Mubadalah.id – Anggapan bahwa perkosaan dalam perkawinan tidak ada dengan argumen tidak punya dasar empiris. Padahal sudah banyak kasus perkosaan dalam rumah tangga yang berujung pada cidera, bahkan kematian istri. Masih basah dalam ingatan kita, dalam sebuah tajuk berita disebutkan bahwa ketimpangan relasi yang terjadi antara suami istri, membuat banyak perempuan harus kembali ke ruang operasi untuk mengulang jahitan di liang vagina mereka yang masih belum kering, karena suaminya memaksa berhubungan seksual paska melahirkan.
Para perempuan itu juga terlihat memar di sejumlah bagian tubuh karena pasangannya terobsesi menyakiti mereka. Tak sedikit yang pasrah menerima ajakan seks suami meski sedang menstruasi. Karena urusan norma, mereka menuruti permintaan suami yang menuntut seks oral, meski enggan dan terlarang oleh agama.
Dampak negatif dari pemaksaan hubungan seksual, selain sakit dan nyeri di organ reproduksi, perkosaan dalam rumah tangga bisa memicu atau menularkan infeksi atau penyakit seksual, pusing, gangguan kejiwaan pada pasangan, dan tentu juga merusak relasi pernikahan yang sudah susah payah dibangun bersama. Sementara itu dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad Saw pernah menganalogikan aktivitas seks sebagai “sedekah yang berpahala.”
Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
“Sesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershodaqoh dengan kelebihan harta mereka”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bershodaqaoh? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah shodaqoh, tiap-tiap tahmid adalah shodaqoh, tiap-tiap tahlil adalah shodaqoh, menyuruh kepada kebaikan adalah shodaqoh, mencegah kemungkaran adalah shodaqoh dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah shodaqoh “. Mereka bertanya, “ Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala”. (HR. Muslim no. 2376)
Sementara adab dalam sedekah, seperti digariskan Al-Qur’an, tidak boleh dilakukan dengan cara menyakitkan. Sebab perkataan yang baik, lembut dan menyenangkan, menurut Al-Qur’an, justru jauh lebih baik daripada sedekah yang menyakitkan. Sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam AlQur’an ;
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” (QS. AlBaqarah 2 : 262-263).
Dengan demikian, aktivitas seks antara suami dan istri sama sekali tidak boleh dilakukan dengan cara kekerasan atau menimbulkan kesakitan, cedera, dan bahaya. Segala kesakitan dan bahaya (dharar), dalam Islam, sebagaimana ditegaskan oleh Nabi Muhammad Saw adalah haram dan harus dijauhkan.
“Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Waki’ dari Zakariya dari Asy Sya’bi dari Abu Hurairah ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Punggung kendaraan boleh dinaiki jika tergadai, susu boleh diminum jika tergadai, dan bagi orang yang menaiki dan meminum wajib memberikan nafkahnya (biaya perawatan).” (Sunan Ibnu Majah, No. 2431).
Sehingga nilai kebaikan penting dilakukan dalam setiap aktivitas apapun yang dilakukan, termasuk dalam relasi suami-istri yang pondasinya adalah saling berbuat baik. Karena dalam perspektif mubadalah, jika istri dituntut untuk memperhatikan dan melayani kebutuhan seks suami yang didorong oleh hormon testosteronnya, suami juga dituntut untuk empati terhadap istri yang bisa jadi lelah dan tidak mood, sedang emosional, menjelang menstruasi, atau sakit akibat hamil dan melahirkan, atau terbebani dengan dampak aktivitas seks terhadap organ reproduksinya.
Maka penting digarisbawahi jika hubungan seks hanyalah salah satu ekspresi dari kesalingan ini. Hubungan seks suami istri tentu saja tidak melulu berupa intercourse (jima’), karena banyak aktivitas seks lain yang variatif yang bisa menyenangkan, selama dilakukan tanpa paksaan dan untuk kebahagiaan bersama pasangan suami istri. Justru ketika terjadi paksaan bahkan hingga menyakiti, disitulah perkosaaan dalam perkawinan nyata terjadi. []