Mubadalah.id – Kata aborsi berasal dari bahasa Inggris yaitu abortion dan bahasa latin abortus yang berarti: gugur kandungan atau keguguran.
Dalam bahasa Arab aborsi disebut dengan dua istilah yakni al-ijhadh dan isqath al-haml. Kedua istilah ini terdapat dalam kitab-kitab fikih dan tulisan yang membahas tentang aborsi. Sebagian menggunakan istilah al-ijhadh dan sebagian lain menggunakan istilah isqath al-haml.
Para fuqaha, kecuali Syafi’iyah dan Ja’fariyah, mendefinisakan isqath al-haml dengan pengguguran janin yang di kandung perempuan dengan tindakan tertentu sebelum sempurna masa kehamilannya sebelum si janin bisa hidup di luar kandungan namun telah terbentuk sebagian anggota tubuhnya.
Dari definisi di atas, sebuah tindakan bisa disebut sebagai aborsi jika memenuhi unsur-unsur pertama, kesengajaan menggugurkan. Kedua, adanya tindakan tertentu.
Ketiga, terjadi dalam masa kehamilan belum sempurna. Keempat, itu sendiri belum bisa hidup di luar kandungan, dan kelima, sebagian anggota tubuhnya telah terbentuk.
Unsur pertama dan kedua dalam definisi di atas mengandung pengertian bahwa keguguran tidak sengaja tidak termasuk dalam hukum aborsi.
Sedangkan unsur kelima, sebagaimana akan dijelaskan nanti, berkaitan erat dengan kontroversi mengenai hukum aborsi. Khususnya mengenai kapan sebuah tindakan disebut aborsi, apakah sejak terjadinya konsepsi ataukah setelah melewati masa tertentu.
Menurut Ahli Kedokteran
Definisi para fuqaha ini agaknya senada dengan definisi yang para ahli kedokteran sampaikan. Dalam istilah kedokteran, aborsi adalah pengakhiran kehamilan sebelum masa gestasi (kehamilan) 28 minggu atau sebelum janin mencapai berat 1.000 gram.
Sardikin Ginaputra dari Fakultas Kedokteran UI mendefinisikan aborsi sebagai pengakhiran kehamilan atau hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan.
Sedangkan Maryono Reksodipura dari Fakultas Hukum UI mendefinisikan aborsi dengan pengeluaran hasil konsepsi dari rahim sebelum waktunya (sebelum dapat lahir secara alamiah).
Dengan memperbandingkan definisi para fuqaha dan ahli kedokteran dan hukum di atas, dapat kita simpulkan bahwa ada titik persamaan di antara mereka dalam dua hal yakni:
Pertama, ada upaya tertentu mengeluarkan janin atau mengakhiri kehamilan. Kedua, melakukannya pada saat janin belum bisa hidup di luar kandungan meski sudah berbentuk.
Definisi aborsi yang lebih umum terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yakni:
Pertama, terpancarnya embrio yang tidak mungkin lagi hidup (sebelum hasil bulan keempat dari kehamilan); keguguran atau keluron. Kedua, keadaan terhentinya pertumbuhan yang normal (untuk makhluk hidup). Ketiga, guguran (janin).
Dari definisi ini tampak bahwa aborsi lebih dititikberatkan pada adanya embrio atau janin yang keluar sebelum waktunya dan tidak mensyaratkan adanya tindakan tertentu. Oleh karena itu keguguran atau keluron juga disebut aborsi. Demikian juga janin yang digugurkan.
Dari berbagai definisi di atas, definisi para fuqaha dan para ahli kedokteranlah yang akan kita jadikan rujukan dalam pembahasan mengenai aborsi dalam tulisan ini.
Hanya saja definisi aborsi yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menjadi signifikan untuk dikemukakan karena berkaitan erat dengan pembahasan mengenai macam-macam aborsi sebagaimana berikut ini. []