Mubadalah.id – Bagaimana kita memaknai baju baru lebaran yang acapkali dikenakan muslimin saat hari raya? Memang, tinggal menghitung hari, akan tiba momen Hari Raya Idul Fitri. Hari dimana seluruh umat muslim bergembira menyambutnya. Berbagai hidangan tersaji untuk dinikmati sanak famili. Menu hari raya identik dengan opor ayam dan ketupat. Di samping soal kuliner, fenomena menarik yang terjadi adalah, orang-orang mengenakan baju baru lebaran di hari raya.
Tradisi Baju Baru Lebaran: Sudah Berkembang Sejak Abad ke-16
Memakai baju baru di hari raya sudah seperti tradisi bagi masyarakat Indonesia. Dilansir dari artikel Historia.id, berdasarkan catatan Snouck Hurgronje, penasihat urusan pribumi untuk pemerintah kolonial, tradisi membeli baju baru menjelang hari raya sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak awal abad ke-20.
Dalam surat yang ditulis oleh Snouck kepada Direktur Pemerintahan Dalam Negeri pada tanggal 20 April 1904, ia mengatakan, “Perayaan ini disertai hidangan khusus, saling bertandang yang dilakukan oleh para kerabat dan kenalan, pembelian pakaian baru, serta berbagai bentuk hiburan yang menggembirakan.”
Bahkan sumber lain dari sebuah artikel id.theasianparent.com dan hypeabis.com mengungkapkan tradisi baju baru lebaran bermula sejak abad ke-16 pada masa Kesultanan Banten. Fakta ini tercatat dalam buku Sejarah Nasional Indonesia karya Marwati Djoenod Poesponegoro.
Pandangan Agama tentang Baju Baru Lebaran
Semarak memakai baju baru lebaran hingga sekarang masih kita saksikan. Mulai dari berbagai model, warna, macamnya yang couple atau berpasangan, bahkan seragam untuk satu keluarga. Baju Eid Series selalu berganti tiap tahunnya.
Pandangan Islam sendiri tidak melarang memakai baju baru lebaran di hari raya. Rasulullah menganjurkan untuk berhias. Hal ini berlandaskan pada hadis nabi yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dan Al-Hakim, yang berbunyi:
عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ: أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى الْعِيدَيْنِ أَنْ نَلْبِسَ أَجْوَدَ مَا نَجِدُ
Artinya: Diriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata, Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan.
Dalam hadis Nabi ini baju baru tidak tertulis secara eksplisit, tetapi banyak orang memahami pakaian terbaik berkorelasi pada baju baru. Berbeda dengan pemahaman salah satu temanku, seorang aktivis lingkungan. “Dewasa ini, alangkah baiknya jika momen hari raya tidak berfokus pada baju baru, karena ternyata limbah tekstil berpengaruh pada perubahan iklim,” katanya.
Dinamika Baju Baru Lebaran: Antara Efek Ekonomi dan Problem Sampah Pakaian
Bersumber dari goodnewsfromindonesia.id dan roadrunnerwm.com, trend fast fashion secara global menghasilkan limbah tekstil sebanyak 92 juta ton setiap harinya. Angka ini diprediksi akan meningkat di tahun 2030 menjadi 134 juta ton, dan butuh waktu lebih dari 200 tahun untuk mengurai sampah pakaian.
“Dengan mengurangi belanja pakaian, sama halnya kita berupaya menyelamatkan bumi, menghambat perubahan iklim yang semakin nyata. Alih-alih membeli baju baru, aku lebih memilih memakai baju lama atau thrifting. Tidak harus baru, yang terpenting aku nyaman memakainya,” ujar temanku yang seorang aktivis lingkungan itu.
Walaupun tak merasakan euforia baju baru lebaran saat hari raya, ia justru bersyukur karena diberikan rasa cukup dan bisa menikmati pilihan hidupnya saat ini. Tak ada yang kurang dari perayaan hari raya meski tanpa baju baru.
Namun, lain lagi dengan temanku yang satu ini. Ia merupakan seorang karyawan. Pendapatnya tentang baju baru di hari raya sebagai wujud dari rasa syukur dalam merayakan hari kemenangan. “Aku beli baju baru itu hanya waktu hari raya saja, setahun sekali. Jadi memakai baju baru di hari raya bagiku adalah momen yang tepat,” ujarnya.
Ada lagi temanku lainnya yang masih duduk di bangku perkuliahan. Bukannya tidak menginginkan baju baru di hari raya, tetapi ibunya tidak membelikan lantaran lebih memprioritaskan uang untuk kebutuhan pendidikan.
“Setiap hari raya aku tidak pernah memakai baju baru. Ibuku tidak pernah membelikannya. Alih-alih membeli baju baru, beliau lebih mengutamakan tabungan untuk biaya pendidikanku karena beliau berjuang sendiri, menjadi orang tua tunggal,” jelasnya.
Dari kisah temanku ini, sangat jelas bahwa mengutamakan kebutuhan lebih penting daripada memenuhi keinginan. Setiap orang menentukan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Yang terpenting adalah tidak lepas dari kemampuan yang dimiliki.
Di sisi lain, tradisi membeli baju baru untuk hari raya ini menjadi suatu keberkahan bagi pedagang atau pebisnis yang bergerak di industri pakaian. Tak heran mall atau pusat perbelanjaan sangat ramai dikunjungi pembeli menjelang hari raya. Apalagi tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk mudik dan mengizinkan pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid.
Salah satu temanku yang membantu orang tuanya berjualan baju di pasar membagikan pengalamannya. “Pada momen-momen tertentu, seperti hari raya misalnya, permintaan pasar meningkat hingga 2 kali lipat. Jadi, stoknya bertambah lebih banyak, dan Alhamdulillah keuntungan melimpah.”
Hari raya selalu menjadi keberkahan bagi umat muslim, baik berupa materi maupun immateri. Makna baju baru sangat beragam bagi setiap orang, sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.
Terlepas dari dinamika tema baju baru lebaran di hari raya, menjadi pribadi yang baru jangan sampai terlupakan. Dengan jiwa yang terbebas dari hawa nafsu, penyakit hati dan sifat buruk lainnya. Selamat Hari Raya! Semoga kita semua termasuk golongan para pemenang, Aamiin. []