Setiap tanggal 9 Desember, diperingati sebagai Hari Anti Korupsi di Indonesia. Hingga saat ini, perilaku tindakan korupsi masih saja merajalela, bahkan tanpa malu lagi ketika berhadapan dengan media, para pelaku tersenyum tanpa perasaan bersalah. Belum ditambah dengan atribut keagamaan yang melekat. Seakan menjadi tanda, setelah mendapatkan sanksi dan hukuman, lantas terlihat lebih saleh dan agamis.
Padahal, sebagaimana dituturkan Buya KH. Husein Muhammad, dalam buku Pendar-Pendar Kebijaksaan, perilaku korupsi merupakan bagian dari kebangkrutan beragama. Mengapa demikian?. karena kesalehan individual yang diajarkan Islam selalu menuntut lahirnya efek-efek kesalehan sosial.
Sehingga, manakala ritual personal tersebut, seperti ibadah individual tidak melahirkan efek kesalehan sosial dan kemanusiaan, maka itu adalah tanda kebangkrutan agama, untuk tidak dikatakan sebagai keberagamaan yang sia-sia. Apalagi jika sikap begitu melahirkan kehidupan yang destruktif terhadap kepentingan sosial kemasyarakatan.
Nabi pernah bertanya kepada para sahabatnya, “Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut?” Mendengar pertanyaan Nabi yang sangat mudah ini, para sahabat dengan cepat menjawab, “Dia adalah orang-orang yang tidak lagi punya kekayaan”.
Lalu beliau mengatakan, “Seorang yang bangkrut ialah orang yang datang pada hari kiamat dengan daftar pahala shalat, puasa dan zakat. Tetapi dalam waktu yang sama, dia juga membawa daftar kezaliman. Dia mengecam si A, menuduh si B, memakan harta si C, menumpahkan darah si D, dan memukul si E.
Kepada mereka yang dizalimi, terampas hak-hak asasinya. Dia (pelaku) dihukum dengan membayar pahala atas kebaikan-kebaikan atau kesalehan-kesalehan personalnya. Manakala dengan semua pahala kebaikan dan kesalehan tersebut dia belum bisa melunasinya, maka dosa mereka yang dizalimi ditimpakan kepadanya. Sesudah itu dia (pelaku), dilemparkan ke dalam api neraka.
Pernyataan Nabi di atas memperlihatkan kepada kita betapa kesalehan personal seperti shalat, puasa dan haji dengan pahalanya yang begitu besar, bisa digugurkan dan digusur oleh perilaku-perilaku kezaliman sosial.
Kezaliman sosial adalah tindakan-tindakan yang melanggar hukum publik, merampas hak milik manusia, melukai kehormatannya, seperti mencaci maki, menuduh, memfitnah, melakukan kekerasan korupsi dan lain-lain.
Nabi datang untuk memberi peringatan kepada mereka yang zalim, tentang masa depan mereka di neraka, dan menyampaikan kabar gembira kepada mereka yang menjaga kesalehan personal dan sosial bahwa mereka akan memperoleh surga.
Jadi, agar tak mengalami kebangkrutan beragama, maka lebih baik kita melakukan pencegahan dan melawan tindakan korupsi serta kejahatan kemanusian lainnya, yang merupakan bagian dari jihad sosial. Karena tak hanya berimplikasi pada masa depan kita di negeri akhirat nanti, tetapi juga masa depan anak bangsa yang akan menikmati keberlanjutan pembangunan di negara ini.[]