Mubadalah.id – Alam merupakan teophany Tuhan. Maka merusak alam sama dengan merusak hubungan dengan Tuhan. Isu krisis ekologi adalah isu yang besar dan kondisi lingkungan sangat mengkhawatirkan yang menimbulkan bahaya di kemudian hari jika tidak ada tindakan untuk menanganinya. Konsen hijau dalam ekologi menjadi konsen yang penting dalam agama. (Baca: Wadon Wadas, Kisah Para Pejuang Keadilan Ekologis)
Dalam agama khususnya agama Islam yaitu pada kitab Al Quran membahas tentang bumi beserta isinya. Mulai dari benda-benda langit, entitas hewani, bumi dan entitas nabati, dan gunung dan entitas hidrologis. Maka dengan ini membuktikan bahwa ekologi tercantum dalam kitab suci, salah satunya yakni agama Islam.
Krisis ekologi ini sudah memudarkan kepercayaan kita pada percobaan teknologi modern untuk membahagiakan manusia. Ekologi ini menjadi titik temu bagi agama-agama, karena ekologi pada akhirnya nanti memerlukan kolaborasi antar agama. Ekologi menegaskan bahwa tanpa mengurangi keyakinan seorang beragama akan kebenaran agamanya.
Sikap-sikap ekologi dalam hubungan antar agama ialah toleransi, kebebasan, keterbukaan, keadilan, dan kejujuran. Semua itu untuk mendorong keadilan eko-sosial. Karena akhirnya semua manusia menyadari krisis ekologi atau kerusakan lingkungan ini bukan dari agama, melainkan perkembangan kapitalisme, liberalisme, dan ekonomi yang melihat bahwa alam ini dapat manusia eksploitasi.
Sebagaimana yang tertulis dalam ajaran agama Kristen, bagi pemeluknya ibadah yang sejati adalah melakukan apa saja yang merupakan kehendak Tuhan dalam hidup manusia. Termasuk dalam hal mengelola dan memelihara lingkungan hidup yang mempercayai kepada kekuasaan atau kepemimpinannya kepada manusia.
Dengan begitu manusia mendapatkan mandat dari Tuhan sendiri untuk memelihara alam ini sesuai dengan kehendak Tuhan, dan dengan sedemikian rupa bukan malah merusaknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa krisis ekologi memiliki hubungan dengan agama namun agama bukanlah penyebab dari krisis ekologi.
Ekologi sendiri memiliki hubungan dengan agama seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, yaitu dalam merawat dan menjaga ciptaan Tuhan. Sebagai hamba yang taat maka perlu dan wajib menerapkan ajaran agama kepada kehidupannya sehari-hari termasuk dalam merawat dan menjaga ekologi atau lingkungan alam.
Setiap manusia tidak boleh seenaknya merusak ekologi atau lingkungan alam ini. Maka dari sini dapat dikatakan bahwa lingkungan sangat berarti bagi kehidupan sehari-hari kita, dan juga sebagai bentuk dari wujud pengabdian kepada Tuhan.
Salah satu bentuk perilaku yang dapat menimbulkan krisis ekologi adalah penebangan pohon yang berlebihan atau dengan rasa egois tanpa memikirkan yang lainnya. Dari sinilah agama berperan untuk mengingatkan akan sesama, bukan hanya untuk dirinya saja melainkan memikirkan makhluk yang lainnya baik itu manusia maupun lingkungan.
Mengapa krisis ekologi menjadi perhatian agama?
Berbicara krisis ekologi, tentu tidak luput dari khazanah keilmuan mengenai ekologi, jika diartikan secara istilah, maka bermakna mengenai hubungan antara seluruh penduduk alam. Dalam pandangan Islam, alam semesta sendiri tidak hanya meliputi angkasa, bumi ataupun seisinya, akan tetapi alam terdapat di antara keduanya, begitulah Allah dalam manajemen penciptaanNya dengan segala kompleksitas dan keluasanNya.
Spiritual sendiri sering dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat mistis dan tidak dapat dijangkau oleh manusia. Spiritualitas menyangkut kebenaran absolutisnya manusia, tataran spiritualitas muncul adanya keyakinan umat manusia terhadap agama yang bersifat magis dan immateri.
Salah satu manifetasinya Tuhan dengan diciptakannya kosmos. Terkadang, manusia tidak menyadari Tuhan yang menciptakan semesta alam dengan segala keruwetannya, menjadi lingkungan paling agung yang mengelilingi manusia. Lingkungan yang dikelilingi manusia seharusnya menjadi kontrol dalam memberdayakan alam, tidak hanya sebatas ibadah ritual ketuhanan.
Kemudian agama eksis sebagai pendobrak krisis tatanan alam untuk mengkristalisasi dari nilai instristik alam. Agama menghadirkan konsep hablum minal ‘alam agar membangun sikap kesadaran umat manusia untuk melakukan total action membenahi alam dengan segala upaya yang dilakukan.
Output dari nilai kesadaran yang diberikan dapat bertumbuh seiring perkembangan zaman. Revolusi Hablum Minal ‘Alam akan mengubah asumsi kosmologis dalam beragama terhadap alam dan lingkungan hidup. Revolusi ekologi melalui konsep agama akan berperan penting dalam mensukseskan pencegahan dan penanganan krisis lingkungan khususnya pada tatanan global.
Agama memainkan peran penting dalam kebijakan lingkungan. Agama dapat memengaruhi kebijakan mana yang paling efektif, yaitu melalui etika lingkungan agama, tradisi agama yang berbeda dapat membantu mengubah persepsi masyarakat tentang masalah lingkungan. Etika lingkungan keagamaan cenderung mendapat perhatian lebih.
Oleh karena itu, penting adanya reinterpretasi ajaran agama dengan realitas dan kebutuhan zaman. Selain itu, perlu mencari cara efektif untuk mengkomunikasikan masalah dan risiko lingkungan dalam tradisi agama dan mendorong kerja sama antaragama dengan tujuan bersama mengatasi masalah lingkungan global di masa depan.
Dalam konsep pemikiran Baiduzzaman Said Nursi mengenai ekoteologinya dalam memahami konsep alam, yakni adanya hubungan ontologi yang tidak dapat dipisahkan antara Tuhan dengan makhluknya. Artinya, eksistensi alam tidak dapat dipisahkan dengan eksistensi manusia yang merupakan puncak eksistensi.
Sedangkan hubungannya dengan Tuhan. Nursi memahami bahwa kosmologi merupakan manifestasi-manifestasi Tuhan, atau secara tegas manifestasi sifat-sifat, nama-nama dan tindakan. Sedangkan dalam hubungannya dengan manusia, Nursi menyatakan bahwa merupakan bukti yang kuat mengenai eksistensi Tuhan.
Ekoteologi berdasarkan pada premis timbal balik Spiritualitas manusia dan keadaan alamiah. Ekoteologi bertujuan untuk menemukan tingkat kerusakan alam dan menentukannya, kemudian mencari solusi Perspektif Keberlanjutan dan Pengelolaan Ekosistem. Membangun solusi seperti ini, menjadi harapan dan inspirasi bagi berbagai etika agama.
Jika ingin tahu bagaimana kondisi krisis ekologi secara global, maka membutuhkan sistem kepercayaan yang lebih andal untuk mencari inspirasi perubahan, mengubah cara pandang orang dalam berurusan dengan alam. Ekoteologi mendorong semua agama jelajahi keterkaitan spiritualitas dan ekologi ini. []