Mubadalah.id – Media Sosial, berdasarkan kamus Merriem Wesbter bermakna forms of electronic communication “bentuk-bentuk dari komunikasi elektronik”, menjadi salah satu identitas kehidupan dunia pada abad ke-21.
Ungkapan tersebut bukanlah sekedar isapan jempol sebab analisis dari tim Kepios menunjukkan bahwa jumlah pengguna media sosial pada awal bulan April tahun 2024 sejumlah 5,07 miliar, atau sebanding dengan 62,6% dari total keseluruhan penduduk dunia.
Fenomena Media Sosial
Jumlah pengguna media sosial (medsos) akan terus membengkak melihat pertumbuhan penggunanya dalam setahun terakhir yang mencapai angka 259 juta pengguna baru. Para pengguna tersebut terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari kalangan bawah sampai atas.
Tentu, peningkatan jumlah pengguna medsos tidak bisa dilepaskan dari perkembangan era globalisasi di mana setiap orang dituntut untuk ‘melek’ digital, bahkan pedagang eceran pun menyediakan jasa antar gas LPJ via WA.
Otoritas Media Sosial
Dalam skala yang besar, penulis mencoba memotret fenomena pemilihan presiden yang baru tuntas akhir-akhir ini. Calon presiden yang terpilih pada saat kampanye menggandeng berbagai selebgram untuk menaikkan elektabilitas Capres, semisal Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Nirina Zubir, Iko Uwais, Fadhil Jaedi, Keanu, dll.
Bahkan, beberapa YouTuber juga termasuk dari bagian suksesi Capres, semisal Deddy Corbuzer. Melalui jutaan follower yang dimiliki oleh aktivis media sosial tentu menawarkan kenaikan elektabilitas yang signifikan bagi mereka yang berkepentingan.
Fakta ini tidak akan penulis permasalahkan legalitasnya, sebab hal itu memang legal. Namun hal yang lebih menarik untuk kita sorot yakni bagaimana besarnya otoritas yang tren media sosial miliki. Kekuatan ini yang termanifestasikan dari setiap Selebgram, dan YouTuber di mana mereka secara mudah mendapatkan perhatian dan animo masyarakat.
Bukan hanya tren media sosial, bahkan para aktivis media sosial juga mampu menggiring opini dan mengarus utamakan berita yang mereka inginkan. Melihat fenomena masifnya pengaruh medsos di kehidupan manusia, maka tidaklah berlebihan menganggap medsos sebagai ciri dan cara manusia mendefinisikan kehadirannya di abad globalisasi.
Media Sosial sebagai Ancaman Bagi Perempuan
Membahas tentang kekuatan media maka di situ mengandung makna manfaat dan ancaman. Penulis di sini akan menguatkan isu tentang bahaya bermedia sosial bagi perempuan sebagai sebuah refleksi atas beberapa kasus pembunuhan yang berasal dari interaksi melalui medsos.
Semisal, kasus yang terjadi pada 05 Mei 2024. Pada saat penemuan mayat dalam karung yang mengambang di Sungai Tegalgubug, Cirebon, Jawa Barat. Kasus pembunuhan ini bermula dari perkenalan seorang laki-laki dengan perempuan melalui media sosial. Setelah itu, keduanya melakukan pertemuan dan terjadilah kasus pembunuhan atas pihak perempuan.
Kasus di atas adalah sebagian dari banyaknya kasus pembunuhan maupun pemerkosaan atas perempuan yang bermula dari interaksi via media sosial. Potensi ini akan lebih besar jika keduanya memang hanya mengenal dari media sosial.
Adapun bagi perempuan yang memiliki daya tarik lebih, mereka umumnya memiliki ancaman yang lebih besar. Ratusan DM di akun-akun yang mereka miliki akan disertai dengan tuntutan untuk lebih mawas diri. Maka tidak heran, beberapa artis memiliki pengelola akun media sosial pribadi.
Etika Berelasi dalam Tren mencari Jodoh di Sosmed
Kalaupun kita lebih kritis atas kemungkinan-kemungkinan kejahatan atas perempuan, maka di antara faktor terbesar yakni perempuan secara mudah membuka percakapan dengan orang-orang yang tidak ia kenal.
Hal ini akan semakin sering ketika seorang perempuan sudah memasuki usia dewasa dan membutuhkan pasangan. Tidak perlu menunggu adanya DM dari laki-laki, perempuan dengan sendirinya akan aktif berkomunikasi kepada laki-laki yang mereka idamkan.
Selain itu, faktor yang memperparah mudahnya perempuan berelasi secara serampangan yakni brand jelek jomblo yang menempel bagi kalangan remaja, sehingga menuntut mereka mencari pasangan. Dengan demikian, pencarian jodoh via seleksi foto beranda Instagram menjadi salah satu opsi termudah.
Tren mencari jodoh via DM hemat penulis memang sah-sah saja. Namun harus kita barengi dengan seleksi yang cukup ketat. Berpikir secara matang dan selalu menghindari pertemuan sendirian atau di tempat yang tidak lazim.
Sebagai sudut pandang kesalingan maka etika berelasi di media sosial juga selayaknya diterapkan oleh laki-laki yang menjadi idola para perempuan. Perspektif kesalingan juga menuntut perempuan untuk lebih berhati-hati di banding laki-laki ketika saling bertemu. Karena keduanya tercipta berbeda secara fisik yang mana berimplikasi atas mudahnya perempuan untuk dipaksa dan dianiaya dibanding laki-laki. []