Mubadalah.id – Beberapa pekan terakhir, jagat media sosial dihebohkan oleh berita tentang masuknya aktivitas tambang nikel di wilayah Raja Ampat. Tentu kabar ini membuat banyak orang marah, terutama orang-orang yang selama ini terus berjuang untuk melestarikan alam dengan berbagai cara.
Kemarahan ini pun memunculkan tagar #SaveRajaAmpat di media sosial, hal ini bertujuan untuk mengajak publik secara bersama-sama bersuara untuk mendorong pemerintah mencabut izin pertambangan tersebut.
Dan ya, masyarakat yang melawan, kini menang. Setelah beberapa minggu tagar tersebut terus dipakai, pemerintah resmi mencabut empat izin pertambangan di Raja Ampat.
Meski begitu, kita tidak boleh berhenti begitu saja. Karena alam Indonesia, termasuk Raja Ampat harus tetap kita jaga dan lestarikan. Seperti halnya yang dilakukan oleh kelompok Sasi perempuan Waifuna dari Kampung Kapatcol, Distrik Misool Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya. Setiap tahun kelompok Waifuna melakukan tradisi Sasi.
Melansir dari website Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menyebutkan bahwa Sasi adalah aturan adat yang hidup dan tumbuh di tengah masyarakat Papua dan Maluku. Tradisi ini mengatur pembatasan sementara terhadap pemanfaatan sumber daya alam.
Tujuannya ialah untuk memberikan waktu bagi alam memulihkan lingkungannya. Biasanya di masa Sasi berlaku, tidak boleh ada aktivitas pengambilan hasil laut di area tertentu. Baru, setelah masa Sasi dibuka, semua orang boleh memanen biota laut yang diperbolehkan seperti Teripang, Lobster, dan Lola selama 3-7 hari.
Meski bebas, alat dan cara pengkapan biota laut pun tetap harus menggunakan alat dan cara yang ramah lingkungan. Seperti memanen dengan cara tangan kosong atau dengan tombak kayu.
Manfaat Tradisi Sasi
Melansir Antaranews.com, tradisi Sasi membawa dampak nyata, baik dari sisi ekologi maupun sosial kemasyarakatan. Secara ekologis, Sasi laut berperan penting dalam melindungi biota laut dari kepunahan akibat eksploitasi berlebihan dan praktik tangkap yang merusak.
Pelajaran berharga datang dari wilayah Misool, di mana ekosistem laut sempat rusak parah akibat penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan. Namun, melalui penerapan Sasi, alam kita beri ruang untuk pulih. Laut kembali hidup.
Di sisi lain, Sasi juga memberikan manfaat ekonomi yang tak kalah penting. Hasil panen laut yang mereka jaga dan panen secara kolektif, mereka gunakan untuk membiayai kebutuhan pendidikan dan kesehatan. Hingga menjadi semacam dana gotong royong bagi warga yang tengah kesulitan. Seperti halnya yang masyarakat Kapatcol lakukan juga.
Pada 2022, warga sepakat menggunakan hasil penjualan laut selama masa Sasi dibuka untuk membantu putra Almina melanjutkan pendidikan militer. Bantuan itu membuahkan hasil, anak tersebut kini menjadi anggota TNI pertama dari kampungnya, dan bertugas di Jayapura.
Tidak berhenti di situ, pada tahun 2024, mereka juga menggunakan hasil panen Sasi untuk membantu dua anak yang sedang mengalami penyakit dalam.
Dari gambaran yang penuh dengan kebersamaan ini, kita bisa melihat bahwa tradisi Sasi bukan hanya membangkitkan semangat menjaga alam secara bersama-sama, tetapi juga menyadarkan kita untuk saling membantu satu sama lain.
Perempuan Pemimpin Sasi Pertama
Hal unik lain dari Sasi di Kapatcol, Papua Barat itu ialah pemimpinnya perempuan. Jadi, tradisi tersebut tidak hanya hidup sebagai kearifan lokal yang dapat melindungi kelestarian laut, tapi juga sebagai wujud kesetaraan gender.
Mama Almina Kacili, Ketua Kelompok Waifuna berpendapat bahwa menjaga alam adalah tanggung jawab laki-laki dan perempuan. Karena itu, perempuan pun harus kita beri ruang untuk ikut berkontribusi dalam hal ini.
Karena itu lah, meski secara historis Sasi biasa dipimpin dan dilakukan oleh laki-laki, mama Mina dan mama-mama yang lain, berinisiatif untuk melakukan Sasi secara mandiri dengan mendirikan kelompok Sasi perempuan pertama yang diberi nama “Waifuna”. Dalam bahasa yang dalam bahasa setempat artinya berkah dari Tuhan yang Maha Kuasa.
Meski mengalami berbagai tantangan, kelompok Sasi yang dipimpin oleh kelompok perempuan Waifuna kini telah membuahkan hasil. Saat ini Sasi di Kapatcol telah diakui oleh pemerintah kampung, gereja, dan pemegang adat.
Tidak hanya itu, pemerintah kampung juga memperluas wilayah kelola kelompok Waifuna dari 32 hektare menjadi 213 hektare pada tahun 2019 hingga saat ini.
Tentu keberhasilan ini perlu kita apresiasi sebesar-besarnya, karena berkat ketelatenan dan kepedulian kelompok Waifuna pada alam, kini banyak orang yang terinspirasi bahwa menjaga kelestarian alam, baik laut maupun darat, adalah tanggung jawab bersama. Perempuan dan laki-laki. []