tanpa kecuali dengan kesetaraan, keadilan dan kehormatan mutlak.
Paling tidak ada lima dalil yang mendasari relasi Mubadalah ini.
لَا تَكْمُلُ الْمَحَبَّةَ بَيْنَ اثْنَيْنِ حَتَّى يَقُولَ كُلٌّ لِلآخَرِ : اَنْتَ اَنَا
Pertama, cinta dua orang tak bisa sempurna sampai masing-masing mengatakan “kau adalah aku yang lain”.
Husein Manshur al Hallaj :
مزجت روحك روحی كما تمزج الخمر بالماء الزلال
واذا مسك شيء مسنی فاذا انت انا فی كل حال
Ruhmu menyatu dalam ruhku
Bagai perasan anggur dan air bening
Bila sesuatu menyentuhmu
Ia menyentuhku
Maka kau adalah aku
Dalam segala
فَبِمَا أَنَّ كُلَّ إِنْسَانٍ يُرِيدُ أَنْ يُحْتَرَمَ اِخْتِيَارُهُ فَيَنْبَغِي أَنْ يَحْتَرِمَ اِخْتِيَارَ اْلآخَرِينَ،
Kedua, oleh karena tiap orang ingin pilihan/pandangan hidupnya dihargai. Maka seyogyanya dia menghargai pilihan/pandangan hidup orang lain.
وَأَحِبَّ لِلنَّاسِ مَا تُحِبُّ لِنَفْسِكَ تَكُنْ مُؤْمِنًا …
Ketiga, “Cintailah orang lain sebagaimana engkau mencintai dirimu sendiri. Maka kau seorang mukmin yang baik”.
عَامِلِ النَّاسَ بِمَا تُحِبُّ اَنْ يُعَامِلُوكَ
وَلَا تُعَامِلْ النَّاسَ بِمَا لَا تُحِبُّ اَنْ يُعَامِلُوكَ
Keempat, perlakukan orang lain sebagaimana engkau ingin diperlakukan. Dan jangan perlakukan orang lain dengan cara yang tidak kau inginkan untuk dirimu sendiri.
لَا تَحْتَقِرْ اَحَداً. وَلَا شَيْئاً فَاِنَّ اللهَ لَا يَحْتَقِرُهُ حِينَ خَلَقَهُ
Kelima, jangan rendahkan siapapun dan apapun, karena Tuhan tidak merendahkannya saat menciptakannya.
Tetapi, Pola relasi kesalingan tersebut hanya bisa dijalankan manakala kehidupan bersama ini didasarkan pada prinsip kesetaraan dan keadilan, bukan dominasi dan subordinasi satu atas yang lain.
Lebih dari itu, Buya Husein ingin menegaskan sekali lagi bahwa perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender dimaksudkan sebagai dasar dan jalan menuju terciptanya hubungan kesalingan (resiprokal) antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan.
Yakni relasi saling menghormati, saling menolong/bekerjasama (ta’awun), saling melindungi, saling berbuat baik dan santun, (mu’asyarah bil ma’ruf), saling mencinta dan saling membahagiakan. Di atas tema besar inilah perjuangan dan pergulatan (mihwar) kehidupan bersama manusia, laki-laki dan perempuan berakhir. (Rul)