Jumat, 3 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

    Makan Bergizi Gratis

    Ironi Makan Bergizi Gratis: Ketika Urusan Dapur Menjadi Kebijakan Publik

    Nyai Sinta Nuriyah

    Kunjungi Aktivis yang Ditahan, Nyai Sinta Nuriyah Tunjukkan Keteguhan Ulama Perempuan dalam Membela Rakyat

    Hari Tani

    Hari Tani Nasional 2025: Menghargai Petani dan Menjaga Pangan Negeri

    Jaringan WPS

    5 Tuntutan Jaringan WPS Indonesia atas Penangkapan Perempuan Pasca Demonstrasi

    Kampanye Inklusivitas

    Inklusivitas di Era Digital: Strategi Baru Kampanye di Media Sosial

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    kerja domestik

    Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik

    Fiqhul Bina'

    Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren

    Ekosistem mangrove

    Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    Pipiet Senja

    Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    Rumah Tinggal

    Mencari Rumah Tinggal bagi Keluarga Sakinah

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    Kerja Domestik

    Kerja Domestik dalam Perspektif Mubadalah

    Kehilangan Mama

    Apa Rasanya Kehilangan Mama?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keluarga Mubadalah

    Keluarga dalam Perspektif Mubadalah

    Syafaat Nabi

    Lima Syafaat Nabi di Tengah Lesunya Ekonomi

    Akhlak Nabi

    Dakwah Nabi di Makkah: Menang dengan Akhlak, Bukan Kekerasan

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Teladan Nabi dan Abu Bakar terhadap Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi yang

    Akhlak Nabi Tak Pernah Berubah, Meski pada yang Berbeda Agama

    Nabi Muhammad Saw

    Kesaksian Khadijah Ra atas Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad Saw

    Berbeda Agama

    Membaca Kembali Relasi Nabi dengan Umat Berbeda Agama

    Akhlak Nabi dalam

    Meneladani Akhlak Nabi dalam Relasi Antarumat Beragama

    Akhlak Luhur Nabi

    Meneladani Akhlak Luhur Nabi Muhammad Saw

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Manusia Digital dan Algoritma Ketuhanan

Mendengarkan pengajian, belajar konten yang berbasis dakwah keagamaan, atau apapun sejenisnya itu lebih baik daripada tidak belajar sama sekali

Ali Yazid Hamdani Ali Yazid Hamdani
20 April 2024
in Pernak-pernik
0
Manusia Digital

Manusia Digital

784
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ngaji Posonan di Pesantren Budaya Kaliopak tidak pernah berhenti memberikan pertanyaan-pertanyaan menohok nan reflektif. Usungan tema yang meledak-ledak “Manusia Digital dan Algoritma Ketuhanan” memberikan rentetan pertanyaan lanjutan yang sangat bersifat personal. Yakni berdasarkan pengalaman dan kritis terhadap kenyataan yang sedang kita hadapi.

Seperti biasanya, selepas pembahasan materi dari para narasumber, para santri berkumpul berdasarkan kelompok yang telah terbagi. Hal itu bertujuan untuk mempertajam materi, mengolah, dan memberikan tanggapan-tanggapan. Baik yang berupa kesepakatan maupun ketidaksetujuan dari para santri terhadap pemaparan narasumber. Atau berupa pertanyaan-pertanyaan kritis yang luput dari bahasan tapi masih bertengger di bawah payung tema persoalan.

Salah satunya seperti, “di tengah kemudahan dan keserba-cepatan dari dampak kecanggihan teknologi digital orang-orang cenderung mengabaikan sanad keilmuan yang dijunjung tinggi dalam Islam.”

Problem ini merupakan bentuk turunan dari kecanggihan teknologi/teknologi digital yang menawarkan kemudahan dan kerserba-cepatan. Sehingga apa-apa serba cukup dengan sekali klik. Apalagi ini telah menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia saat ini, bahkan telah menubuh menjadi lifestyle.

Otoritas Keilmuan

Khususnya kalangan anak muda, yang seringkali disebut sebagai native digital. Lantaran sejak kecil memang telah dekat dengan teknologi yang serba-serbi digital. Bahkan berbagai platform media sosial bertransformasi menjadi ladang dakwah bagi sebagian orang dan menjadi media baru dalam mempelajari agama untuk banyak orang.

Alasannya cukup sederhana, mudah dengan cukup sekali klik sembari tiduran atau duduk santai sambil memilih topik kajian sesuai selera dan murah karena tidak perlu mengeluarkan banyak budget. Lalu yang terpenting memiliki jaringan internet yang kuat. Sehingga keresahan yang ingin mereka tanyakan berujung pada gawai sebagai solusi dan rujukan paling dekat untuk mencari kunci jawaban. Masalahnya mereka acapkali merasa cukup dengan jawaban yang ada.

Yang menjadi persoalan kemudian, otoritas keilmuan saat ini juga mengalami perubahan. Kadang ucapan seorang profesor atau orang yang ahli dalam bidangnya kalah pamor oleh pernyataan seorang influencer yang memiliki banyak pengikut/penggemar. Hal ini yang Tom Nichols sebut sebagai “The Death of Expertise/Matinya Kepakaran” lantaran sekat antar pakar dan tidak pakar kian tipis dengan maraknya fenomena digital yang membolehkan siapapun berkomentar apapun. Dan itu real terjadi.

Termasuk dalam aspek keagamaan, kita tidak pernah mengetahui mana yang benar-benar ustaz dan mana yang ngustaz. Apalagi gelar keustazan gampang kita peroleh dengan bermodal lihai ngomong dan menyempilkan ayat-ayat dan hadis. Sebab banyak yang memproklamirkan dirinya sebagai ustaz, namun tidak mengusung nilai-nilai kerahmatan yang sejuk dan damai, yang ada justru membawa narasi yang berpotensi memicu kegaduhan.

Sanad Keilmuan

“Belajar agama itu tidak cukup hanya dengan membaca buku, mendengar podcast, maupun menonton pengajian di berbagai platform seperti Youtube, Instagram atau Tiktok. Harus ada guru yang membimbing dengan sanad keilmuan yang jelas. Sebab jika tidak ada guru, yang mengajarinya adalah setan”, jawab seorang teman yang mengeluh-kesahkan keresahannya.

Kalau kita tarik lagi pada konteks digital, lantas di mana letak sanad keilmuan?

“Satu hal yang menjadi pertanyaan besar saya. Apakah dengan situasi sekarang kita harus memahami ‘sanad keilmuan’ ini sebagai pemahaman yang lama atau dengan definisi yang baru?” Tanya seorang lagi untuk meyakinkan.

Menurut saya, biarkanlah sanad tetap dengan definsinya yang lama. Sebab kehadiran sanad tetap dan harus ada sebagai bentuk pertanggungjawaban dan menjaga orisinalitasnya. Saya kemudian teringat dengan sebuah riwayat yang begini,

الإسناد من الدين، ولولا الإسناد لقال من شاء ما شاء

“Sanad merupakan bagian dari agama, kalau bukan karena sanad, pasti siapapun bisa berkata dengan seenaknya.”

Intinya sanad itu mesti jelas. Sebab jika suatu saat terjadi perbedaan pendapat, bahkan ada yang menghujat, maka kita gampang meresponnya dengan menunjukkan sumber yang paling otoritatif untuk menunjukkan otentisitasnya. Setidaknya bisa mengutarakan kalau itu bukan asal bunyi.

Kekayaan Perspektif Islam

Lagi-lagi kalau kita bawa pada konteks digital, apakah itu cukup?

Tentu saja tidak. Selanjutnya, sikap tidak pernah merasa cukup dan selalu ingin tahu (curiosity). Pada dasarnya kemudahan dan kemurahan dari teknologi yang sedang kita alami merupakan suatu hal yang tidak dapat kita tolak keberadaannya, bahkan telah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Bagi saya, mendengarkan pengajian, belajar konten-konten yang berbasis dakwah keagamaan, atau apapun sejenisnya itu jauh lebih baik daripada tidak belajar sama sekali. Namun yang mesti digarisbawahi itu tadi, “tidak pernah puas dan merasa cukup dengan apa yang diperoleh dari internet.”

Dan itu juga bisa melalui banyak cara. Entah melalui diskusi kecil-kecilan dengan teman dan orang-orang terdekat yang dirasa memiiki kapabilitas dalam lini keagamaan atau mencari sebanyak mungkin perspektif yang berbeda dari topik yang sama, untuk memperkaya perspektif. Sehingga kita tidak kagetan dan menyadari bahwa Islam kaya perspektif. Di mana narasi keagamaan yang dibawakan secara parsial dapat ditambahi dengan beberapa pemahaman lain yang berbeda untuk memperkaya pemahaman.

Sanad keilmuan di sini juga dapat kita artikan kehadiran sebuah guru yang mendampingi seorang yang hendak belajar ilmu agama. Namun peran guru tetap dibutuhkan dalam situasi semacam ini, sebab bagaimanapun peran guru menjadi tokoh sentral dalam tumbuh kembang keilmuan yang sedang kita hadapi.

Perlu saya garisbawahi fenomena di atas bahwa bukan hanya yang pandai beretorika tapi juga beretika. Bukan hanya yang lihai mencomot ayat ini dan hadis itu tapi juga pandai mengekstrak nilai-nilai rahmah yang terkandung dalam Al-Quran hingga mampu mengaplikasikannya dalam laku kehidupan. []

Tags: Algoritma KetuhananLiterasi DigitalManusia Digitalmedia sosialPesantren Budaya Kaliopak
Ali Yazid Hamdani

Ali Yazid Hamdani

Ia aktif menulis esai, suka beropini, dan sesekali berpuisi.

Terkait Posts

Eksploitasi Disabilitas
Publik

Kampanye Inklusivitas Tanpa Eksploitasi Disabilitas di Sosial Media

1 Oktober 2025
Dialog Lintas Iman
Publik

Dialog Lintas Iman: Peran Setiap Generasi Merawat Kerukunan

30 September 2025
Beauty Content Creator Difabel
Publik

Beauty Content Creator Difabel; Mendobrak Standar Kecantikan di Media Sosial

30 September 2025
Kampanye Inklusivitas
Publik

Medsos dan Kampanye Inklusivitas: Bayang-bayang Kapitalisme Modern

29 September 2025
Tepuk Sakinah
Publik

Ramai Dibully karena Tepuk Sakinah, Peluang Edukasi Perkawinan Menjadi FYP

29 September 2025
Konten Difabel
Publik

Menjadikan Difabel Bahan Konten, Bolehkah?

27 September 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Difabel Grahita

    Fikih Inklusif : Meneguhkan Hak Ekonomi Dan Sosial Difabel Grahita

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kerja Domestik Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Ibadah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Meneladani Nabi Muhammad dalam Kerja Domestik
  • Belajar dari Musibah Ponpes Al Khoziny: Menghidupkan Fiqhul Bina’ di Dunia Pesantren
  • Perempuan Pangkal Babu: Menjaga Ekosistem Mangrove Lewat Batik
  • Mengenang Pipiet Senja; Terima Kasih telah Mewarnai Masa Remajaku
  • Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID