Perilaku doom spending tanpa logika karena melakukan belanja impulsif dan dalam jumlah yang besar tentu akan menjadikan pemborosan. Selain tidak bisa menjadi solusi terhadap stres yang terjadi. Hal demikian juga akan mengguncang stabilitas finansial.
Mubadalah.id. Baru-baru ini masalah mental health mulai menjadi perhatian bersama. Beberapa BUMN juga memberikan perhatian khusus pada isu ini. Alasan tersebut tak lain karena adanya paradigma bahwa dengan terjaminnya mental health bagi karyawan, maka akan berdampak pada peningkatan capaian perusahaan.
Isu terkait mental health menjadi sangat penting, sehingga banyak pula perusahaan negara maupun swasta yang memberikan pelayanan konseling bagi karyawannya. Namun, karena masih terbatasnya waktu dan tenaga, layanan konseling perusahaan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai targetnya.
Hal ini lah yang pada akhirnya membuat para karyawan, khususnya generesi-Z harus pintar-pintar dalam mengontrol diri dan mencari berbagai solusi atas problem yang terjadi. Peliknya permasalah hidup yang harus segera menemukan titik penyelesaiaan, membuat setiap orang berusaha untuk mencari solusi dengan jalannya masing-masing. Termasuk salah satunya adalah dengan melakukan doom spending yang menggerus logika.
Mengenal Bahaya Doom Spending
Doom spending sendiri memiliki pengertian sebagai perilaku belanja atau pembelian impulsif tanpa berpikir panjang terlebih dahulu. Hal ini biasanya terjadi karena stres yang kemudian diluapkan dengan cara membeli barang-barang atau sesuatu dengan tujuan menyenangkan diri dan menghilangkan stres yang terjadi.
Pada jangka yang pendek, doom spending sebenarnya bisa menjadi solusi sebagai penghibur diri dari stres, namun hal ini akan menjadi sangat berbahaya apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama.
Perilaku doom spending tanpa logika karena melakukan belanja impulsif dan dalam jumlah yang besar tentu akan menjadikan pemborosan. Selain tidak bisa menjadi solusi terhadap stres yang terjadi. Hal demikian juga akan mengguncang stabilitas finansial.
Riza Wahyuni seorang psikolog dari Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya menjelaskan “faktor-faktor utama yang memicu doom spending antara lain adalah karena kemudahan akses belanja online, promosi yang masif di media sosial, serta kebutuhan validasi sosial yang tinggi”. Menurutnya, peran media sosial dan influencer juga bisa memperparah fenomena ini.
Generasi Z sangat mudah terpengaruh oleh iklan yang menargetkan mereka dengan produk-produk sekunder atau tidak penting. Mereka juga cenderung mudah tergoda untuk membeli barang-barang hanya karena terlihat menarik atau lucu saja.
Cara Mengatasi Doom Spending
Bahaya dari doom spending ini memang seakan tak kasat mata. Jika tidak teratasi dengan benar, maka akan berdampak buruk untuk jangka panjang. Namun, kami sudah merangkumkan beberapa cara untuk mengatasi doom spending sebagai berikut:
Pertama, berhenti untuk belanja impulsif. Tindakan belanja impulsif atau membeli barang tanpa pertimbangan hanya akan menimbulkan pemborosan dan limbah barang yang tak terpakai. Guna mengatasinya, bisa dengan membuat daftar belanja sebelum belanja dan berkomitmen untuk membeli barang yang ada di dalam daftar saja.
Kedua, Jangan mudah tergoda diskon dan promosi. Meskipun penawaran semacam ini terlihat menarik dan menguntungkan, namun coba pertimbangkan sebarapa penting barang ini untuk dimiliki. Selalu tanyakan lagi pada diri sendiri, apakah benar butuh atau tidak
Ketiga, Menetapkan skala prioritas keuangan. Cara ini bisa dengan memokuskan pengeluaran pada hal-hal yang mendukung tujuan keuangan jangka panjang seperti menabung, investasi, dan melunasi hutang, sehingga diri akan lebih termotivasi untuk belanja yang tidak perlu.
Keempat, mengurangi penggunaan kartu kredit atau pay later dengan membatasi penggunaannya hanya untuk keperluan mendesak atau darurat saja.
Kelima, mengenali pemicu emosional. Doom spending yang sering kali terjadi karena kondisi emosional seperti stres hingga tekanan sosial harusnya diatasi dengan mengenali pemicunya. Ketika merasa stres ataupun tertekan, bisa meredamnya dengan olahraga, meditasi, membaca buku, menonton atau melakukan aktivitas menyenangkan lainya selain belanja. []